Tips Dan Cara Pasang Engine Cut (kunci rahasia) Di Motor, Gak Susah - Ate Breaker

Tips Dan Cara Pasang Engine Cut (kunci rahasia) Di Motor, Gak Susah

 Pada motor sport tentu kita sudah tidak asing dengan saklar berwarna merah atau kuning yang biasanya terletak disisi kanan stang, adalah saklar engine cut yang berguna untuk mematikan mesin motor tanpa harus memutar kunci kontak ke mode off. Pada kebanyakan motor bebek atau skutik saklar, jarang terdapat saklar tersebut. Tetapi tidak sedikit pengguna sepeda motor yang membuatnya sendiri, bahkan beberapa diantaranya dipakai sebagai kunci rahasia yang diletakan ditempat tertentu misalnya di bawah jok. Tentu tujuannya agar motor semakin aman dari maling, karena ketika kunci kontak berhasil dibobol, sementara engine cut digunakan, membuat mesin motor tetap tidak bisa dihidupkan.

 Nah sobat, pada artikel ini ATB akan mencoba membagi cara dan tips membuat saklar engine cut tersebut.

Cara memasang engine cut/Saklar kunci rahasia
 Untuk memasang engine cut terbilang mudah, terutama bagi anda yang cukup paham dengan kelistrikan atau pengapian sepeda motor. Namun sebelum ke caranya, beberapa bahan yang perlu anda siapkan setidaknya sebagai berikut.
  1. Saklar on/off
  2. Kabel (kabel body motor dengan kualitas terbaik dianjurkan)
  3. Isolasi (lakban)
  4. Gunting
  5. Lem
 Saklar 2 pin kita butuhkan untuk memutus dan menyambung arus. Untuk jenisnya bebas, bisa memakai saklar lampu motor dsb, atau saklar barang elektronik, namun lebih disarankan agar saklar memiliki kualitas baik agar awet dan tidak menyusahkan kelak dikemudian hari.
gambar hanya ilustrasi

 Sementara kabel dengan ukuran panjang sesuai kebutuhan, dianjurkan menggunakan kabel bodi sepeda motor dengan kualitas original (kalau bisa). 
 Isolasi lakban seperti biasa digunakan untuk membungkus sambungan kabel. Sementara lem bisa digunakan untuk menyimpan saklar jika letak penyimpanannya berada di bawah jok, atau tempat lainnya.

 Untuk pemasangannya, agar tidak terlalu beresiko sebaiknya engine cut mengambil arus dari massa atau ground, bukan arus listrik atau pengapian. Nah arus ground yang paling mudah serta langsung dapat mematikan mesin adalah arus ground atau massa komponen CDI. Tentunya masih banyak arus masa lain yang dapat mematikan mesin, namun posisi CDI pada motor sendiri berada setelah kontak, sehingga nanti meski kontak belum diputar, mesin sudah bisa dimatikan lewat engine cut karena CDI sudah tidak bekerja.
kabel soket CDI yamaha mio

 Adapaun warna kabel masa CDI sendiri beberapa jenis motor memang berbeda-beda, juga tergantung mereknya. Honda misalnya memiliki warna kabel masa kebanyakan berwarna biru, sementara yamaha hitam. Agar lebih yakin untuk menemukan kabel masa pada CDI motor sobat, sebaiknya cari melalui skema pin soket CDI sesuai jenis motornya. Kalau ada waktu mungkin nanti saya share pada postingan kemudian. Nah jika sobat sudah temukan warna kabel ground pada CDI motornya, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Putuskan kabel masa CDI dengan gunting.
  2. Buat sambungan dari kedua ujung kabel yang dipotong tadi, menggunakan kabel bodi, dengan panjang kabel sesuai kebutuhan posisi letak saklar yang diinginkan.
  3. Kedua ujung kabel yang telah disambung tadi, sambungkan kembali dengan kedua pin pada saklar, menyambungkan dengan solder hasilnya akan lebih baik, namun usahakan agar pin saklar yang telah disambung, dibungkus dengan lakban agar tidak terjadi konsleting. Bungkus juga sambungan pertama yang di dekat CDI tadi.
  4. Letakan saklar ditempat yang anda inginkan, misal di bawah jok, setang, dan sebagainya. Gunakan lem untuk lebih merekatkan saklar.
 Jika selesai, sobat bisa coba engine cut atau kunci rahasia sobat dengan menghidupkan motor, lalu menekan saklar, maka mesinpun harusnya bisa mati tanpa memutar kunci kontak.
 Nah selain menggunakan kabel masa dari CDI, engine cut juga bisa dibuat melalui kabel arus pengapian atau listrik yang keluar dari CDI menuju koil. Untuk warnanya memang berbeda-beda, namun lebih mudah jika sobat melihat warna kabel dari koil, atau melalui skema pin CDI.
arus masuk ke koil

Selamat mencoba.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Tips Dan Cara Pasang Engine Cut (kunci rahasia) Di Motor, Gak Susah"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel