Cara Mudah Atasi Piston Rem Cakram Macet - Ate Breaker

Cara Mudah Atasi Piston Rem Cakram Macet

 Rem tipe disc brake, atau lebih dikenal dengan sebutan rem cakram, memang sudah sangat umum digunakan berbagai merek sepeda motor masa kini. Setidaknya rem bagian depan, karena rem bagian belakang masih banyak yang menggunakan jenis tromol.

 Khusus rem depan ini, selain kampas rem, memang jarang mengalami masalah, meskipun suatu saat seiring pemakaian, tentunya rem juga akan mengalami kendala dan perlu penanganan, misalnya kebocoran minyak rem, atau sekedar mengganti minyak rem yang sudah lama.
 Nah, masalah lain yang tak kalah sering ditemukan dari rem depan, adalah rem yang macet di bagian tuasnya. Yakni, tuas rem tak kembali ke posisi awal setelah menekan tuas rem tersebut, dan penyebabnya karena bagian piston pada master rem macet.
Jika sobat mengalami hal tersebut, lanjutkan membacanya!!!

 Sebelum saya ajak sobat mengenai cara mengatasi macetnya piston tersebut, ada baiknya sobat mengenal apa sih master rem pada motor?

 Jadi pada sistem rem hydrolik atau rem cakram ini, master rem berguna untuk memompa minyak rem. Setelah Lever atau tuas rem ditekan, maka piston master bergerak maju dan membuat minyak rem terdorong dari penampungannya hingga bergerak ke bawah menuju kaliper. Dorongan pada minyak rem tersebut, membuat kampas rem yang terletak pada kaliper menjadi bergerak maju, dan terjadilah proses pengereman pada tipe rem jenis cakram tersebut. Sementara ketika kita melepas tuas rem, maka piston master akan kembali ke posisi awal, dan secara otomatis minyak rem pun demikian. Kembalinya master rem, seharusnya piston rem pun ikut kembali ke posisi awal.
 Nah jika piston rem tidak kembali ke posisi awal alias macet, maka ada masalah pada bagian master rem tersebut. Kira-kira apa penyebabnya?

 Yang sering admin temui, penyebabnya adalah kotoran yang berupa karat atau kerak yang memenuhi bagian piston master rem tersebut. Piston tersebut sebenarnya memiliki per yang harusnya dapat membuat piston kembali ke posisi awal, namun karena kotoran terlalu banyak dan menyesaki rumah piston membuatnya macet dan tak kembali.
 Selain macet yang disebabkan kotoran, terkadang rumah piston mengalami goresan, dan untuk mengatasi masalah tergoresnya rumah piston memang agak sulit. Tetapi jika goresan tidak begitu dalam, biasanya akan cukup dengan membersihkan piston master rem saja, namun jika goresan dalam, maka mengganti rumah piston pun perlu dilakukan.

 Untuk mengatasi piston master rem macet, sebenarnya juga sangat mudah. Cukup dengan membongkar master rem, lalu membersihkannya saja dengan lap dan minyak rem. Bensin ataupun air admin pribadi tidak anjurkan, karena pada piston rem terdapat sil karet yang bisa mengembang jika terkena bensin, dan air bisa sebabkan karat. Nah untuk memperlancar pistonnya supaya tidak macet lagi, sebaiknya menambah sedikit pelumas, dan pelumas yang sering admin gunakan, adalah minyak rambut atau pomade yang sudah tak umum dipakai anak muda zaman now! ada yang tahu? Namanya tanco mas bro! Silahkan olesi piston dengan minyak rambut tersebut, lalu memasangnya kembali. Jangan lupa untuk membersihkan rumah pistonnya terlebih dahulu dengan lap.
 Sebagai tambahan, Selain karena kotoran, penyebab piston rem macet juga sering disebabkan oleh karena pistonnya patah, atau sil piston sobek, maka wajib mengganti master rem jika penyebabnya dalah dua hal tersebut. Untuk tata cara membongkar master rem, insha allah akan diposting kemudian.
Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Atasi Piston Rem Cakram Macet"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel