Cara Pasang Charger Hp Di Motor, Dan Perkiraan Biayanya - Ate Breaker

Cara Pasang Charger Hp Di Motor, Dan Perkiraan Biayanya

 Mas bro, kali ini ATB akan membagi tips dan cara memasang charger hp di motor. Yups, di zaman yang serba modern ini, smartphone menjadi benda penting yang harus dibawa kemanapun, bahkan lebih penting dari dompet (kali ya)? Apalagi dompet yang gk ada duitnya..wk
 Khusus masalah charger hp saat ini tidak saja tersedia colokan untuk dipakai dilistrik rumahan. Selain power bank, ada alternatif lain yang bisa kita manfaatkan, terutama bagi sobat yang kesehariannya Berkendara sepeda motor. Battery motor atau sering kita sebut aki, bisa menjadi sumber tenaga pengisi battery smartphone kita.
 Untuk beberapa motor keluaran terbaru, USB charger yang bisa dipakai untuk mengecas barang elektronik termasuk hp, sudah tersedia di motor. Seperti di skutik honda PCX 150, honda ADV150. supra x 125 terbaru, hingga di yamaha lexi dan suzuki nex 2. Dengan sumber tenaga berasal dari aki.
 Nah untuk motor keluaran lawas kebanyakan tidak dilengkapi fitur tersebut, namun kita bisa pasang kalau kita mau. Pada artikel ini, admin akan coba bagi cara memasang charger di motor yang sebelumnya telah di praktekan sendiri di motor berjenis yamaha byson. Namun jangan khawatir, untuk motor lain pun secara umum caranya sama saja, yang perlu diperhatikan adalah soal intsalasi kebel saja.
 Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memasang charger di motor, bagaimana cara pemasangan, serta berapa biayanya? Mari kita ulas bersama.
Baca juga: Cara Pasang Lampu Hazard Di Motor Tanpa Hilangkan Fungsi Sein

Alat, bahan, dan perkiraan biaya
 Sebelumnya, perlu diketahui, charger biasa untuk smartphone yang dipasang dirumah itu berbeda dengan charger yang akan kita pasang dimotor. Sebab, listrik rumahan memiliki kapasitas 220V atau lebih, sementara aki motor hanya berkapasitas 12V. Maka charger yang kita butuhkan harus memiliki daya masuk 12V, dengan ouitput sesuai kebutuhan smarpthone anda. Maka bahan pertama yang kita butuhkan jelas adalah charger motor, atau charger 12V terlebih dahulu. Berikut rincian bahan, perkiraan harga dan alat yang kita butuhkan.

  1. Charger motor 12V, harga berkisar Rp10.000 sampai tak terbatas (tergantung kualitas)
  2. Kabel bodi sekitar 1-2m (tergantung kebutuhan) Rp6000
  3. Saklar (opsional/jika charger tak memiliki saklar) Rp3000
  4. Lakban/isolasi Rp1000
  5. Alat lainya (gunting,obeng, dsb) Total Rp20.000.
 Ada banyak macam charger motor yang bisa kita pilih. Mulai dari charger yang memiliki penjepit, dimana cara pakainya dengan menjepitkan charger ke aki maka kita tidak perlu instalasi cahrger karena cukup dengan membongkar aki saja. Yang akan dibahas adalah pemasangan charger permanen dimana untuk menggunakannya lebih praktis, karena nantinya kita tidak perlu membonkar aki untuk menggunakannya, tetapi cukup dengan membuka colokan USB serta mengaktifkan saklarnya saja.
 Sedangkan saklar akan sangat berguna untuk mematikan charger ketika tidak dibutuhkan, sehingga beban aki tidak begitu berat. Biasanya, charger juga memiliki lampu indikator yang menyala yang akan sedikit banyak menyedot listrik dari aki. Untuk itu, sebaiknya pilih charger yang sudah dibekali dengan saklar atau mungkin sekalian dengan indikator aki. Tetapi jika charger yang dipilih tidak dilengkapi saklar, seperti punya admin, sebaiknya kita pasang saklar secara eksternal saja.

Cara pemasangan charger hp di motor
 Sebelum menginstalasi kabel, sebaiknya kita ambil arus dari kabel yang belum melewati kontak. Karena jika kita ambil kabel setelah kontak, beban aki ketika kita pakai charger bisa bertambah. misalnya, untuk menyalakan charger kita perlu menyalakan kontak juga, maka beberapa lampu pun akan ikut menyala, misalnya lampu speedometer atau lampu depan. Sementara jika kita ambil sebelum arus masuk ke kontak, maka untuk menggunakan charger cukup dengan menekan saklar charger saja, tanpa perlu mengaktifkan kontak motor.
 Ada dua opsi untuk intsalasi kabel, yakni melalui kabel body yang memabawa arus aki, atau menyambungkan kabel lansung menuju aki. Cara pertama sedikit perlu memahami kabel bodi namun hasilnya lebih rapi dan aman, sedangkan cara kedua lebih mudah, namun resioko seperti kabel terbakar juga cukup besar, karena tidak terputus oleh sekring ketika terjadi konslet. Kalau admin pakai cara pertama.
 Charger motor memiliki 2 jenis kabel, satu kabel untuk kutub aki positif atau arus listrik, dan satu kabel adalah massa/ground. Biasanya warna kabel untuk massa adalah hitam, atau hijau, tergantung jenis chargernya.
 Untuk pemasangannya terbilang mudah jika charger telah memiliki saklar internal, yakni kita tinggal hubungkan kedua kabelnya saja ke aki, satu ke kutub positif dan satu ke kutub negatif. Namun untuk charger yang tidak dilengkapi saklar, kita akan pasang saklar eksternal nanti di bawah.
 
skema, ket:1aki, 2sekring, 3USB charger, 4 Saklar
 Selain langsung ke kutub aki, kita juga bisa ambil dari kabel bodi lain, namun tetap admin saranin sebaiknya mengambil Kabel terdekat dari aki saja, kita bisa ambil dari jalur setelah sikring aki,karena kalau terjadi konslet, sikring bisa ikut memutus arus. Silahkan sobat tentukan mana jalur yang ingin dipilih, namun skema jalurnya masih sama, hanya saja pemasangan tidak pada kutub aki.
 Berikut cara pemasangannya.
  1. Tentukan dan tempatkan terlebih dahulu letak USB charger, misalnya di stang, bawah jok, dsb. Usahakan USB charger menempel dengan kuat. Kalau admin dipasang di stang motor.
  2. Setelah menempatkan dan memasang USB atau charger motor, selanjutnya menentukan dari mana arus yang kita ambil, mau langsung ke aki (lebih praktis) atau melalui kabel body? Biar lebih aman sebaiknya menyambung kabel dari aki yang telah melewati sekring saja. Ada dua kabel dari USB charger, kabel arus biasanya berwarna merah, kita sambungkan ke arus positif aki atau kabel yang keluar dari sekting, dan kabel yang berwarna hitam atau ground kita sambungkan ke arus negatif aki atau tepelkan di bagian bodi motor. Namun jika charger belum punya saklar atau perlu memasang saklar eksternal, biarkan dulu kabel ground-nya.
  3. Setelah memasang arus positif ke kabel charger, untuk memasang saklar, potong kabel massa charger dan hubungkan masing-masing potongan ke kaki saklar (jika ingin tempatkan saklar di lokasi tertentu, tambah dan sambungkan dengan kabel terlebih dahulu).
  4. Selesai, tahap selanjutnya tinggal mencoba charger, dengan menghubungkannya ke smartphone sobat. Cek fungsi saklar seharusnya ketika ditekan ke mode off proses mengecas berhenti, begitupun sebaliknya. Jangan lupa untuk mengisolasi atau membungkus setiap sambungan kabel dengan lakban sampai rapi.
Itulah cara memasang charger hp di motor, mudah bukan? Semoga bermanfaat.


(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Pasang Charger Hp Di Motor, Dan Perkiraan Biayanya"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel