Solusi Buat Segitiga Dan As Shock Depan Motor Baling - Ate Breaker

Solusi Buat Segitiga Dan As Shock Depan Motor Baling

 Mas bro, resiko pengendara sepeda motor dijalan raya, kalau tak nabrak, ya keseruduk pengendara lain. Atau kalau tak jatuh, ya kepleset??? sama aja ya,,wkk.
 Akibat paling umum dari jatuhnya sepeda motor, terutama jika menabrak, tertabrak dan sebagainya, dan benturan terjadi di bagian sepeda motor paling depan, yakni di area roda depan dapat berefek pada segitiga yang asimetris alias baling atau bengkok. Tidak cuma segitiga, bagian shock depan juga seringkali terkena dampaknya, atau begkok juga.
 Segitiga, adalah komponen rangka yang berfungsi sebagai dudukan suspensi depan di bagian bawah, serta dudukan stang dibagian atas. Jadi segitiga adalah komponen bergerak yang menempel pada rangka motor, yang terdiri dari bagian as memanjang dibagian atas, dan bercabang 2 dibagian bawah. Karena memiliki 1 sudut diatas dan 2 di bawah, maka komponen ini kerap disebut segitiga. Untuk nama asli alias resmi dari komponen ini adalah fork.
 Adapun ciri untuk mengenali balingnya segitiga, jika parah memang mudah. Biasanya dapat terlihat sekilas karena umumnya, roda atau ban tidak sejajar dengan stang, atau bisa juga dengan spakbor, jika spakbor depan diletakan di segitiga motor, bukan di tabung shock. Selain itu, ciri segitiga baling juga mundurnya posisi ban ke arah belakang, yang biasanya disebabkan karena menabrak. Sementara itu, kerusakan ringan pada segitiga memang sulit dilihat, namun dapat dirasakan melalui handingnya, seperti misalnya stang terasa bengkok ketika motor dipakai, atau kemudi selalu cenderung berat ke salah satu sisi yang membuat tangan pengendara pegal, dan sebagainya. Efek dari segitiga baling, sangat jelas akan mengganggu kestabilan berkendara. Nah lantas, bagaimana cara mengatasi gelondongan besi baja keras yang bengkok tersebut?
segitiga
Baca juga: Penyebab lain stang skutik goyang atau tidak stabil
 Yang jelas, sulit untuk asal ganti komponen sekaligus. Masalahnya, komponen segitiga ini memiliki banderol yang relatif mahal, disamping sujucadangnya yang langka. Berbeda dengan as shock depan yang bisa dengan mudah diganti. Tetapi, komponen tersebut masih bisa diperbaiki dengan cara di press ulang, agar posisiya kembali normal. Tentunya, mesti dibengkel press ya sobat, biasanya jasa press ini bisa dengan mudah ditemui di tempat bubut, atau bengkel umum yang memang memiliki alatnya berupa dongkrak khusus.
 Yang paling penting dari press seitiga agar handling bisa kembali normal, adalah proses pengerjaan pressnya yang harus benar-benar dilakukan oleh profesional, agar hasilnya benar-benar memuaskan. Komponen seperti segitiga sangat susah diukur mengenai titik pasnya, maka hasil dari press rentan salah sehingga segitiga akan tetap pada kondisi tidak normal setelah dipasang.
Sebagai saran, sebelum press segitiga, sebaiknya melihat dulu track record bengkel press tersebut, agar hasilnya benar-benar sesuai memuaskan.
 Mengenai biaya press segitiga, tergantung tarif dan pengerjaannya. Namun untuk biaya press nya saja, minus bongkar pasang, yakni dikisaran 50-150 ribuan.

 Sebagai tambahan, selain bengkoknya segitiga atau bagian shock depannya,balingnya stang karena terjatuh, apalagi jika jatuhnya ringan, bisa juga disebabkan bukan karena segitiga atau shock bengkok. Melainkan bisa juga disebabkan bergesernya dudukan stang yang menempel pada segitiga. jadi sobat bisa cek bagian baut antara penghubung stang dan segitiga tersebut, kemudian melonggarkan baut, dan mencoba menggeser stang.

Itu saja informasinya semoga bermanfaat.
Baca juga: Mengatasi cone stir motor yang mudah longgar

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Solusi Buat Segitiga Dan As Shock Depan Motor Baling"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel