Mesin PCX 150 Bakal Ditambah Teknologi Baru Ini, Makin Dekati Nmax? - Ate Breaker

Mesin PCX 150 Bakal Ditambah Teknologi Baru Ini, Makin Dekati Nmax?

 Honda PCX 150 adalah maxi skuter garapan produsen berlogo sayap, yang pertamakali hadir ke indonesia dengan status Completely Built Up (CBU) dari Thailand (2012-2013), serta dari vietnam (2014-2017). Baru sekitar awal 2018 lalu, AHM sebagai ATPM honda di indonesia, memproduksi skutik maxi penantang Nmax tersebut secara lokal. Lokalisasi produksi PCX 150 ini praktis membuat banderolnya semakin terjangkau dan kini mampu bersaing dengan sang rival. Sayangnya, produksi secara lokal PCX 150 tersebut juga membuat mesinnya diperkecil, dari sebelumnya 153cc, menjadi 149/150cc.
honda pcx 150

 Jika kita sedikit bandingkan dengan yamaha Nmax, PCX150 lebih unggul dari segi fitur. Misalnya, PCX 150 dibekali kunci keyless, pencahayaan LED, USB charger untuk smartphone dan barang elektronik lainnya, hingga dibekali hazard lamp yang belum dimiliki yamaha Nmax. Sementara jika bicara mesin, yamaha Nmax diatas kertas memang lebih unggul. Mulai dari kubikasi yang lebih besar, yakni 155cc, sementara PCX 150 hanya diangka 150cc. Selain itu, yamaha Nmax memiliki teknologi terbaru untuk mesinnya, teknologi ini banyak dipakai yamaha pada motor sport, salah satunya R15 V3. Teknologi tersebut adalah Variable valve Actuation (VVA), yakni sejenis teknologi bukaan katup/klep, yang terintegrasi dengan ECU. Dengan kata lain, bukaan katup pada mesinnya diatur secara elektronik, dan diklaim mampu mengontrol efisiensi bahan bakar serta performa yang tetap terjaga.
Baca juga:Woww, Honda bakal produksi ADV varian 250 CC?

 Nah sobat, seolah tak mau kalah, honda PCX 150 pun di gadang-gadang akan menerapkan teknologi serupa, namun bukanlah VVA. Honda menamainya VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control), dimana teknologi ini memang memiliki kemiripan cara kerja dengan VVA milik yamaha, yakni mengintegrasikan bukaan katup/klep pada mesin, dengan ECM (Elektronic control module/ sejenis ECU jika di yamaha). Namun, sekali lagi teknologi tersebut tidaklah sama dengan yamaha atau bahkan menirunya, melainkan honda juga mengklaim teknologi tersebut justru sudah lebih lama digunakan pada produk mobil mereka. Ya, apapun itu, yang jelas honda PCX 150 kelak akan memiliki teknologi mesin baru yang setara dengan rivalnya, apalagi jika kubikasi mesinnya kembali ditingkatkan.

 Menurut beberapa kabar yang beredar, terutama melalui media-media thailand, teknologi mesin yang akan dipakai honda PCX tersebut (V-Tec), diperkirakan akan diterapkan pada all new honda PCX 150, yang juga diprediksi baru akan hadir pada tahun depan, atau 2020 mendatang.
 Benarkah demikian? Mari kita nantikan.
Baca juga: Honda ADV 150, Skutik Petualang Keren! Spesifikasi, harga, dan varian warna 2019

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Mesin PCX 150 Bakal Ditambah Teknologi Baru Ini, Makin Dekati Nmax?"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel