Lampu Motor Redup? Dudukan Fitting Pun Bisa Jadi Penyebab - Ate Breaker

Lampu Motor Redup? Dudukan Fitting Pun Bisa Jadi Penyebab

 Melengkapi postingan sebelumnya mengenai 6 Penyebab Lampu Motor Redup, (Kurang Terang), Dan Tips Mengatasinya, Khususnya poin ke 5, mengenai modifikasi dan kesalahan kabel lampu. Di postingan serta poin tersebut, admin sempat mengatakan bahwa kesalahan pada pemasangan kabel lampu dalam hal ini menyambungkan kabel yang seharusnya ground atau massa ke kabel arus lampu, sehingga membuat kedua kawat filamen lampu menyala. Menyalanya kedua filamen lampu ini otomatis membuat lampu redup.
 Nah selain kesalahan pada pemasangan kabel tersebut, ada penyebab lain yang dapat membuat kedua filamen lampu menyala, tanpa salah memasang kabel. Yaitu masalah rusaknya reflektor, khususnya dudukan untuk fiting lampu/soket lampunya yang terletak pada reflektor.
 Khususnya di motor skutik dan motor bebek, dudukan fiting yang terletak pada reflektor biasanya terbuat dari bahan alumunium/stainless atau besi. Selain rusak, dudukan fiting berkaratpun bisa jadi sebabnya. Admin temukan masalah ini pada motor dengan lampu depan motor yang memiliki 2 bagian, yaitu honda vario.
 Untuk memastikan bagian tersebut bermasalah terhadap redupnya lampu motor karena 2 filamen lampu menyala berbarengan, sobat bisa cek dengan cara melepas fiting lampu dari reflektor, kemudian pasang bohlam lampu ke fiting diluar reflektor. Jika lampu normal, maka penyebabnya adalah dudukan pada reflektor tersebut. Nah jika lampu depan motor sobat memiliki 2 lampu seperti honda vario tadi, sobat bisa cek kerusakan dudukan fiting, dengan cara menukar soket fiting lampu. Seharusnya, ketika soket ditukar, bagian lampu yang redup tadi (misalnya lampu kiri/kanan) tidak mengalami perubahan, yaitu kedua filamen tetap menyala dan lampu tetap redup.
 Untuk mengatasinya, tentu lebih baik jika mengganti reflektor, atau melepas dudukan dari reflektor dan membuat dudukan lampu baru.
 Itu saja informasinya, semoga bermanfaat.
 

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Lampu Motor Redup? Dudukan Fitting Pun Bisa Jadi Penyebab"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel