Honda ADV 150, Skutik Petualang Keren! Spesifikasi, harga, dan varian warna 2019

 Akhirnya, honda merilis salah satu skutik baru bergenre petualang bermesin ringan, honda ADV 150. Motor matic tersebut dilaunching pada hari pertama pameran otomotif GIIAS 2019, tepatnya tanggal 18 juli kemarin.
 Kehadirannya praktis mengisi segmen skutik penjelajah garapan produsen sayap mengepak yang kini hanya diisi sang rival, yamaha X-ride, sekaligus menjadi perbincangan hangat. Sebab selain segmen skutik adalah segmen terpopuler di indonesia saat ini, honda ADV 150 juga dibekali desain khas motor penjelajah yang mirip dengan saudaranya, skutik moge honda X-ADV, fitur moderen yang canggih, serta desain yang agresif.
 Honda ADV 150 juga diklaim memiliki tampilan yang futuristik dan manly, yang sangat cocok untuk pengendara aktif dalam menikmati perjalanan pada semua kontur jalan di indonesia.

Lantas apa saja yang dibawa honda ADV 150?

Tampilan dan desain
 Secara keseluruhan, honda ADV 150 dibekali garis desain tajam nan agresif dengan banyak lekukan. Bodinya pun besar maka praktis motor ini masuk pada jenis maxi skuter yang kini sangat populer. Dimana motor degnan desain maxi yang besar memberi kesan mewah yang mampu menarik minat para peccinta motor premium yang berkelas.
 Dari tampilan depan, nampaknya honda ADV 150 memiliki kemiripan dengan kakaknya honda X-ADV, meskipun garis headlamp agak sedikit berbeda, karena terlihat lebih panjang ke atas. Di desain sebagai motor petualang membuatnya memiliki setang telanjang, alias menggunakan stang model trepered handle bar, lalu dibagian tengah tersemat panel informasi bertipe digital yang tak terlalu besar.
 Menuju ke bagian tengah, dek pijakan nampaknya dibuat mirip dengan saudaranya honda PCX, yakni terdapat tulang pemisah pijakan, biasanya disana adalah letak tangki bahan bakar, dimana honda ADV 150 ini memiliki kapasitas tangki bahan bakar hingga 8 liter.
 Lanjut ke bagian buritan, nampak masih memiliki garis desain agresif dengan permukaan yang menonjol di tengah body, namun terlihat kompak dengan jok lebarnya, yang semakin mewah dengan jahitan. Dibalik jok, terdapat bagasi yang luas, yang memiliki kapasitas hingga 28 liter, artinya lebih dari sekedar dapat menampung sebuah helm full face.
 Secara keseluruhan, honda ADV 150 memang sebuah maxi skuter dengan desain yang kekar berotot, juga mewah, guna mempertegas jati dirinya sebagai sebuah skutik penjelajah jalanan.

Dimensi, Kaki-kaki dan rangka
 Honda ADV 150 memiliki body yang besar dan gambot. Motor ini memiliki panjang 1.950mm, lebar 763mm, serta tinggi 1.153mm, dengan jarak sumbu roda mencapai 1.324mm. Sebagai motor berjenis adventure, honda ADV 150 juga memiliki jarak terendah ke tanah yang cukup jauh, mencapai 165mm. Bobot motor ini ternyata berbeda, sesuai dengan variannya. Untuk tipe CBS, bobotnya mencapai 132kg, sementara untuk tipe CBS ISS mencapai 133kg.
 Untuk rangka dan kaki-kaki, tentunya motor berjenis petualang yang kokoh dengan body yang besar, membutuhkan tulang-tulang yang kuat. Untuk itu, Honda membenamkan jenis rangka double cradle. Sayangnya nih, di bagian kaki-kaki, khususnya suspensi depan masih mengandalkan tipe teleskopik, bukan Up Side Down (USD), seperti yang digunakan X-ADV. Padahal jika USD, akan terlihat semakin mewah dan moderen. Sementara suspensi belakangnya memang cukup sporty dengan  suspensi ganda yang dibekali subtank alias tabung.
 Di bagian velg ternyata memiliki ukuran yang tidak sama antara diameter velg depan dan belakang. Untuk velg belakang, memiliki diameter 13 inchi, yang dibalut ban dual purpose (kotak-kotak) berukuran 130/70-13, alias ban tapak lebar nih mas bro! Ban juga sudah tubeless. Sementara ukuran velg depan memiliki diameter 14 inchi, yang dibungkus ban dual purpose berukuran 120/80-14.
 Untuk pengeremannya, dibekali rem model cakram  di kedua rodanya. Rem belakang dibekali dual piston, sedangkan depan tunggal. Nah untuk rem juga sudah dibekali teknologi CBS dan ABS (Sesuai varian).

Dimensi
·         Panjang X Lebar X Tinggi = 1.950 x 763 x 1.153 mm
·         Tinggi Tempat Duduk = 795 mm
·         Jarak Sumbu Roda = 1.324 mm
·         Jarak Terendah Ke Tanah = 165 mm

·         Curb Weight = 132 kg ( Tipe CBS ), 133 kg ( Tipe CBS – ISS )

Rangka dan kaki-kaki
·         Tipe Rangka = Double Cradle
·         Tipe Suspensi Depan = Telescopic
·         Tipe Suspensi Belakang = Twin Subtank Rear Suspension
·         Ukuran Ban Depan = 110/80 – 14 M/C Tubeless
·         Ukuran Ban Belakang = 130/70 – 13 M/C Tubeless
·         Rem Depan = Hydraulic Disc
·         Rem Belakang = Hydraulic Disc

·         Sistem Pengereman = Triple Pot Hydraulic, CBS ( untuk tipe CBS ), Anti – Lock Braking System (untuk tipe ABS)

Mesin
 Di bagian mesin, honda ADV 150 konon dibekali milik honda PCX 150, namun dengan output yang berbeda. Mesinnya memiliki kapasitas 149,3cc, SOHC, berpendingin cairan, yang juga telah terintegrasi dengan teknologi eSP serta Idling Stop System (ISS). Dapur pacu tersebut mampu memuntahkan tenaga puncak 10,7 kw pada 8.500 rpm, serta memiliki torsi lebih besar dari PCX, yakni 13,8nm pada 6.500rpm, yang disalurkan pada transmisi otomatis berjenis CVT.
Pengabutan bahan bakar mengandalkan jenis Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Konfigurasi tersebut juga diklaim bahwa honda ADV 150 menjadi sangat irit bahan bakar, dimana melalui pengujian internalnya, 1 liter bensin dapat menempuh jarak hingga 46,6km dengan pengaktifan ISS.
Sementara itu, untuk pelumasan dibutuhkan 0,8 liter pelumas/oli dengan metode penggantian berkala alias periodik.

Mesin
·         Tipe Mesin = 4 – Langkah, SOHC, eSP, Idling Stop System
·         Sistem Suplai Bahan Bakar = PGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
·         Diameter X Langkah = 57,3 x 57,9 mm
·         Tipe Tranmisi = Otomatis, V-Matic
·         Rasio Kompresi = 10,6 : 1
·         Daya Maksimum = 10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm
·         Torsi Maksimum = 13,8 Nm ( 1,34 kgf.m ) / 6.500 rpm
·         Tipe Starter = Elektrik

·         Tipe Kopling = Automatic Centrifugal Clutch Dry Type

Fitur
 Dari segi fitur, tentunya honda ADV 150 memiliki beragam fitur moderen apalagi statusnya sebagai skutik premium. Mulai dari pencahayaan, yang meliputi headlamp dan stoplamp, juga sein yang telah dibekali model LED. 
 Panel informasi yang tersemat di bagian stang, juga sudah menggunakan jenis digital dengan berbagai informasi lengkap bahkan baru, seperti speedometer, trip meter, jam dan tanggal, indikator bensin, sampai kondisi battery. Menariknya, didekat dasbor tepatnya diatas headlamp memiliki windscreen atau kaca, yang bisa diatur ketinggiannya (adjustable windscreen), yakni pada 2 tingkatan.
 Honda ADV 150 juga dibekali model kunci terkini, yakni keyless atau smart key, dimana untuk menghidupkan mesin, tidak memerlukan anak kunci, tetapi cukup dengan menekan remot. Tentunya sudah terintegrasi dengan answer back system untuk memudahkan mencari posisi motor ketika diparkiran.
 Fitur lain yang tak kalah moderen, adalah power charger. Terletak pada konsol box depan, pengguna bisa memasukan charger untuk mengisi daya smartphone, sehingga sangat menunjang untuk kebutuhan berkendara jarak jauh yang membutuhkan daya battery untuk selalu terisi penuh.

Varian warna
 Honda ADV 150 tersedia dalam 2 varian, yakni Varian CBS dan varian ABS, yang tentunya kedua varian tersebut memiliki harga yang berbeda. Untuk varian CBS terdapat 4 pilihan warna, sementara untuk varian ABS memiliki 2 pilihan warna.
 Berikut keenam pilihan warna, yang terbagi pada varian CBS serta varian ABS.
CBS TYPE
Tough Silver

Tough Matte Black

Tough Matte Brown
Tough Red

ABS TYPE
Advance white

Advance Red

Harga
 Selisih harga honda ADV 150 antara varian CBS dan ABS adalah sekitar 3 jutaan rupiah, dimana untuk varian CBS dibanderol pada angka Rp33,5 juta, sedangkan varian ABS Rp36,5juta, on the road (OTR Jakarta-harga dapat berubah kapanpun).

  1. Honda ADV 150 CBS-Rp 33.500.000,-
  2. Honda ADV 150 ABS-Rp 36.500.000,-

Sekian informasinya, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Honda ADV 150, Skutik Petualang Keren! Spesifikasi, harga, dan varian warna 2019"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel