Penyebab Dan Cara Atasi Banjir Di Karburator Motor - Ate Breaker

Penyebab Dan Cara Atasi Banjir Di Karburator Motor

 Malam mas bro, khusus di motor berjenis pengabutan karburator, mungkin sobat pernah mendengar istilah bensin banjir. Sebutan untuk banjir sebenarnya ada dua macam, yakni keluarnya bensin dari beberapa bagian karburator, serta banjir di dalam mesin yang membuat bensin tidak terbakar, dan seringkali membuat motor jadi susah sekali hidup. Nah untuk bahasan kali ini admin akan coba tulis  masalah bensin banjir khusus di area karburator.
 Yang dimaksud dengan banjir disini adalah bensin meluber atau keluar dari area karburator. Misalnya, dari selang pembuangan, dan jika sobat coba tutup selangnya, bensin akan keluar dari bagian lain seperti mulut karburator, dan sebagainya. Biasanya karburator aftermarket atau karburator ubahan sebut saja seperti PE, yang dipasang pada motor rombakan, sering mengalami banjir tersebut. Walaupun terkadang, karburator motor original sekalipun bisa mengalami hal yang sama. Banjir tersebut disebabkan karena volume bensin yang masuk menuju karburator terlalu banyak. Penyebabnya ada beberapa hal, diantaranya sebagai berikut.

1.Kerusakan komponen karburator
 Nah yang paling sering ditemui dan menjadi penyebab banjirnya karburator adalah kerusakan komponen nya. Terutama, bagian yang berfungsi untuk mengatur bensin masuk dan menutupnya ketika volume bensin di dalam karburator telah penuh. Komponen yang dimaksud yaitu jarum pelampung.
 Jarum pelampung ini terletak di lubang jalur masuknya bensin menuju karburator, dan cara kerja jarum tersebut adalah membuka dan menutup jalur/lubang bensin tersebut. Jarum akan tertekan lalu menutup jalur bensin ketika volume bensin di karburator penuh berkat pergerakan pelampung yang naik terangkat oleh bensin di penampungan. Lalu ketika bensin di karburator berkurang, pelampung akan kembali turun dan secara otomatis mengangkat jarum pelampung sehingga luibang kembali terbuka, berkat proses tersebut, artinya terbuka dan tertutupnya jalur bensin berlangsung secara otomatis.
Baca juga:3 jenis karburator yang cocok buat supra fit rombakan

 Setelah mengetahui cara kerja jarum pelampung,maka kita bisa simpulkan penyebab banjir di area karburator, adalah terjadi masalah pada jarum pelampung tersebut yang membuatnya tidak dapat menahan bensin masuk. Ada beberapa hal yang membuat jarum pelampung tidak dapat menutup dengan sempurna, diantaranya sebagai berikut.
  1. Jarum sudah rusak/aus, biasanya dialami karburator motor dengan usia ayang sudah cukup lama. Jarum yang rusak atau aus membuatnya tidak dapat menutup dengan rapat. Untuk mengatasinya cukup dengan mengganti repair kit karburator atau cukup mengganti jarum pelampungnya saja sesuai jenis karburatornya. Adapaun cara mengetahui rusaknya jarum pelampung, bisa dicoba dengan memasukan jarum pelampung tersebut ke dalam lubang bensin, lalu menekannya, sembari meniup lubang karburator dari luar, jikalau ada udara masuk, artinya jarum sudah tidak dapat menutup dengan rapat.
  2. Adanya kotoran di lubang jalur bensin yang menghalangi jarum untuk menutup. Kotoran dapat membuat celah disekitar lubang yang membuat bensin tetap masuk. Maka bisa mencoba servis dengan cara membersihkan karburator serta menyemprotkan angin bertekanan.
  3. Jarum terlepas dari pelampung. Jarum pelampung bergerak karena pergerakan pelampung, maka pastikan jarum tersebut masih berada pada tempat seharusnya, yakni menempel dengan pelampung.
  4. Antara jarum dan pelampung terlalu renggang. Jarak yang terlalu jauh antara pelampung dan jarum membuat pelampung hanya sedikit menekan jarum, sehingga jalur bensin tidak tertutup. Ini sering terjadi pada karburator seperti Rx king, PE dsb. Maka pastikan jarak renggangnya sesuai, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu menekan. Sebab jika terlalu menekan juga dapat membuat volume bensin kurang di dalam karburator.
 Nah sobat, selain terjadi kerusakan pada jarum pelampung, beberapa penyebab banjirnya karburator motor terkadang disebabkan dari posisi karburator miring. Bagi karburator rombakan, misalnya PE dipakai di motor bebek, terkadang bensin dapat keluar dari karburator hanya karena motor memakai standar samping saja, alias hanya karean posisi motor dan karburator miring. Hal itu membuat bensin di dalam karburator meluber dan keluar. Untuk mengatasi masalah tersebut maka sesuaikan posisi karburator tersebut terutama ketika pemasangannya.

2.Kerusakan di keran bensin
 Hampir semua karburator memiliki keran bensin baik menempel pada karburator dan berbentuk manual (perlu diputar untuk membuka/menutupnya) yang banyak terdapat di motor sport, atau motor bebek lawas, juga keran bensin berjenis otomatis (valve), seperti banyak terdapat pada skutik dan motor bebek keluaran lebih baru. Fungsinya, tentu saja untuk menutup dan membuka jalur bensin yang masuk dari tangki menuju karburator. Tapi meskipun keran rusak namun bensin tetap lancar seharusnya pelampung dan jarum di dalam karburator dapat menutup bensin secara otomatis, sehingga banjir di karburator tidak perlu terjadi.
 Namun yang menjadi masalah, kerusakan pada jarum pelampung biasanya diperperah oleh rusaknya keran bensin ini, terutama keran berjenis otomatis. Di dalam keran biasanya terdapat saringan bensin sehingga bensin yang masuk ke karburator sudah bebas dari kotoran. Akibat rusaknya keran tersebut, terkadang membuat jarum karburator mudah sekali kotor dan menimbulkan kebocoran bensin.
 Maka pastikan keran karburator khususnya berjenis otomatis masih bekerja. Untuk memeriksanya, cukup dengan membuka selang bensin yang telah melewati keran. Jika bensin keluar dalam keadaan mesin motor mati, maka keran sudah rusak. Sebab keran hanya akan aktif dan mengalirkan bensin ketika mesin motor hidup, atau karena adanya hisapan dari selang penghisapnya.
 Selain itu, keberadaan keran juga memperkecil banjir pada bensin, karena memungkinkan banjir di karburator terhenti ketika motor mati, berkat fungsi keran otomatis tersebut. Sementara jika rusak, banjir karburator pun akan terjadi meskipun motor dalam keadaan mati.

Nah itulah penyebab bensin keluar dari karburator, semoga bermanfaat, lebih dan kurangnya mohon maaf. Untuk itu, silahkan berkomentar perihal masalah banjir di karburator motor tersebut. Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Atasi Banjir Di Karburator Motor "

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel