Bikin Motor Bebek Kuat Ditanjakan Gak Perlu Rombak Mesin, Ini Caranya - Ate Breaker

Bikin Motor Bebek Kuat Ditanjakan Gak Perlu Rombak Mesin, Ini Caranya

 Pada dasarnya, sepeda motor didesain dan dibangun produsen tidak saja untuk dapat berjalan di jalanan rata, melainkan harus kuat untuk mendaki tanjakan termasuk turunan Tentunya berbagai penyesuaian terhadap mesin serta berbagai komponen lain seperti kaki-kaki pun disiapkan secara matang dengan berbagai pengujian yang ketat.
ilustrasi
 Terutama untuk daerah dengan banyak pegunungan seperti di indonesia pasti banyak menemui jalanan menanjak, maka beberapa jenis sepeda motor memang diharuskan untuk memiliki kemampuan mengarungi medan tersebut dengan baik. Nah bicara jenis sepeda motor apa yang banyak digunakan atau yang cocok bagi jalanan menanjak? Tentu jawabannya bukan skutik, melainkan sepeda motor yang harus memiliki desain dan kaki-kaki tinggi, dan yang terpenting memiliki torsi besar. Rata-rata kubikasi motor yang banyak dipakai masyarakat adalah 150cc ke bawah, maka sepeda motor jenis sport dan motor bebek kerap menjadi pavorit untuk menghadapi medan jalan tersebut.
 Nah kalau kita kerucutkan lagi antara motor sport dan motor bebek, maka motor jenis bebek sepertinya lebih banyak digunakan untuk medan-medan jalan yang banyak tanjakannya, atau di daeah-daerah, terutama motor bebek bertrasnmisi semi otomatis. Selain karena lebih simpel dan tidak memerlukan kopling manual, motor jenis ini juga rata-rata memiliki harga yang lebih terjangkau.
 Namun terkadang, motor bebek dengan kubikasi kecil, seperti bermesin 125cc atau bahkan 110 dan 100cc kerap dirasa terlalu lemah untuk diajak menanjak apalgi jika tanjakan terlalu mendaki, ditambah membawa beban cukup berat. Nah pada posstingan kali ini saya akan coba membagi tips buat sobat pengguna motor bebek atau motor sport sekalipun yang merasa ingin atau perlu meningkatkan tenaga motornya agar semakin kuat diajak menanjak meskipun dengan beban banyak.

Cara menambah tenaga motor bebek
 Untuk menambah tenaga motor bebek agar kuat menanjak tersebut memang tidak lah terlalu rumit. Tidak perlu untuk merombak bagian mesin, kecuali jika sobat menginginkan performa lebih, mungkin rombak mesin juga diperlukan. Tetapi sekali lagi, triknya sederhana dan biayanya juga tidak mahal jika hanya sekedar ingin membuat motor kuat menanjak tersebut.
 Langsung saja, seperti yang sempat saya bahas dipostingan beberapa waktu kebelakang, untuk sekedar membuat motor terasa lebih bertenaga, khususnya motor berjenis bebek yang memakai rantai serta gir, maka ubahan cukup dilakukan pada komponen penarik roda belakang tersebut alias rantai dan gir, dengan sedikit menambah final rasionya.
 Semua sepeda motor yang memakai rantai dan gir bawaan pabrikan tentu saja memakai ukuran seimbang antara tenaga/torsi dengan power, yang berhubungan dengan akselerasi dan kecepatan motor. Maka kadangkala keseimbangan performa tersebut membuat salah satu kebutuhan pengguna yang berhubungan dengan medan jalan, baik itu torsi mupun power dirasa kurang sesuai. Maka untuk mengubahnya cukup dengan mengganti komponen tersebut, terutama di bagian gir.
 Untuk mendapatkan tenaga lebih ketika menanjak, maka sobat tinggal mengganti gir belakang dengan ukuran lebih besar, dan jika tenaga masih kurang, bisa bersamaan dengan gir depan, yakni mengganti ke ukuran mata gir yang lebih kecil. Contohnya, jika sebelumnya ukuran gir belakang adalah 39, maka ganti dengan gir serupa namun dengan mata gir berukuran lebih besar, misalnya 40 atau 42. Dan untuk gir depan cukup dengan turun 1-2 ditingkat, misal dari ukuran 14 jadi 13.
 Namun yang perlu diperhatikan, kenaikan 1-2 tingkat gir membuat final rasio naik dan menyebabkan motor akan kesulitan meraih kecepatan saat berada di putaran mesin (RPM) tinggi. Maksudnya ketika motor dipacu dijalanan rata akan sedikit sulit untuk mendapatkan kecepatan yang diharapkan seperti ketika anda memakai gir bawaan pabrik. Admin juga sempat membahas tips mengganti gir dan cara menghitung final rasio gir, jika postingan ini belum jelas, bisa membaca kembali melalui postingan di bawah ini.

Itulah cara meningkatkan tenaga motor bebek dengan mengganti gir, tanpa perlu merombak mesin. Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Bikin Motor Bebek Kuat Ditanjakan Gak Perlu Rombak Mesin, Ini Caranya"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel