6 Penyebab Lampu Motor Redup, (Kurang Terang), Dan Tips Mengatasinya - Ate Breaker

6 Penyebab Lampu Motor Redup, (Kurang Terang), Dan Tips Mengatasinya

 Sobat, lampu utama pada sepeda motor, atau biasa disebut headlamp, merupakan salah satu komponen penting untuk berkendara, terutama di malam hari. Selain itu, lampu motor wajib menyala di siang hari, yang juga berguna sebagai sinyal bagi pengendara lain, dengan tujuan untuk mengurangi resiko kecelakaan berkendara.
 Disamping harus menyala, salah satu masalah yang kerap ditemui pada lampu sepeda motor dengan usia cukup lama, adalah cahaya yang kurang terang, atau ada penurunan intensitas cahaya yang dihasilkan lampu tersebut dibanding sebelumnya. Nah kira-kira apa saja penyebab redupnya lampu pada motor, dan bagaimana solusinya? Berikut ATB rangkum dalam beberaoa penyebab lampu motor kurang terang alias redup, serta tips mengatasinya tersebut.

1.Kaca lampu buram
 Kaca lampu atau disebut juga mika lampu, berguna untuk melindungi bohlam serta bagian dalam lampu dari berbagai kotoran dan air. Komponen terluar dari perangkat lampu ini juga berfungsi untuk menyempurnakan pencahayaan lampu sehingga hasilnya lebih terang dengan cahaya yang terfokus.  Seiring waktu, kaca atau mika lampu tersebut akan mendapat kotoran berupa debu, air dan sebagainya, yang membuatnya kotor,serta menghalangi cahaya lampu dan membuatnya redup. Biasanya, warna pada kaca lampu pun berubah dari sebelumnya putih menjadi agak menguning. Selain kotoran, kadangkala air yang mengembun juga terpeerangkap pada bagian dalam mika, dan kerap kali menghalangi cahaya lampu mototr tersebut.
 Nah jika kaca lampu mendapati dua masalah diatas, sobat bisa atasi dengan membersihkan mika/kaca lampu tersebut, atau dengan menggantinya dengan yang baru.

2.Refelektor /mika lampu dalam meleleh/rusak
 Reflektor atau dudukan atau komponen yang berupa kaca pemantul cahaya ini terletak diantara mika lampu dan dudukan lampu atau bohlam. Lapisan reflektor ini menyatu dengan dudukan lampu dan memiliki permukaan seperti kristal. Nah reflektor kerap kali rusak, yang terlihat dari permukaannya yang meleleh, atau kadang-kadang berjamur. Hal itu tentu bisa membuat cahaya lampu tidak maksimal.
 Penyebabnya, bisa dikarenakan suhu lampu atau bohlam yang terlalu panas dan berlangsung cukup lama. 
Nah, untuk mengatasinya, jika hanya terdapat kotoran pada reflektor, maka kita bisa membersihkan reflektornya saja dengan cara membuka mika lampu lebih dulu, atau mengganti reflektor tersebut.

3.Soket lampu (fitting) dan kabel lampu rusak
 Soket lampu atau fitting lampu juga bisa menjadi penyebab cahaya lampu buram. Seringkali admin temukan fitting lampu yang penuh dengan karat. Terutama bagi lampu dengan kabel dua pin, maka fitting lampunya juga berfungsi sebagai massa atau ground. Sehingga ketika karat pada fitting lampu sudah terlalu banyak, akan menghambat arus massa tersebut, yang dapat membuat cahaya lampu redup bahkan mati. Maka pastikan fitting lampu berkarat tersebut juga diganti atau dibersihkan karatnya.
 Selain fitting, kabel lampu juga memiliki fungsi yang sama, tentunya sebagai penghantar arus listrik. Kabel yang meleleh juga bisa membuat cahaya kurang optimal. Pastikan dan cek juga kabel lampu dalam keadaan baik, dari mulai fitting, saklar, sampai kiprok.
4. Rusaknya kiprok/retrifier regulator
 Untuk bebrapa motor lawas, lampu memang disuplai langsung dari spul, dan regulator. Tetapi untuk banyak motor baru, mulai menyuplai lampu dengan arus utama dari aki. Nah terutama untuk motor baru, jika aki mulai melemah maka otomatis cahaya lampu akan melemah pula. Maka pastikan aki motor dalam keadaan baik.
 Sementara untuk motor lawas dengan pencahayaan masih disuplai langsung dari spul, sebaiknya memastikan arus tetap stabil, terutama arus yang keluar dari kiprok. Untuk mengetahunya perlu mengukur arus keluar dari kiprok sesuai spesifikasi yang harusnya diterima lampu depan motor tersebut. Dan spesifikasi lampu berbeda-beda, tergantung jenis motornya yang dapat dilihat dari spesifikasi lampu yang digunakan ketika memakai lampu standar pabrikan. Alat untuk mengukurnya bisa memakai avometer.

5.Modifikasi dan kesalahan kabel lampu
 Sobat, seiring pemakaian, beberapa komponen motor pun akan mengalami kerusakan, tidak terkecuali pada bagian lampu ini. Selain lampu juga, komponen seperti fitting lampu, soket, kabel, dan lainnya juga mungkin pernah dibongkar dan diganti sebelumnya. Atau berbagai komponen tersebut sempat dibongkar untuk kebutuhan modifikasi pada lampu.
 Admin pernah temuin nih, ternyata penyebab lampu redup pada salah satu kasus disebabkan karena kesalahan kabel, dimana untuk bagian massa atau ground, dipakai untuk arus lampu. Efeknya membuat filamen lampu nyala semua, bukan malah lebih terang, tetapi sebaliknya malah redup. Maka tidak ada salahnya nih, cek juga filamen lampunya, jika menyala semua dan kabel sempat  dimodifikasi, sebaiknya instalasi ulang kabel lampu tersebut.

6.Mengganti spesifikasi lampu
 Setiap lampu dari setiap jenis motor memiliki spesifikasi yang terkadang berbeda-beda. Spesifikasi yang dimaksud adalah kekuatan watt-annya. Misalnya 25 watt, 35, dan sebagainya. Kadangkala untuk jenis motor tertentu yang memakai spesifikasi lampu yang berada diatas spesifikasi standarnya, bisa sebabkan lampu redup.
 Maka jika setelah mengganti spesifikasi lampu kemudian lampu terasa lebih redup, sebaiknya pakai spesifikasi bawaan pabrik saja.

Tips mengatasi lampu motor buram
 Nah sobat, jika masalah diatas sudah diatasi, maka sobat tidak perlu mengikuti tips ini. Namun berhubung untuk mengganti komponen seperti reflektor cukup mahal, maka tidak ada salahnya sobat coba cara berikut untuk setidaknya membuat cahaya lampu menjadi lebih terang.
  1. Ganti lampu (jika masih model halogen) menggunakan lampu yang lebih terang, misalnya lampu berjenis halogen yang mengeluarkan cahaya putih.
  2. Mengupgrade lampu motor dengan model lampu hid atau LED, namun untuk melakukannya membutuhkan biaya tambahan yang lebih besar.
  3. Jika lampu motor sobat masih menggunakan sistem lampu AC, yang dicirikan dengan perlu menghidupkan mesin sebelum menyalakan lampu, sobat bisa coba mengubahnya menjadi full DC, yang tenaganya bersumber dari aki. Caranya bisa baca disini.
Itu saja informasinya semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "6 Penyebab Lampu Motor Redup, (Kurang Terang), Dan Tips Mengatasinya"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel