Langsam Motor Injeksimu Perlu Diseting? Ini Caranya - Ate Breaker

Langsam Motor Injeksimu Perlu Diseting? Ini Caranya

 Sebagian besar sepeda motor, kini sudah memakai sistem injeksi untuk pengabutan bahan bakarnya. Peralihan dari karburator ke injeksi terjadi masal pada sekitaran tahun 2012an, dan memang motor berjenis injeksi  (FI)memberi sedikit kemudahan dari segi perawatan dibanding pengabutan bahan bakar tipe karburator.
(ilustrasi) motor injeksi
 Bagi sobat yang belum tahu perbedaan injeksi dan kaburator untuk sepeda motor, tidak ada salahnya nih kita bahas sekilas. Untuk motor dengan pengabutan injeksi, bahan bakar atau bensin di injekan atau disuntikan langsung ke dalam intake, maka motor injeksi tidak lagi memerlukan dan memiliki karburator, yang ada adalah throttle body yang gunanya untuk menyuplai udara, maka tidak heran jika di motor injeksi tidak ada baut setingan langsam bensin, yang ada hanya setingan udara. Sementara untuk pengabutan jenis karburator, peran karburator adalah mencampur udara dan bensin sekaligus di dalamnya, sebelum memasuki intake dan ruang bakar. Berbeda dengan injeksi, pada karburator terdapat 2 baut setingan, yakni langsam atau bensin dan udara.
 Lantas bagaimana cara menyeting langsam motor injeksi?
injeksi dan karburator

 Seringkali pengguna juga dibuat bingung untuk menyesuaikan langsam motor injeksi ketika motornya mudah mati atau susah stationer tanpa menarik tuas gas. Maka dari itu, pada artikel ini saya akan coba bagi cara untuk memperbesar langsam motor injeksi. Seperti yang saya sebutkan diatas, untuk mengatur langsam pada motor, biasanya kita tinggal memutar baut langsam bensin pada karburator, sedangkan pada motor injeksi keberadaan bautnya pun tidak ada. Maka untuk mengatur dan memperbesar langsam, kita bisa lakukan dengan cara mengatur baut angin atau baut udaranya saja.
 Untuk melakukannya, pastikan anda mengenal dan mengetahui bagian throttle body motor injeksi sobat. Selanjutnya lakukan cara berikut.
  1. Cari throttle body motor injeksi, pastinya terletak di dekat mesin bagian silinder. Untuk motor matic biasanya dapat dilihat dari bawah jok motor.
  2. Cari baut angin, umumnya terletak dekat sensor TP (Throttle Position), bentuknya cukup umum berbentuk serupa baut langsam langsam karburator dengan ukuran diameter kepala baut sekitar 6-8mm plus pemutar obeng jenis (+) atau (-) ditengahnya.
  3. Selanjutnya, putar baut ke arah kiri untuk memperbesar, ( setelah diputar biasanya diikuti dengan membesarnya gas) dan ke kanan untuk mempersempitnya atau memperkecil gas. Sesuaikan sesuai kebutuhan, setidaknya tidak membuat motor mati saat stationer.
    letak baut settingan udara
 Itulah cara setting langsam motor injeksi, semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Langsam Motor Injeksimu Perlu Diseting? Ini Caranya"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel