Perlukah Flushing Pada Mesin Motor? Ini Caranya - Ate Breaker

Perlukah Flushing Pada Mesin Motor? Ini Caranya

 Apa sih yang disebut flushing? Secara bahasa flushing artinya pembilasan, kata flushing ini sering digunakan untuk pembilasan pada mesin kendaraan, Walaupun istilah ini lebih populer bagi pengguna mobil. Nah khusus yang akan saya bahas adalah flushing untuk mesin sepeda motor.
 Sederhananya flushing pada mesin motor berarti menguras kotoran di dalam mesin. Seperti kita tahu, bagian dalam mesin sepeda motor tidaklah mudah untuk dibersihkan karena harus bongkar komponen. Padahal kotoran seperti sisa oli bekas, gram sisa gesekan antar komponen akan banyak mengendap. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, tentu saja kotoran akan semakin banyak dan tentunya akan mengganggu kinerja mesin.
 Nah salah satu cara atau upaya kita untuk membersihkan kotoran di bagian dalam mesin adalah dengan cara flushing. Sebenarnya flushing atau pembilasan ini mungkin sering kita lakukan ketika mengganti oli mesin, yakni dengan menyemprotkan angin bertekanan yang bertujuan untuk mengeluarkan sisa oli bekas di dalam mesin. Hanya saja bekas oli dan gra kerap tertinggal di beberapa komponen dan celah-celah mesin.
Selain untuk membersihkan bagian dalam mesin, flushing juga bisa sangat efektif untuk mengatasi mesin kemasukan air, misalnya karena kena banjir dan sebagianya. l
Lalu cara flushing seperti apa yang kita bhas?
 Admin punya 2 rekomendasi cara nih. Pertama dengan cairan flushing, dan kedua menggunakan oli mesin. Untuk caranya sama, bedanya hanya terletak pada bahannya saja, jika dengan oli mesin tentunya haruslah oli yang bagus dianjurkan oli baru.
Cara flushing
1.Menggunakan cairan flushing
  •  Buka tutup oli mesin, lalu masukan cairan flushing dan pasang kembali tutup oli mesin tersebut.
  •  Nyalakan motor 5-20 menit, agar kotoran terangkat oleh cairan dan pelumas.
  •  Matikan mesin dan buang cairan serta oli lama dari saluran pembuangan oli, dengan cara membuka baut oli.
  •  Bilas kembali dengan angin bertekanan agar sisa oli dan kotoran terbuang semua.
  •  Pasang kembali baut pembuangan oli, dan masukan oli baru

 Cara ini efektif untuk membuang kotoran sisa gram di dalam mesin.

2.Menggunakan oli mesin
 Jika mesin kemasukan air, menurut admin cara ini akan lebih efektif, karena tidak cukup hanya dilakaukan sekali flushing apalagi jika air yang masuk terlalu banyak. Sebaiknya gunakan oli baru (disarankan) atau oli literan/oli bekas yang masih bagus.
 Untuk caranya sebagai berikut.
  • Buang atau kuras oli mesin yang bercampur dengan air, dengan cara membuka baut pembuangan oli, biarkan sampai oli bekas keluar semua (disarankan untuk membiarkan oli turun semua selama beberapa menit)
  • Bilas atau semprot dengan angin bertekanan sampai dirasa bersih dan cairan keluar.
  • Pasang baut pembuangan oli, lalu masukan oli yang akan digunakan untuk flushing sesuai takaran mesin motor sobat.
  • Setelah itu jangan lupa memasang tutup oli bagian atas, lalu hidupkan motor selama 5-20 menit. Biarkan oli bercampur dengan sisa air dan kotoran di dalam mesin.
  • Kemudian buang kembali oli mesin, Lakukan cara diatas berulang-ulang sampai oli yang dibuang sudah tidak bercampur air.
  • Setelah bersih, barulah memasang oli baru yang biasa anda pakai.
Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Perlukah Flushing Pada Mesin Motor? Ini Caranya"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel