Gigi Transmisi Suzuki Smash Ngoper (Pindah) Sendiri, Ini Cara Atasinya - Ate Breaker

Gigi Transmisi Suzuki Smash Ngoper (Pindah) Sendiri, Ini Cara Atasinya

 Postingan kali ini saya akan sharing mengenai cara mengatasi masalah yang cukup sering dialami motor bebek lawas suzuki smash. Masalah yang dimaksud adalah gigi transmisi kerap erorr dan pindah sendiri. Masalah ini biasanya terjadi ketika motor sedang digunakan, tiba-tiba gigi transmisi berpindah maju atau mundur, dari gigi 3 misalnya ke gigi 4 atau sebaliknya, padahal kita tidak menginjak perseniling. Nah kira-kira apa ya penyebabnya?
 Yup sebelumnya, terimakasih buat pembaca yang sudah mampir di artikel saya dahulu yang membahas mesin suzuki smash, lalu sharing mengenai motor suzuki smashnya yang memiliki masalah di gigi transmisi nya tersebut. Kebetulan admin pernah beberapa kali mengatasi masalah gigi transmisi smash ini, maka pengalaman ini akan coba saya bahas kali ini, dan jika ada kekurangan mohon koreksinya ya masbro.
 Mengenai masalah gigi transmisi yang berpindah sendiri pada motor khususnya suzuki smash, memang terkadang banyak dicurigai bahwa masalah ada di dalam gigi rasio. Maka tak jarang banyak yang membongkar mesin di bagian gigi rasionya yang tentunya akan membuat motor turun mesin secara total.
 Padahal nih sob, biasanya penyebab gigi transmisi pindah sendiri itu masalahnya di bagian stopper bukan gigi rasionya. Stopper yang admin maksud, adalah stopper gigi bintang yang terletak di bagian mesin kopling, tepatnya berada di belakang komponen rumah kolping, maka yang dibongkar cukup mesin bagian koplingnya saja, dengan kata lain tidak perlu turun mesin semua.
 Kalau sobat sudah tahu bagian stopper, langsung saja cek dan lepas bagian tersebut. Nah masalah utamanya, biasanya cukup sederhana, yakni hanya masalah per stopper gigi bintang tersebut kurang kencang. Ya, seiring waktu per yang harusnya bisa kuat menahan stopper gigi bintang ini mulai menurun kekuatan atau daya pegasnya, akibatnya stopper tidak kuat menahan gigi bintang karena getaran mesin, nah gigi bintang yang berpindah ini artinya gigi rasio juga berpindah, maka gigi transmisi jadi berpindah sendiri.
 Nah untuk cara mengatasinya cukup mudah nih sob. Tinggal ganti saja per tersebut dengan per baru dan usahakan per original. Jika susah cari per, per lama juga bisa kita akalin, dengan cara memotong sedikit bagian ujung per tersebut agar per menjadi lebih kuat saat menahan.
 Cukup mudah kan sob, sekarang silahkan dicoba dulu, semoga berhasil.
 

Belum ada Komentar untuk "Gigi Transmisi Suzuki Smash Ngoper (Pindah) Sendiri, Ini Cara Atasinya"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel