Kontak OFF Starter Nyala Terus, Ini Yang Harus Dilakukan - Ate Breaker

Kontak OFF Starter Nyala Terus, Ini Yang Harus Dilakukan

 Tidak sekali-duakali admin temuin motor yang starternya ngadat, yakni elektrik starter menyala terus-terusan, padahal kunci kontak sudah diputar ke mode off. Apa penyebabnya, dan apa yang harus dilakukan seandainya motor sobat mengalami hal demikian?

 Untuk penyebab, biasanya terjadi kerusakan atau konsleting pada starter switch, atau bendik starter pada motor. Bendik yang sering ngadat ini berjenis 4 kaki, yang banyak dipakai pada motor bebek, matic atau sport.

 Lantas apa yang mesti dilakukan untuk mematikan starter elektrik yang ngadat pada motor tersebut?
 Mudah saja, sobat tinggal memutus arus starternya, namun arus starter sebelum memasuki kunci kontak. Berikut beberapa cara mematikan stater motor yang menyala terus-menerus dengan cepat.
Baca juga: Penyebab Dan Cara Atasi Kick Starter (Engkol) Ngelos Pada Motor Bebek Dan Sport

  1. Cabut bendik starter. Letak bendik tergantung jenis motornya. Namun biasanya terletak tidak jauh dari posisi aki. Maka segera cabut jika sudah menemukan komponen tersebut.
  2. Membuka salah satu kabel pada kutub aki. Jika memungkinkan (memiliki alat seperti obeng, atau kunci 8mm), sobat bisa melepas salah satu kabel aki, dengan cara membuka baut yang terpasang pada kutub aki. Sebaiknya lepas kabel bagian massa atau ground, umumnya berwarna hitam.
  3. Melalui soket massa (ground) utama. Jika posisi soket massa utama lebih mudah dijangkau pada motor sobat, untuk sekedar menghentikan starter bisa memutusnya melalui soket tersebut.
 Nah sobat, jika starter sudah berhenti, selanjutnya mengatasi biang masalahnya. Seperti yang sudah disebutkan diatas, starter yang menyala terus-menerus meski kontak pada mode off disebabkan oleh bentik rusak. Maka sebaiknya ganti bendik starter dengan yang baru dan berkualitas.

 Apa yang terjadi jika kita biarkan starter menyala terus menerus tanpa henti? 
Beberapa efek atau akibat yang dapat terjadi, diantaranya aki mengalami tekor bahkan mati. Selain itu, dinamo starter menjadi panas karena lama berputar atau menyala, yang dapat membuat arang pada dinamo atau kul starter habis. Maka jika sobat biarkan starter menyala tanpa melakukan apapun, hingga aki mati, ada baiknya sobat memeriksa juga perangkat starter khususnya dinamo starter.

 Itu saja informasinya semoga bermanfaat.
Baca juga: Cara Perbaiki Klakson Mati Itu Gak Ribet, Mulai Dari Sini

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Kontak OFF Starter Nyala Terus, Ini Yang Harus Dilakukan"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel