Ngeselin, Salah Satu Akibat Kerusakan Bendik Sepeda Motor - Ate Breaker

Ngeselin, Salah Satu Akibat Kerusakan Bendik Sepeda Motor

 Malam sobat, starter elektrik kini seolah menjadi perangkat wajib bagi sepeda motor. Starter elektrik menjadi cara paling praktis untuk menghidupkan mesin motor. Bahkan untuk beberapa motor terbaru, fungsi engkol alias kick starter kini mulai dihilangkan dan hanya mengandalkan elektrik starter.
 Sobat yang akan dibahas kali ini adalah soal salah satu komponen yang terdapat pada jenis starter elektrik ini, yakni bendik. Bendik merupakan komponen starter elektrik yang tentunya terbuat dari komponen elektronik, yang berfungsi sebagai relay bukaan arus dari aki menuju dinamo starter (angker starter). Bendik juga terhubung ke bagian tombol starter elektrik dibagian depan. Menariknya, salah satu kerusakan pada bendik juga bisa membuat fatal komponen motor lainnya.  Terutama bagian aki dan dinamo pada sepeda motor anda. Selain itu, juga bisa membuat pengguna panik setengah mati, atau ngeselin sobat. Kok bisa ya, emang kayak apa?hhe,,,
 Pada beberapa kasus kerusakan bendik menyebabkan sepeda motor terus ada pada kondisi seolah tombol starter ditekan, alias starter nyangkut atau kabur. Dinamo starter terus berputar kencang meski motor sudah hidup, dan parahnya lagi, starter ttidak berhenti bahkan ketika kunci kontak diputar ke mode off. Ngeri gak bro!
 Ini biasanya disebakan terjadi konsleting di dalam bendik tersebut. Dan hanya butuh beberapa menit untuk membuat aki motor tekor, serta dinamo panas, dan akibatnya bisa membuat fatal bagi perangkat elektrik starter.
 Apa yang bisa dilakukan saat terjadi konsleting pada bendik tersebut, karena starter terus bekerja meski kunci kontak sudah pada mode off?
 Nah dalam hal ini, saya mau membagi tips buat sobat jika menemukan masalah demikian. Agar, tidak sampai membuat aki mati, sampai tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Yang terpenting adalah mencari cara untuk menghentikan starternya dahulu. Yang bisa sobat lakukan adalah cara-cara berikut.
  1. Melepas bendik, tentunya posisi bendik pada setiap jenis motor berbeda, namun umumnya letaknya dekat dengan aki motor.
  2. Melepas salah satu kabel dari dua aki, dengan cara membuka baut dari kutub aki dan melepas kabelnya
  3. Melepas kabel menuju angker starter, yang biasanya, setiap motor memiliki soket yang bisa dilepas dari kabel yang terhubung antara angker starter dan aki. Maka cari soketnya.
 Setelah berhasil mnghentikan starter motor, barulah mengganti bendik motor anda untuk menghindari kejadian berulang.

Itu saja informasinya semoga berguna terutama bagi anda yang pernah atau sedang mengalaminya. Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Ngeselin, Salah Satu Akibat Kerusakan Bendik Sepeda Motor"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel