Cara Mengatasi Tutup Pengaman Kunci Motor Macet - Ate Breaker

Cara Mengatasi Tutup Pengaman Kunci Motor Macet

 Mas bro! Untuk beberapa motor yang masih menggunakan kunci kontak bertipe shuttered key (bukan keyless), umumnya dilengkapi pengaman magnet. Nah masalah pada jenis pengaman ini biasanya terjadi macet pada penutup kunci keamanannya. Beberapa jenis motor dengan kunci pengaman magnet adalah honda beat, vario, absolute revo, juga beberapa produk yamaha, mulai dari new jupiter z, mio m3, dsb.
 Masalah macetnya penutup kunci, yang membuatnya tidak dibuka dan menhalangi masiknya anak kunci biasanya disebabkan 2 hal, yakni anak kunci doll, sampai komponen magnet yang terdapat pada anak kunci hilang.
 Nah jika sobat mengalami hal demikian, apa yang harus dilakukan?
 Jika mengalami hal demikian, sobat harus sedikit bersabar. Sebab, jika berhubungan dengan penutup kunci yang macet, perbaikan pun akan sedikit memakan waktu, namun bukan berarti tanpa bisa diperbaiki ya sob, jangan pesimis dulu, atau barangkali sobat masih menyimpan kunci cadangan dirumah, yang bisa dicoba untuk membuka macetnya pengaman kunci tersebut. Namun jika tak ada, apa boleh buat, langsung saja Berikut beberapa cara serta tips yang bisa admin berikan untuk mengatasinya.
Baca jug: Mudah, Cara Hidupkan Motor Tanpa Kunci Dengan Sambung Kabel

1.Cari Penyebab Kunci Macet Dulu
 Seperti yang sudah disebutkan, kemungkinan penyebabnya ada dua, dan keduanya terjadi pada anak kunci (bukan pada rumah kunci/kontak). Kemungkinan Pertama, doll pada anak kunci yang berguna untuk membuka kunci pengaman tersebut, karena umumnya berbahan karet atau plastik. Sementara untuk kemungkinan kedua, komponen magnetnya hilang. Maka yang perlu sobat lakukan sebagai berikut:
  1. Cek keberadaan magnet pada anak kunci, untuk motor honda biasanya ada 4 lubang, namun yang digunakan hanya 3 lubang, alias hanya memiliki 3 batang magnet. Jika jumlah magnetnya kurang, maka dipastikan penyebab macetnya adalah hilangnya magnet tersebut. Cara mengatasinya, sobat harus mencari  magnet yang hilang tersebut, kemudian memasangnya kembali. Atau bisa mengambil magnet dari bekas kunci kontak motor sejenis, walaupun pasti sulit, tetapi jika berhasil menemukannya lalu memasangnya pada anak kunci, langkah selanjutnya mencoba membuka pengaman tersebut. Dan jika masih tidak bisa terbuka, cobalah membalikan kutub/ujung magnet, karena kedua ujung magnet memiliki sifat yang berbeda.
  2. Jika setelah dicek magnet utuh, kemungkinan penyebab macetnya tutup kunci pengaman adalah anak kunci yang sudah doll/sleg. Maka sobat hanya perlu mencoba membuka penutup dengan cara lebih sabar. Maksudnya, doll pada anak kunci membuat posisi magnet tidak pas antara magnet pada anak kunci, serta magnet pada rumah kunci. Untuk itu coba cari posisi pas untuk mencocokan magnet, kemudian memutarnya.

2. Membongkar kunci kontak
 Jika mengalami kesulitan pada cara pertama, tidak ada cara lain selain harus membongkar atau melepas rumah kunci tersebut. Tentunya dengan cara melepas cover terlebih dahulu yang menghalangi rumah kunci, seperti cover dasi, serta lepsil atau cover kompartmen belakang. Setelah dibongkar, barulah memilih untuk tetap menggunakan kunci lama atau menggantinya dengan yang baru.
 Pada rumah kunci berpengaman magnet, biasanya terdiri dari 2 bagian. Pertama bagian kunci kontak atau rumah kunci utama yakni rumah tempat masuknya anak kunci, dan yang kedua bagian rumah kunci pengaman. Jadi meskipun tanpa rumah kunci pengaman, kontak masih bisa berguna, namun itu berarti pengamanpun hilang.
 Berikut admin berikan 3 opsi tips setelah membongkar kunci kontak yang mengalami tutup pengaman macet.
 1) Membuang pengaman (rumah kunci bagian depan)
 Setelah membuka cover dan menjangkau rumah kunci, yang perlu sobat lakukan hanya melepas bagian pengaman kunci, atau rumah kunci bagian depannya saja. Setelah itu, anak kuncipun bisa masuk kembali tanpa terhalangi, tentu posisi lubang kunci jadi berada sedikit di dalam setelah cover dipasang.
 2) Membuang tutup pengaman saja
 Opsi kedua adalah membongkar rumah kunci bagian depan/atas, lalu membuang bagian dalam tutup kuncinya saja beserta magnet dan komponen lain yang menghalanginya. Setelah dilepas, rumah kunci depan bisa dipasang kembali, hanya saja pengaman magnet tidak berfungsi namun kunci masih kelihatan utuh.
 3) Mengganti kunci kontak
 Tentu saja yang paling praktis tanpa mengurangi fungsi kunci kontak beserta pengamannya, adalah mengganti satu set kunci kontak tersebut dengan yang baru. Namun sobat harus melepas semua rumah kunci dari motor, yang kadangkala prosesnya akan lebih lama, karena setidaknya harus membongkar semua bodi depan motor (untuk memudahkan membuka rumah kunci), bahkan kadangkala perlu melepas stang. Ditambah lagi untuk mengganti kunci kontak harus disertai mengganti kunci jok agar hanya 1 kunci yang dipakai, kecuali kunci untuk membuka jok sudah dari kontak depan.

Nah itulah beberapa tips serta opsi untuk mengatasi masalah tutup kunci pengaman magnet yang macet. Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Tutup Pengaman Kunci Motor Macet"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel