4 Motor Listrik Keren 2019 Terbaru, Mana Yang Terbaik? - Ate Breaker

4 Motor Listrik Keren 2019 Terbaru, Mana Yang Terbaik?

gesits
 Seiring perkembangan teknologi, sepeda motor pun kini mulai mengarah pada penggunaan energy listrik, dengan banyak produsen yang menghadirkan motor listrik, atau motor bertenaga penggerak motor listrik. Kemungkinan Teknologi ini cepat atau lambat akan meninggalkan sepeda motor yang menggunakan bahan bakar minyak. Hanya saja, motor listrik masih mengalami beberapa kendala, misalnya soal jarak tempuh terbatas, lama mengecas, sampai limbah battery.
 Tetapi, kini berbagai produsen sepeda motor mulai berlomba untuk membuat motor bertenaga listrik tersebut, seperti produsen asal jepang, honda di tahun 2019 ini. Namun yang lebih menarik, produsen lokal turut berkecimbung pada sepeda motor tanpa bahan bakar minyak ini. Bahkan satu diantaranya telah berhasil mengaspalkan skuter listrik, yakni viar dengan produknya Q1.
 Setidaknya, ada 4 motor listrik terbaru saat ini, baik yang sudah mengaspal atau telah mencapai desain final sepeda motor di Indonesia. Menariknya lagi beberapa diantaranya resmi merupakan garapan perusahaan-perusahaan indonesia, dengan kandungan lokal komponennya sangat besar.
 Berikut keempatnya.

1. Gesits
 Gesits merupakan kepanjangan dari garansindo electric skuter ITS, yang merupakan skuter metik listrik hasil pengembangan perusahaan garansindo dan Institiut sepuluh november. Belakangan, konon ITB juga turut terlibat dalam pengembangannya, hingga gesits berhasil mencapai desain final pada 2018 kemarin, dan tahun ini masuk dapur produksi.
 Gesits merupakan motor listrik garapan perusahaan lokal yakni PT GTI dan WIKA, namun juga melibatkan banyak perusahaan lokal lainnya untuk mendukung pemenuhan komponen yang dibutuhkan, semisal PT LEN dan PINDAD. Konon, lebih dari 90% komponen gesits telah dibuat secara lokal, atau dibuat perusahaan-perusahaan lokal.
 Desain gesits juga nampak menarik dan modern. Mulai dari bentuk body yang nampak agresif dan sporty, sampai beragam penggunaan fitur unik, contohnya menggunakan panel informasi berupa smartphone.
 Dari segi spesifikasi, gesits memiliki power mencapai 5Kw, dan torsi hingga 15 NM, atau menyerupai spesifikasi rata-rata motor berbahan bakar minyak berkubikasi 125cc. Battery lithium ion menjadi sumber energy utamanya, dan dapat menempuh jarak mencapai 75-100km per pengisian. Menariknya, battery gesits konon tidak perlu di cas, melainkan menggunakan sistem swap battery yang tinggal menukar saat habis, tenunya digerai penukaran battery nantinya. Sementara itu, jika perlu mengecas sendiri pun bisa dilakukan dirumah, dengan lama mengecas antara 1,5-3jam. Kecepatan tertinggi gesits, diklaim bisa mencapai lebih dari 100km/jam.
 Nah untuk Gesits, konon sudah mulai diproduksi januari 2019 ini, dengan target produksi mencapai 50.000 unit pertahun. Yang membanggakan, konon pemesan gesits sudah mencapai angka 30.000an unit hingga akhir 2018 kemarin.
Mengenai harganya, konon gesits akan dipasarakan pada kisaran Rp20-23jutaan. Tertarik?
Baca juga: Resmi, Gesits Siap Mengaspal Dengan Legal
viar q1

2.Viar Q1
 Untuk motor listrik yang satu ini, sebenarnya sudah mengaspal sejak 2016 silam, dan produk motor listrik pertama yang telah dilengkapi STNK. Menariknya, Viar merupakan produsen lokal, yang berlokasi di semarang jawa tengah.
 Viar Q1 ini bisa dibilang sepeda motor pelopor di Indonesia, sebagai motor listrik. Meski tidak sebanyak motor berbahan bakar minyak, tetapi setidaknya viar q1 merupakan satu-satunya motor listrik (yang akan ATB bahas), yang telah terbukti dan teruji penggunaannya sejak 2016 sampai sekarang.
 Mengenai spesifikasi viar q1, motor ini menggunakan battery li-ion yang produksi bosch, berkekuatan 800watt dengan jarak tempuh mencapai 70Km per pengisian. Untuk terisi penuh, lama mengecas battery bisa mencapai 4-7jam. Motor ini dapat dipacu hingga kecepatan 60km/jam.
 Untuk harganya, viar Q1 saat ini dijual diangka sekitar Rp17,1jutaan.
Baca juga: Sudah Tau Belum? Viar Q1 Skuter Listrik Yang Sudah Mengaspal, Cek Spesifikasinya
lincah

3. Lincah
 Lincah baru diperkenalkan beberapa hari kemarin, yang merupakan produk garapan perusahaan lokal yakni PT.fresindo utama. Motor listrik ini digadang-gadang sebagai penantang kuat Gesits kelak.
 Pasalnya, lincah memiliki desain menarik dengan dimensi mirip-mirip dengan gesits, juga memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Diantaranya, seperti memiliki jarak tempuh mencapai 120km, berkat 2 bank battery li-ion yang terpasang, karena masing-masing battery diklaim mampu mencapai jarak sampai 60km. Selain itu, motor ini bisa re-gen alias memanfaaatkan deselarisasi motor untuk mengisi battery tersebut. Mirip motor hybrid honda, yakni honda pcx hybrid. Jadi ketika putaran mesin menurun, listrik akan mengisi battery secara otomatis. Sementara untuk mengisi battery-nya dengan mengecas, dibutuhkan waktu 3-4jam.
 Untuk kecepatan puncaknya, masih kalah jauh dari gesits nih, karena hanya dapat dipacu hingga kecepatan 70km/jam. Sementara harganya, lincah diperkirakan akan dijual diangka Rp18 jutaan.
Baca juga: Kenalin Nih, "Lincah" Si Penantang Gesits!
PCX electric

4.PCX Electric
 Selain keempat produsen lokal diatas, produsen sepeda motor terbesar di Indonesia asal jepang yakni Honda, juga tidak mau ketinggalan untuk meramaikan motor listrik di tahun 2019 ini. Beberapa hari lalu, AHM sebagai APM honda di indonesia resmi memperkenalkan PCX Electric.
 Motor yang berdesain serupa dengan honda PCX 150 ini merupakan motor listrik yang akan mengaspal di Indonesia yang dipilih honda. Tetapi khusus motor listrik ini tidak akan dijual untuk umum. Melainkan hanya akan disewakan ke perusahaan-perusahaan saja, sebagai awal dari pengujian motor tersebut, sebelum akhirnya telah siap untuk dijual ke konsumennya di Indonesia.
 PCX electric dibekali battery li-ion dengan jarak tempuh mencapai 69km. Model battery yang digunakan adalah swap battery, juga bisa dicas dengan lama mengecas mencapai 3jam.
 PCX electric memiliki power 4,2kw dengan torsi mencapai 18Nm.
Baca juga: Resmi Honda PCX Eelecrtic Diperkenalkan

Nah sobat itulah 4 motor listrik terbaru di Indonesia tahun 2019. Semoga bermanfaat.


(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "4 Motor Listrik Keren 2019 Terbaru, Mana Yang Terbaik?"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel