6 Cara Mudah Merontokan Cat Motor - Ate Breaker

6 Cara Mudah Merontokan Cat Motor

 Sebagian besar komponen sepeda motor dilapisi cat dengan beragam variasi warna. Tentunya komponen yang yang berfungsi menambah apik tampilan sepeda motor ini semakin lama akan semakin rusak, baik memudar atau bahkan melepuh. Maka mengecat ulang biasanya menjadi salah satu solusi untuk mengembalikan kondisi cat yang melekat pada motor agar kembali ke kondisi semula.

 Di era sekarang ini, mengecat sepeda motor bukanlah perkara sulit meski dilakukan sendiri, karena maraknya cat instan yang ditawarkan, sebut saja seperti cat semprot atau semacam pilok, dan sebagainya. Karena kemudahan tersebut maka tak jarang, ada beberapa komponen pada sepeda motor yang ingin diubah warnanya sesuai keinginan dengan maksud sebagai menambah varian warna atau modifikasi warna. Hanya saja, untuk mengecat beberapa komponen sepeda motor dengan warna tertentu, perlu untuk membuang terlebih dahulu cat awal atau bawaan tersebut, sebab untuk warna tertentu biasanya dapat memeberi efek warna campuran yang justru malah berbeda dengan warna yang diharapkan (karena ada campuran warna dasar dan cat baru). Selain itu, membuang cat awal dan mengganti dengan cat baru akan membuat cat lebih menempel dengan baik, ketimbang menimpanya. Maka tidak ada cara lebih baik selain membuang cat bawaan terlebih dahulu.
 Sialnya, untuk beberapa cat pada bagian tertentu, misalnya pada velg, atau cover body sepeda motor, biasanya cat menempel dengan sangat bagus, sehingga mempersulit kita untuk membuangnya. Nah pada postingan kali ini, ATB akan coba membagi tips untuk membuang cat pada bagian sepeda motor agar pekerjaan jadi lebih mudah, sebagai berikut.

1. Menggunakan cairan perontok cat
 Cara paling mudah, tentu saja menggunakan cairan perontok cat, seperti paint remover dan sebagainya. Caranya kita hanya perlu menyemprot/atau menuangnya ke bagian permukaan cat yang akan dibuang, lalu membiarkannya beberapa saat, kemudian membuangnya bisa dengan amplas dan sebagainya. Mengenai harganya berada dikisaran mulai 20 ribuan. Hanya saja cairan perontok cat ini belum tentu mudah di dapat di beberapa lokasi tertentu.

2. Menggunakan Thinner
 Thinner sebenarnya adalah cairan yang memang berguna untuk mengencerkan cat. Jadi dengan cairan ini, anda dapat dengan mudah merontokan cat tertentu termasuk cat yang sulit dilepas pada beberapa komponen sepeda motor seperti yang disebutkan diatas. Hanya saja yang perlu diperhatikan, sebaiknya menggunakan thinner khusus untuk cat besi atau cat yang biasa digunakan untuk sepeda motor atau mobil (bukan thinner cat kayu). Harganya beragam, mulai dari kisaran 25 ribuan.
 Caranya, olesi bagian cat yang akan dibuang, lalu gosok menggunakan lap dengan sedikit ditekan. Lakukan berulang sampai cat luntur atau melepuh.

3. Menggunakan amplas tipis ukuran 2500-3000
 Mengamplas berarti membuang lapisan-lapisan cat dengan cara digosok. Hanya saja cara ini membutuhkan waktu yang relatif lama, karena lapisan cat yang terbuang dalam jumlah yang sangat sedikit dan berurutan perlapisannya. Kita bisa mempercepat membuang cat dengan amplas yang lebih kasar permukaannya, tetapi permukaan yang akan dicat nantinya akan rusak atau tidak rata, dan jika dibiarkan (tidak memperhalusnya) dapat membuat hasil cat jadi tidak rapi. Tetapi setidaknya, metode ini tidak memerlukan banyak biaya karena amplas sendiri harganya hanya dikisaran 5000an per lembar.

4. Menggunakan silet
 Sama dengan amplas, silet dapat digunakan untuk membuang cat, dengan cara mengeruk cat dengan paksa pada permukaan yang dilapisi cat tersebut. Cara ini lebih cepat dibanding menggunkan amplas, tetapi pekerjaan lanjutan jadi bertambah. Mengeruk cat dengan silet memungkinkan permukaan yang akan dicat nantinya jadi tidak rata, sehingga perlu mengamplasnya ulang.

5. Menggunakan minyak rem
 Siapa sangka jika minyak rem motor atau mobil memang ampuh melunturkan cat. Hanya saja cara ini terbilang sedikit membutuhkan waktu, tidak seperti menggunakan paint remover atau thinner. Tetapi dari segi harga tentunya lebih bervariasi, karena satu botol minyak rem (untuk motor) harganya dikisaran 5000an. Mengenai caranya, sama dengan menggunakan thinner.

6. Menggunakan bensin
 Bensin juga sedikir banyak dapat digunakan untuk melunturkan cat, namun dalam jumlah yang sedikit dan relatif lama. Selain itu, untuk banyak komponen seperti body motor, sampai velg dengan daya lekat cat yang sangat baik, susah untuk dilunturkan menggunakan bensin. Cat yang cukup mudah, adalah cat dengan kualitas rendah seperti cat semprot serta cat yang melekat pada bagian blok mesin (bukan cover/velg).

 Nah itulah beberapa cara membuang cat pada sepeda motor. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Jok Motor Licin? Begini Cara Atasinya

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "6 Cara Mudah Merontokan Cat Motor"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel