Bikin lampu Rem Motor Berkedip? Mudah Dan Murah, Begini Caranya - Ate Breaker

Bikin lampu Rem Motor Berkedip? Mudah Dan Murah, Begini Caranya

 Bagi sobat yang bosan dengan lampu rem motor menyala biasa, mungkin bisa coba nih bikin lampu rem menjadi berkedip ketika tuas rem ditarik atau diinjak. Alat apa saja sih yang dibutuhkan, perkiraan biaya serta caranya? Yuk langsung saja di cek.

Alat yang dibutuhkan
  1. Flasher motor
  2. Kabel (opsional)
  3. Lakban
  4. Soket flasher (opsional)
 Falasher yang biasa dipakai untuk lampu sein akan kita gunakan untuk memberi efek kedip pada lampu rem. Nah untuk flasher sendiri, admin saranin pakai yang bisa diseting kecepatan kedipan nya agar biasa disesuaikan berdasarkan keinginan, misalkan lebih lambat atau lebih cepat. Sedangkan kabel hanya alat opisonal, barangkali sobat ingin menempatkan flasher di tempat tertentu yang membutuhkan kabel lebih panjang. Lakban atau solasi dipakai untuk membungkus kabel sambungan yang akan dipotong nanti untuk dihubungkan ke flasher, untuk menghindari konslet. Terakhir, soket flasher untuk sein, admin saranin agar memakainya pada flasher, agar menyambungkan kabel ke flasher lebih mudah.

Cara memasangnya
  1. Cari fiting lampu belakang, umumnya hanya tinggal membuka jok saja
  2. Perhatikan 3 kabel yang terhubung ke fitting lampu, dan cari kabel lampu rem (warna kabel berbeda-beda, tergantung jenis motornya). Untuk mencarinya agar lebih mudah, lepas fitting lampu, kemudian menginjak/menekan tuas rem motor sembari kontak berada pada mode on (pastikan aki hidup), lalu cek satu-persatu arus dari kabel, dengan cara menghubungkan kabel setiap kabel ke body motor (ground) bisa ke rangka,baut. Apabila ada percikan api, itulah kabel yang akan diputus.
  3. Setelah kabel untuk lampu rem ditemukan, putus kabel tersebut dengan gunting, lalu hubungkan kabel yang diputus tadi dengan flasher melalui kaki flasher. Jika memakai soket flasher, tinggal menghubungkan 2 kabel soket dengan masing-masing ujung kabel yang diputus tadi.
  4. Kemduian, coba nyalakan rem setelah flasher terpasang, jika kabel salah, cari kembali dan pastikan kabel yang dihubungkan benar. Atau flasher terpasang terbalik, sobat bosa coba balikan menyambungkan kabel ke flasher.
  5. Lalu jika memakai flasher yang bisa diseting, silahkan sesuaikan kedipan sesuai keinginan.
  6. Selanjutnya, bungkus sambungan dengan lakban sampai rapi.
  7. Nah jika keberadaan flasher mengganggu, sobat bisa pindahkan ke lokasi yang diinginkan, misalnya di bawah jok, dengan cara menambah kabel lalu menyambungkannya dengan dua ujung kabel yang diputus tadi, juga hubungkan dengan flasher. 
Cari salah satu kabel untuk rem, (warnahitam adalah masa/ground)

hubung kael yang telah diputus ke kaki-kaki flasher


Perkiraan biaya
  1. Flasher Rp15.000
  2. Lakban (ukuran kecil) Rp1000
  3. Soket flasher Rp5000
  4. Kabel Rp3000/meter
Total Rp24.000,- (sekedar perkiraan, semua tergantung dari jenis yang anda gunakan).
itulah cara membuat kedipan di lampu rem, jika ada kesalahan dan pertanyaan, silahkan berkomentar. Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Bikin lampu Rem Motor Berkedip? Mudah Dan Murah, Begini Caranya"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel