Bukan Per, Rem Tromol Tak Balik Lagi, Disini Masalahnya - Ate Breaker

Bukan Per, Rem Tromol Tak Balik Lagi, Disini Masalahnya

 Rem jenis tromol (drum brake) pada sepeda motor, banyak terdapat pada motor konvensional, dengan banderol ekonomis, dengan jenis mulai dari motor bebek, matic, bahkan sport, terutama banyak digunakan untuk rem bagian belakang. Meski teknologi disc brake (rem cakram) pada rem depan maupun belakang mulai mengambil alih, karena memang masih efektif maka rem jensi ini masih tetap digunakan pabrikan untuk motor-motor indonesia.
ilustrasi

 Dengan pemakaian dalam jarak waktu tertentu, motor biasanya mengalami beberapa masalah dan perlu perbaikan, tidak terkecuali pada rem dengan jenis tromol ini. Satu masalah yang kerap dialami rem jenis tromol yang minim perawatan, adalah rem tak kembali ke posisi awal, setelah tuas rem diinjak atau ditekan. Beberapa diantaranya, bahkan perlu menarik paharem dengan tangan untuk mengembalikannya.

 Banyak sekali pengguna yang menganggap biang masalah ada pada per. Tak kembalinya rem ke posisi awal, sering dianggap akibat per hilang, atau sudah tak layak dipakai karena daya pegasnya berkurang, atau bahkan dianggap per pada perangkat rem patah, atau macetnya kabel rem (pada matic) dan sebagainya. Padahal hampir sebagian besar masalah bukan disebabkan oleh per, maupun kabel rem.
Baca juga: Kampas Rem Motor Cepat Habis, Wajar Atau Masalah? Cek Disini
 Lantas dimana masalahnya?

 Khusus rem tromol, tak kembalinya rem ke posisi semula setelah melakukan pengereman, yang membuat roda tidak bergerak, adalah disebabkan komponen kampas rem yang sudah habis atau aus. Jadi ketika kita mengerem motor, komponen kampas akan terbuka atau mengembang, kemudian kampas tersebut menyentuh dinding tromol, maka pada saat itu terjadilah pengereman pada motor. Namun yang jadi masalah, karena permukaan kampas yang sudah sangat tipis karena habis atau aus tersebut, membuat bukaan rem atau mengembangnya kampas rem jadi terlalu jauh, dan membuat kampas rem terkunci, lalu per rem pun tak mampu menarik kampas kembali ke posisi awal.
kampas ngembang


dinding tromol

Jadi, ketika sobat mengalami masalah rem yang tak kembali, atau susah kembali, kemungkinan besar penyebabnya adalah habisnya kampas rem. Solusinya, ya tinggal mengganti kampas rem tersebut.
Itu saja informasinya, semoga bermanfaat.
Baca juga: Kapan Ganti Kampas Rem Motor? Perhatikan Ciri-Ciri Nya Ini

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Bukan Per, Rem Tromol Tak Balik Lagi, Disini Masalahnya"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel