Baut Setelan Angin (Air Screw) Karburator Macet? Ini Tips Mengatasinya

 Bagi sobat pemilik sepeda motor berpengabutan bahan bakar tipe karburator, tentunya sudah tidak asing dengan urusan seting-menyeting karburator. Baik menyeting langsam, maupun angin atau udara. Menyeting karburator bertujuan untuk mendapatkan posisi ideal dari fungi karburator, yang dapat mempengaruhi halusnya suara mesin, konsumsi bahan bakar, bahkan urusan performa.
 Nah kadangkala salah satu masalah yang dialami karburator, adalah salah satu baut setingan mengalami macet. Admin sendiri pernah menemui masalah demikian pada beberapa motor yamaha, yang kebanyakan kurang mendapatkan perawatan dari pemiliknya, terutama di bagian karburator. Baut yang mengalami macet biasanya baut setingan angin atau air screw. Kemungkinan penyebabnya karena drat maupun ulir baut berkarat, sehingga menyulitkan ketika diputar keluar maupun masuk ke dalam. Bahkan pernah sampai kepala baut mengalami sleg atau gundul, sehingga sudah tidak dapat diputar sama sekali. Kalau sudah begini, mau tidak mau baut harus dilepas dan diganti terlebih dahulu. Namun masalahnya, posisi baut yang umumnya berada di dalam lubang setingan udara menyulitkan kita untuk membuka paksa baut seperti dengan cara memahat. Lantas bagaimana caranya?
Baca juga:Cara servis karburator dan komponen-komponennya
 Ada dua cara yang bisa admin bagi menurut pengalaman admin sendiri nih sob. Pertama-tama, perhatikan baut yang macet, apakah kepala baut masih bagus, atau memang kepala baut sudah sleg atau gundul? Jika masih bagus (tidak sleg), sobat bisa membukanya dengan cara mencoba membuang  karat lebih dulu, yakni dengan memasukan cairan anti karat ke lubang tempat baut angin berada. Jika tidak punya cairan anti karat, bisa coba menggunakan minyak rem. Setelah dituang, tunggu beberapa meneit sebelum mencoba memutar baut angin tersebut. Yang perlu diperhatikan juga, pastikan saat membuka baut agar menekan obeng kuat-kuat supaya tidak meleset dikepala baut.
 Nah jika cara pertama tidak berhasil, atau jika kepala baut sudah terlanjur sleg atau gundul, maka cara terakhir untuk membuka baut tersebut adalah dengan mengebor. Karena bukan berbahan besi, mengebor baut angin biasanya tidak terlalu sulit. Hanya saja perlu ketelitian saat mengebor, dan wajib menggunakan mata bor yang memiliki ukuran lebih kecil dari drat atau diameter baut, alias cukup dengan melubangi baut saja. Tujuannya agar tidak merusak tap baut nantinya. Biasanya setelah baut angin berlubang, akan lebih mudah untuk diputar keluar, namun jika masih keras, sebaiknya perbesar lubang dengan mata bor yang lebih besar dengan catatan, tetap tidak boleh melebihi diameter baut, atau cukup dengan membuat baut semakin tipis, sehingga nantinya lebih mudah untuk membuang sisa-sisa baut yang menempel.
 Setelah berhasil melepas baut, barulah menggantinya dengan baut angin baru, biasanya dijual dengan satu set repair kit sesuai jenis motor anda.
Semoga bermanfaat.
Baca juga: 3 Cara Setting Langsam Skutik Injeksi Honda

Belum ada Komentar untuk "Baut Setelan Angin (Air Screw) Karburator Macet? Ini Tips Mengatasinya"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel