Selain Variasi, Apa Sih Fungsi Hanguard Yang Sebenarnya? - Ate Breaker

Selain Variasi, Apa Sih Fungsi Hanguard Yang Sebenarnya?

 Mas bro, selain sebagai alat transportasi, sepeda motor juga kerap dimodifikasi. Salah satu komponen yang berguna untuk menambah apik tampilan sepeda motor yang cocok dipasang diberbagai model seperti skutik sampai motor sport adalah pemasangan hanguard.

 Hanguard, atau proguard, atau nama aslinya lever brake guard, adalah komponen yang terletak di bagian kedua ujung stang. Komponen ini dipasang dengan menanggalkan jalu stang lebih dulu. Handguard umumnya berbentuk huruf L dimana bagian dudukan memanjang kearah depan, kemudian melengkung ke arah dalam atau melingkari lever.
 Hanguard kerapkali tersedia dengan model variasi yang terbuat dari bahan chrome atau plastik, dan umumnya dibekali warna menarik yang bervariasi, dan banyak disediakan oleh produsen sparepart aftermarket.
 Nah pertanyaaannya, apa komponen tersebut hanya berguna sebagai variasi atau untuk keperluan custom atau modifikasi saja?

 Ternyata tidak nih sob, hanguard memiliki fungsi tersendiri. Komponen yang juga dinamai proguard, atau lever brake guard ini memang memiliki fungsi sebagai pelindung, tetapi juga ternyata awal mula penggunaannya bukan untuk melindungi tangan saja.
 Pada tahun 2012 silam, Federasi balap internasional atau FIM mewajibkan penggunaan handguard di arena balap moto GP. Tujuan pemasanganya ternyata untuk melindungi tuas rem atau lever kala terjadi benturan antar pebalap. Benturan konon bisa berpotensi menekan tuas rem tanpa sengaja dan tentu saja akan merugikan pebalap karena dengan tertekannya tuas rem bisa membuat motor terjatuh.
 Nah seiring waktu, sepeda motor harianpun kini banyak yang dipasangi han dguard, selain untuk keperluan modifikasi, komponen handguard yang berkualitas terutama dari bahan besi juga bisa difungsikan sebagaimana mestinya, termasuk melindungi jari/tangan, lever atau tuas rem, hingga mencegah hal yang tidak diinginkan kala berbenturan dengan pengendara lain, yakni tertekannya tuas rem tersebut. Termasuk pada motor jenis trail, komponen ini sangat berguna untuk menahan ranting dan sebagainya.

 Baca juga: Mengenal V-Belt Motor Matic

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Selain Variasi, Apa Sih Fungsi Hanguard Yang Sebenarnya?"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel