Cara Perbaiki Klakson Mati Itu Gak Ribet, Mulai Dari Sini - Ate Breaker

Cara Perbaiki Klakson Mati Itu Gak Ribet, Mulai Dari Sini

 Suara nyaring dari bunyi klakson, dapat memberi tanda keberadaan motor sobat terutama ketika berkendara. Maka, meski tanpa klakson motor masih bisa berjalan, keberadaannya cukup penting tentunya untuk meminimalisir resiko kecelakaan berkendara.

 Kadangkala nih, ditengah riuhnya jalan raya, suara nyaring klakson sering admin gunakan untuk menyapa teman kendaraan lain, atau teman dipinggir jalan yang tak sengaja berpapasan! kamu juga kan?
 Sama seperti komponen lainnya, seiring waktu klaksonpun akan mengalami mati alias tak bersuara. Maka disinilah pentingnya perawatan sepeda motor secara berkala. Nah jika sudah terlanjur mati, dan sobat putuskan untuk memperbaiki sendiri, sobat bisa baca beberapa komponen berikut yang bisa jadi penyebab matinya klakson motor.

Pastikan aki menyala
 Nyaringnya bunyi klakson akan terjadi jika aki dalam keadaan bagus. Jika soak atau lemah, maka suara klakson hanya akan berbunyi pada rpm tinggi saja, apalagi jika mesin dalam keadaan mati, klaksonpun tak akan bunyi sama sekali. Maka pastikan aki dalam keadaan baik, minimal dapat mengedipkan lampu sein motor sobat, tanpa harus menghidupkan mesin motor.

Cek saklar dan kabel klakson
 Jika aki normal, selanjutnya tinggal mengecek arus masuk dan keluar dari saklar klakson. Saklar kerap kali menjadi biang masalah matinya klakson, karena saklar adalah komponen yang bergerak atau digerakan dengan cara ditekan, yang lama kelamaan, beberapa bagiannya bisa menyusut, misalnya bagian timah dalam komponen saklar klakson tersebut. Maka sobat bisa bongkar saklar klakson dan pastikan keadaannya masih bagus. Untuk memastikan saklar dalam keadaan baik, sobat bisa langsung sambungkan arus masuk ke saklar dengan arus keluar menuju klakson, dengan menyambungnya menggunakan kabel. Jika klakson bersuara, berarti saklar memang menjadi biang masalahnya.
 Kadangkala karat juga menempel pada timah yang dapat menghambar listrik yang akan masuk dan melalui saklar klakson tersebut. Maka pastikan untuk membersihkan karat pada timah di dalam saklar tersebut, tentunya dengan membongkar lebih dulu komponen saklar, kemudian untuk membersihkan karat bisa memakai amplas.
 Selain pada saklarnya, pastikan juga kabel klakson tidak terputus, yakni kabel dari saklar hingga klakson. Jika ada yang yang putus atau terlepas, sebaiknya menyambungkannya kembali.
2 soket kabel klakson(1 kabel dari aki, 1 kabel dari saklar)

Cek horn atau klaskon
 Jika aki dan kabel normal, penyebab lain yang sering menjadi biang kerok matinya klakson, adalah komponen klakson/horn itu sendiri. Penyebab klakson mati beragam, mulai dari klakson berkarat dan sering terguyur air, atau memang sudah terlalu lama usianya. Sebelum mengganti komponen klakson, ada baiknya sobat coba untuk menyeting baut platina yang menempel pada klakson. Untuk caranya, sobat tinggal memutar baut platina ke dalam atau keluar, sembari menekan saklar klakson.

 Jika baut platina setelah diputar klakson menjadi nyala, dan suaranya masih terdengar normal (tidak cempreng atau tidak pelan), maka sobat tidak perlu mengganti klakson, namun jika suara dirasa berbeda, atau bahkan tidak ada suara sama sekali, maka sebaiknya mengganti klakson dengan yang baru.

 Nah sobat itulah cara mudah memperbaiki klakson mati. Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Perbaiki Klakson Mati Itu Gak Ribet, Mulai Dari Sini"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel