Tanpa Ribet, Begini Cara Baru Matikan Lampu Depan Motor - Ate Breaker

Tanpa Ribet, Begini Cara Baru Matikan Lampu Depan Motor

 Berkat peraturan mengenai lampu depan motor yang harus terus menyala di jalan raya, membuat lampu ini tidak memiliki saklar on/off khususnya pada sepeda motor produksi 2010an keatas. Pihak produsen sepeda mtoor hanya membekali saklar lampu jauh dan dekat saja.
 Kondisi lampu depan yang terus menyala sebenarnya sedikit mengganggu beberapa komponen sepeda motor lain, terutama jika digunakan dalam perjalanan jauh dan cukup lama. Beberapa efek akibat lampu yang terus-menerus menyala diantaranya bagian reflektor yang rentan meleleh, sampai bohlam yang cepat mati. Maka tidak sedikit dari pengguna sepeda motor memilih untuk memasang saklar tambahan untuk mematikan lampu tersebut seperti yang terdapat pada motor-motor zaman dulu.
Baca juga: Tanpa Pasang Saklar, Cara Agar Lampu Depan Motor Bisa Dimatikan
 Dengan memasang saklar on/off dan mematikan lampu, maka masalah yang kerap menjangkiti lampu motor tersebut bisa sedikit dicegah atau diminimalisir. Yakni, lampu bisa dimatikan ketika memang tidak diperlukan. Seperti contohnya, lampu bisa saja dimatikan ketika pengguna hendak memanaskan motor, atau berkendara dijalanan kecil atau gang di siang hari. Sebab sejatinya keberadaan lampu yang terus menyala di jalan raya ini difungsikan untuk memberi sinyal bagi pengendara lain. Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan yang konon juga bisa disebabkan kendaraan tersebut tidak terlihat pengendara lainnya. Jadi penggunaan lampu terutama jika berkendara di jalan raya itu dapat mempermudah untuk diketahui pengendara lain, terutama dalam kondisi tertentu seperti jalanan berkabut, dan sebagainya.
 Nah sobat, yuk kita masuk pada pokok bahasan yang sepertinya akan lebih singkat dari muqodimmah diatas.wkK.
 Jadi untuk memasang saklar lampu sendiri secara manual, yakni saklar tambahan memang itu adalah cara lama. Memang ada cara baru?
 Yups sebenarnya tidak baru-baru amat sih sobat, untuk beberapa sepeda motor seperti honda beat, honda vario 125, serta supra X125 terbaru, sekarang sudah tersedia saklar lampu aftermarket yang bisa mematikan lampu sepeda motor, yang diletakan pada bagian saklar lampu jauh dekat. Jadi tidak perlu memasang saklar tambahan lagi, sebab saklar tersebut memiliki 3 fungsi sekaligus, yakni fungsi off, fungsi lampu jauh, dan fungsi lampu dekat. Saklar memiliki 3 dim, atau tiga ruang yang bisa ditekan, dimana fungsi off terletak dibagian paling bawah, lampu dekat ditengah, dan lampu jauh diatas. Jadi 3 fungsi ini bisa dikontrol dari 1 saklar, tanpa harus merobek cover body untuk memasang saklar tambahan, atau memotong salah satu fungsi lampu jauh atau dekat, agar satu fungsi lainnya dapat digunakan sebagai saklar off.
Baca juga: Cara Atasi Lampu Rem Motor Nyala Terus
 Untuk memasangnya pun sangat mudah, yakni sobat tinggal membuka saklar lampu jauh dekatnya dulu, yakni dengan membuka batok lamp, dan melepas saklar dari bagian dalam. Kemudian memasang saklar 3 dim tadi, dengan soket yang masih sama, tifdak ada ubah kabel, potong kabel dan sebagainya.

 Tetapi bagi anda yang bersikukuh untuk memasang saklar baru, bisa baca di postingan ini.
Baca: Cara memasang saklar on/off lampu motor
Itu saja informasinya semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Tanpa Ribet, Begini Cara Baru Matikan Lampu Depan Motor"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel