Tips Rombak Mesin Honda Spacy harian - Ate Breaker

Tips Rombak Mesin Honda Spacy harian

 Malam masbro semua, pada postingan kali ini, saya mau berbagi tips mengenai rombak mesin honda spacy harian. Mengapa honda spacy?
 Sebenarnya, sejak tahun 2016, sampai penghujung 2018 kemarin, mimin pribadi adalah pengguna honda spacy nih sobat. Spacy varian karburator lansiran tahun 2011, dan injeksi keluaran tahun 2014. Menurut saya, honda spacy merupakan skutik menarik, karena memiliki bagasi super luas, disamping itu, skutik ini dibekali honda beat, dan kelebihannya, spacy lebih enak dibawa perjalanan jauh berkat bodynya yang bongsor. Tetapi berkat kesamaan mesin yang hanya memiliki kubikasi 110cc, serta body yang lebih besar tersebut, membuat performa motor ini sedikit susah diajak ngebut nih masbro. Makannya sempat saya rombak khusus untuk varian karburatornya dulu.
 Tapi sebelumnya, alangkah lebih baik jika mimin singgung sedikit, apa sih rombak mesin motor harian itu?
 Sederhananya, merombak mesin harian berarti mengubah beberapa bagian mesin atau menggantinya dengan part tertentu, dengan tujuan untuk meningkatkan performa, tapi tidak signifikan. Tidak signifikan disini maksudnya karena rombakan besar dapat mempengaruhi usia mesin yang lebih singkat, jadi rombak harian yang menaikan performa mesin tidak begitu signifikan, sedikit banyak dapat menekan resiko keausan mesin lebih cepat, dengan tetap bisa dikontrol dengan mudah. Artinya, rombak harian tidak berpengaruh pada sebagian besar usia komponen, keadaan motor, dan lainnya, sehingga motor tetap bisa digunakan dengan normal, tanpa resiko terjadi mogok atau masalah lainnya meskipun digunakan seperti dalam keadaan standar sehari-hari. Itu sih bahasa mimin, tapi sobat mungkin lebih tau dan lebih paham lagi definisinya,,, hhe
 Berikut tips untuk merombak mesin honda spacy harian.
Baca juga: Disuntik Mati, Bagaimana Dengan Sparepart Honda Spacy?
 Sebenarnya, karena mesin honda spacy sama dengan honda beat, maka tips ini hampir serupa dengan postingan mimin sebelumnya, mengenai rombak mesin honda beat harian, yang sobat cek di link ini.
 Yuk lanjut ke tips merombak mesin honda spacy harian, apa saja yang perlu dirombak?

Piston (seher)
 Yang paling menjanjikan naiknya tenaga skutik, adalah mengganti piston. Tujuan mengganti piston dengan kriteria tertentu bertujuan untuk mengubah kompresi agar lebih padat, sehingga dapat mendongkrak performa. Tidak perlu besar, tetapi padat ya sob kompresinya.
 Bagaimana caranya, dan kriteria piston seperti apa yang membuat kompresi padat?
 Untuk mendapatkannya, maka sebaiknya sobat ubah piston dengan permukaan cembung, alias piston jenong. Piston seperti ini, dapat mempersempit ruang bakar sehingga kompresi memadat dari sebelumnya.
 Nah untuk piston jenis ini biasanya dimiliki oleh part aftermarket atau racing. Khusus honda spacy yang memiliki kesamaan dengan honda beat, maka untuk mendapatkan piston jenong tidak perlu pusing. Beberapa produk aftermarket menyediakan piston yang khusus untuk motor ini. Biasanya memiliki diameter sekitar 53,4mm, atau naik dari ukuran piston standar sebanyak 3,4mm.
 Selain piston aftermarket khusus tersebut, sobat juga bisa menggunakan piston motor lain, dan tentunya yang paling penting usahakan membuat permukaan piston jadi jenong atau cembung. Adapaun caranya, bisa dengan menggunakan jasa bubut piston atau lakukan sendiri dengan peralatan seperti gerindra dan tunner.
 Yang perlu sobat perhatikan sebelum menggunakan piston motor lain, adalah usahakan diameter piston tidak melebihi batas toleransi dari diameter liner boring, maksimal liner harus memiliki ukuran 1,5-2mm. Selanjutnya agar tidak perlu ubahan pada komponen stang seher, sebaiknya menggunakan piston dengan pen piston yang sama dengan honda spacy tersebut. Beberapa piston dengan pen sama dengan honda spacy, diantaranya, piston jupiter z/vega R 2006, honda karisma/supra x 125, atau honda vario 125.
 Tentunya, mengganti piston yang melebihi oversize harus dilakukan dengan korter boring.
 Sebagai saran, jika menambahkan piston jenong, untuk menghindari kompresi yang terlalu padat yang akan berefek salah satunya pada engkol dan starter yang berat, sebaiknya menambahkan paking kertas (boring bagian belakang) minimal 2 lapis. Atau coak sedikit bagian head.

Ganti noken as (opsional)
 Sebelum mengganti noken as, ada baiknya kita bahas sedikit mengenai fungsinya. Jadi noken as sederhanya berfungsi untuk mengatur waktu bukaan katup/klep. Bukaan klep juga sangat mempengaruhi kompresi, maka tujuan dari penggantian noken as tidak lain untuk menambah kepadatan kompresi juga.
 Ada dua pilihan memaksimalkan kompresi dari noken as mengenai caranya, yakni membubut noken as yang sudah ada, atau menggantinya dengan part aftermarket, yang sering disebut noken as racing. Nah daripada bubut, sebaiknya menggunakan yang racing saja, untuk menghindari kesalahan saat bubut, atau noken as bawaan bisa disimpan jika suatu saat hendak digunakan lagi.
 Jika sobat memang sudah melakukan ganti piston, maka untuk kebutuhan mesin harian sebenarnya mengganti noken as juga tidak begitu diperlukan. Kecuali jika sobat ingin mendapatkan performa lebih.
Baca juga: Minim Skutik Baru, Mungkinkah Honda Spacy Dibangkitkan Lagi?

Komponen CVT (opsional)
 Sekali lagi, mengganti piston untuk mendapatkan performa tambahan mimin rasa sudah cukup jika mengharapkan performa untuk harian. Tetapi bagian komponen yang berada di belakang juga bisa anda ubah untuk mendapatkan lebih.
 Apa saja ubahan yang diperlukan dibelakang?
 Tergantung kebutuhan sebanrnya. Jika ingin mendapatkan topseed yang lebih baik, setidaknya bagian per CVT sobat bisa ubah menggunakan 2000/3000rpm. Sementara roler tetap menggunakan standar. Sedangkan jika ingin mendapat torsi yang lebih besar, atau akselerasi lebih mantap, atau bahasa lainnya enak pas putaran bawah (responsif), sobat bisa gunakan tipe roller yang lebih ringan. Misalnya 9 gram-6gram. Selain itu, bagian rumah roller juga coak sedikit bagian tempat rollernya. Disertai membubut kemiringan pada rumah roller. namun, untuk bubut dan coak harus disertai hitungan pas.
 Sekali lagi ini hanya pilihan opsional, karena untuk sekedar menambah performa, mengganti piston saja sudah cukup.

 Selain itu, ubahan-ubahan yang dilakukan diatas tidak mempengaruhi kondisi mesin secara signifikan.Artinya, motor tetap akan dirasa normal, termasuk bahan bakar yang tetap irit. Bedanya, seperti pada tujuan awal, yakni hanya dirasakan pada performa yang sedikit lebih meningkat. Sehingga motor akan tetap aman jika dibawa touring dan sebagainya.

Itu saja informasinya, semoga bermanfaat.

Baca juga: 5 Piston Yang Cocok Buat Honda Beat Untuk Naikan Performa

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Tips Rombak Mesin Honda Spacy harian"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel