Trik Atasi Motor Yamaha Susah Hidup, Gerinda Magnet - Ate Breaker

Trik Atasi Motor Yamaha Susah Hidup, Gerinda Magnet

 Asalamualaikum mas bro, dan sobat semuanya, yang masih haus informasi mengenai tips dan trik sepeda motor. Sebagai seseorang yang kesehariannya mengutak-atik sepeda motor, maka tidak heran jika kebayakan postingan dari blog ini adalah mengenai tips dan trik, meski ilmunya masih terbilang cetek,,hhe. Selain itu, mimin juga mengundang sobat semua nih, jika tulisan mimin banyak kekurangan apalagi jika ada kesalahan, mohon untuk dikoreksi, begitupun juga sobat punya tips dan trik handal seputar dunia otomotif sepeda motor, baik di mesin atau apapun, mari kita bagikan sama-sama di blog ini agar bermanfaat bagi semua.
magnet

 Nah sobat, pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai motor yang susah hidup terutama saat kondisi motor dingin, dan kebanyakan menjangkiti sepeda motor yamaha nih, yang sering mimin temuin, seperti jupiter mx, yamaha mio, vega zr dan sebagainya.
 Pada postingan sebelumnya, saya juga sempat menulis mengenai tips mengatasi sepeda motor yang susah hidup saat dingin, selengkapnya, sobat bisa baca disini.
 Untuk postingan kali ini sebenarnya kelanjutan dari postingan diatas, yakni trik ampuh mengatasi motor yamaha yang susah hidup tersebut, namun dengan catatan, cara-cara yang ada dipostingan atas, sobat sudah lakukan semua, dan tak membuahkan hasil. Barulah sobat bisa lakukan trik yang saya akan bagi dibawah ini.
 Sebelumnya, mengenai motor yang susah hidup di pagi hari, atau dalam keadaan motor dingin dan lama disimpan, bisa disebabkan 3 hal utama. Ketiganya adalah, banjir di bagian ruang bakar yang disebabkan klep, gangguan pada pengapian yang cenderung lemah salah satu atau beberapa komponen, hingga kompresi lemah. Namun yang paling sering adalah soal banjir yang disebabkan klep bocor dan menyebabkan banjir di ruang bakar. Untuk mengatasi klep bocor, sobat bisa lakukan skir klep.
 Namun jika ruang bakar banjir, sementara klep tidak bocor, penyebabnya karena motor diengkol terus-menerus dan tidak kunjung hidup, sehingga bensin memenuhi ruang bakar. Maka bisa dipastikan penyebabnya antara pengapian dan kompresi. Tetapi untuk kompresi seharusnya berhubungan dengan klep bocor tadi, jikapun karena ring seher seharusnya sekalian di cek saat bongkar klep, artinya bisa segera dicek dan diketahui. Dan jika kondisinya bagus, artinya masalah yang tersisa ada di pengapian, yang meliputi busi, koil, CDI, kiprok/regulator, sampai spul dan pulser.
 Alangkah lebih baik sih kalau sobat mengecek komponen pengapian satu persatu, namun karena harga komponen yang cukup besar, serta beragamnya model komponen, alangkah lebih baik jika sobat mencoba trik yang satu ini karena lebih mudah dan tanpa biaya (jika dilakukan sendiri) untuk mengakalinya.
 Adalah dengan merubah sedikit bagian magnet sepeda motor yamaha anda, tepatnya dibagian tonjolan dipermukaan luar magnet yang berguna untuk memberi sinyal pada pulser.
 Caranya, potong dan ratakan sedikit benjolan pada magnet dengan gerinda, dengan ukuran panjang 0,5-2mm jangan lebih. Bagian yang dipotong atau dibuang adalah bagian tonjolan magnet sebelah kanan, atau ujung akhir saat magnet berputar.
area yang dipotong

 Setelah itu, sobat bisa cek motornya, ketika dingin dan seharusnya, masalah motor susah hidup tertatasi.
 Sebagai informasi, sejauh ini memotong bagian permukaan magnet untuk pulser tersebut tidak memberi efek pada motor, namun jika setelah dipotong memberi efek tertentu seperti brebet, atau terlalu banyak memotong pun, sobat bisa las kembali bagian yang telah dipotong tersebut untuk membuat kembali tonjolan pada magnet tersebut. Jadi jangan khawatir jika tidak berhasil.

 Itu saja informasinya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Trik Atasi Motor Yamaha Susah Hidup, Gerinda Magnet"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel