Kebalik Hi Dan Low Lampu Motor? Cara Benerinnya Sederhana - Ate Breaker

Kebalik Hi Dan Low Lampu Motor? Cara Benerinnya Sederhana

 Mungkin sebagian dari sobat pernah mengalami saklar lampu motor jauh dan dekat terbalik. Ketika kita menekan saklar lampu jauh, yang keluar lampu dekat, sebaliknya ketika kita menekan saklar lampu dekat, yang keluar lampu jauh. Terutama jika sobat sebelumnya telah mengganti lampu motor.
 Ada beberapa penyebab yang pernah admin temui mengenai nyala lampu terbalik tersebut. Diantaranya, pemasangan bohlam yang kurang pas, dan yang paling sering ditemui, untuk beberapa merek lampu memang ada yang terbalik filamennya. Entah karena kesalahan produksi atau mungkin kesalahan peruntukannya.
 Nah untuk sobat yang mengalami hal demikian, tidak perlu khawatir, karena memperbaiki lampu terbalik tersebut tidaklah sulit. Yup kalau pemasangan lampu dilakukan di bengkel, sobat tinggal kembali kebengkel tersebut untuk memperbaikinya, namun bagi sobat yang ingin melakukannya sendiri, admin akan coba bantu memandunya.
 Untuk mengatasi masalah lampu motor yang terbalik tersebut, maka sobat perlu membongkar bohlam lampu terlebih dahulu. Kemudian perhatikan kemungkinan penyebab dan cara mengatasinya berikut.

1. Periksa posisi bohlam serta soket lampu
 Posisi lampu bisa saja kurang pas, sehingga filamen yang seharusnya terhubung dengan arus lampu dekat malah terhubung dengan lampu jauh pada soket atau fiting lampu tersebut. Maka sebaiknya perhatikan untuk meletakan lampu atau bohlam motor pada reflektor sesuai dengan tanda yang tersedia. Tanda yang dimaksud, untuk bohlam motor bebek biasanya di bagian cincin lingkaran sebelah atas dari lampu ada tonjolan, dimana tonjolan tersebut harus di letakan tepat di titik garis pada reflektor. Agar lebih jelas perhatikan gambar berikut.

 Jika sudah tepat, selanjutnya memastikan fiting lampu (soket atau dudukan lampu) dipasang dengan benar. Umumnya bentuk fiting lampu motor bebek dan skutik itu sama, yakni memiliki 3 kaki untuk diletakan pada 3 titik atau ruang yang terdapat pada reflektor. Ketiga tanda pada fitting lampu ini harus tepat berada pada reflektor serta berada pada posisi terkunci. Jika pemasangan tidak tepat biasanya salah satu kaki terangkat dari reflektor. Maka pastikan pemasangan fiting lampu juga tepat, bila perlu buka dan pasang ulang.


 Nah jika pemasangan bohlam dan fiting sudah sesuai namun lampu motor masih terbalik, lanjutkan ke poin 2.
Baca juga: 6 Penyebab Lampu Motor Redup, (Kurang Terang), Dan Tips Mengatasinya
2.Pastikan kabel dan soket kabel terpasang dengan benar
 Jika cara pertama sudah dilakukan dengan benar, berarti masalah terdapat pada pemasangan kabel soket, maupun masalah terjadi di filamen lampunya. Seperti yang saya sebutkan diawal, mungkin saja ada kegagalan bohlam ketika diproduksi.
 Sebelum ke lampu, sebaiknya pastikan dulu kabel terpasang dengan benar, yaitu dengan mengecek tiap kabel yang masuk pada soket bohlam sesuai dengan kabel yang keluar dari saklar. Misalnya kabel berwarna biru, harus terpasang dengan warna biru, putih dengan putih, atau ground berwarna hitam dengan hitam. Namun perlu diperhatikan, jika sebelumnya kabel lampu tidak disentuh ketika mengganti lampu motor tersebut, abaikan saja cara ini. Selain itu, warna lampu dan soket berbeda-beda tergantung dari jenis motornya. Untuk mempermudah mencari warna kabel untuk lampu utama, tinggal melihat warna kabel pada fiting lampu. Kabel yang menempel di fiting bagian luar adalah massa, dan dua kabel di tengah fitting adalah kabel arus jauh dan dekat.
 Jika tidak mau repot menyasar kabel, untuk mempermudah pekerjaan sobat yakni membalikan posisi lampu jauh dan dekat, sobat tinggal tukar soket kabel yang keluar dari saklar dan akan memasuki fiting lampu. Untuk beberapa motor yamaha, biasanya kabel terbagi ke dalam 3 soket terpisah khusus menuju lampu depan. Maka kita tinggal menukar arus lampu jauh dan dekat melalui soket tersebut, misalnya soket berwarna kuning dari saklar kita masukan ke soket berwarna biru menuju fiting lampu. Sebaliknya soket berwarna biru dari saklar kita pasangkan ke soket berwarna kuning dari fiting lampu, Beress.
 Tetapi jika soketnya hanya satu, dan menyatu dengan soket sein dan sebagainya seeprti yang terdapat pada motor honda, kita bisa tukar posisi kabel lampu jauh dekat dengan cara menjumper dan memutus kabel terlebih dahulu, atau menukar posisi kabel dengan cara membuka kabel lebih dulu dari soket. Atau bisa juga melalui soket saklar lampu jauh dekat, dengan cara membalikan pemasangan soket saklar tersebut.

Baca juga:Lampu Motor Redup? Dudukan Fitting Pun Bisa Jadi Penyebab

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Kebalik Hi Dan Low Lampu Motor? Cara Benerinnya Sederhana"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel