Busi Motor mati Di Jalan, Trik Suntik Busi Masih Efektif Nih! - Ate Breaker

Busi Motor mati Di Jalan, Trik Suntik Busi Masih Efektif Nih!

 Ada banyak penyebab motor mogok sob. Salah satunya matinya komponen pengapian yakni busi. Komponen yang berfungsi memantikan api di ruang bakar ini bisa mati atau tidak berfungsi dengan semestinya, terutama jika usia pakainya sudah cukup lama. Idealnya, busi diperiksa dengan cara dibuka dan dibersihkan bagian dalamnya, terutama membuang kerak akibat sisa pembakaran di dalam mesin. Busi juga harus diganti secara berkala ketika motor telah menempuh jarak tertentu, dan setiap pabrikan serta jenis motor, mungkin memiliki standar yang berbeda, untuk beberapa motor yamaha misalnya, idealnya mengganti busi dianjurkan ketika motor telah menempuh jarak 7.000-13.000km, karena dikhawatirkan performa busi telah menurun, bahkan hal terburuk yang mungkin terjadi adalah busi mati todal yang dapat jadi penyebab motor mengalami mogok.
 Lantas, bagaimana nih, jika busi terlanjur mati dan motor mogok di tengah jalan? Kalau mati ya mesti diganti, tapi tunggu dulu, agar tidak perlu repot dorong motor ke bengkel, bisa coba menghidupkan kembali busi untuk sementara waktu. Setidaknya busi dan motor bisa hidup sampai kita temukan bengkel untuk mengganti busi tersebut. Caranya dengan menyuntik busi.
 Biasanya untuk sekedar membuka busi tidak susah, komponen busi terbilang tidak asing bagi pengguna motor, sebab ketika membeli motor baru, umumnya pengguna diberi bekal tools diantaranya kunci busi ini. Nah jadi, jika sering dipakai pastinya sudah tidak asing dengan membuka atau memasang busi motor sendiri.
 Tapi buat sobat yang belum tau cara membuka busi, bisa baca artikel berikut.
Baca:Begini Seharusnya Merawat Dan Membersihkan Busi Motor
"Perlu diperhatikan, karena penyebab motor mogok beragam, maka pastikan penyebab mogoknya motor sobat adalah busi, dengan cara memeriksa pengapian dari koil. Jika pengapian di koil normal, tinggal bongkar busi, dan periksa api yang terpantik di ujung busi. Jika api tidak ada artinya busi mati, namun jika api masih ada, perhatikan ciri api pada busi lemah diantaranya seperti api terpecah/menyebar, atau pantikan api berwarna merah, (bukan biru)"
 Menyuntik busi bukan berarti menginjekan sesuatu ke bagian dalam busi ya sob. Menyuntik hanya istilahnya saja, namun pengerjaannya berbeda. Nah agar busi dapat hidup kembali walau untuk sementara waktu, kita bisa membuang bagian metal yang terdapat di sekitar elektroda busi. Cara membuangnya cukup mudah, karena bagian tersebut mudah pecah, cukup dengan memukulnya dengan ujung obeng saja, hingga komponen metal tersebut pecah, selanjutnya buang pecahannya tadi dari dalam busi. Sehingga yang tersisa hanya elektroda dalam saja.
 Setelah itu, coba pasang kembali busi motor anda, dan coba nyalakan motor. Namun sebelum memasang busi, pastikan tidak ada pecahan keramik atau metal yang tersisa di dalam busi, karena bisa saja masuk ke ruang bakar.
 Selanjutnya, setelah motor hidup, sebaiknya segera mencari bengkel untuk mengganti busi baru.
Itu saja semoga bermanfaat.
Baca juga:Mengenal Busi Pada Sepeda Motor

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Busi Motor mati Di Jalan, Trik Suntik Busi Masih Efektif Nih!"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel