Cara Atasi Motor Matic Injeksi Tiba-Tiba Mogok Atau Susah Hidup - Ate Breaker

Cara Atasi Motor Matic Injeksi Tiba-Tiba Mogok Atau Susah Hidup

 Sobat, pernahkah mengalami motor tiba-tiba mogok, atau susah hidup ketika digunakan? Jika motor sobat adalah motor matic injeksi seperti yamaha mio j, mio series lainnya, sobat bisa lakukan tips berikut untuk mencoba menghidupkan kembali sepeda motor, sebelum melakukan servis atau pemeriksaan di bengkel resmi, atau bengkel langganan sobat.

 Pertama, cek pengapian melalui kabel koil yang masuk ke bagian busi. Lepas kabel tersebut lalu coba hubungkan dengan ground (bisa mesin atau area rangka), kemudian starter motor anda, jika ada percikan api artinya pengapian baik. Selanjutnya, periksa semburan bensin, bisa dengan melepas noksel, atau melalui soket pada selang bensinnya. Nyalakan kontak ke mode on, jika bensin menyembur berarti bensin lancar.
 Lalu jika keduanya lancar, mengapa motor mogok atau susah hidup? Nah disinilah perlu melakukan servis dan pemeriksaan lanjutan. Masalah seperti ini sering dialami skutik injeksi dengan usia cukup lama. Nah dalam postingan ini, saya hanya akan mencoba membagi tips untuk sekedar membuat mesinnya nyala lagi, sukur kalau tidak perlu ke bengkel?
 Jika kedua bagian tadi dalam keadaan baik, sobat bisa coba hidupkan motor dengan jemper saja. Sobat bisa gunakan oli mesin, atau bensin. Caranya, memasukan salah satu dari bahan tadi menuju ruang bakar secara manual, atau istilah sini nya jamper.
 Langkahnya, pertama tentukan apakah menggunakan bensin atau oli mesin. Jika dengan oli mesin gunakan yang masih bagus, dan usahakan bukan oli bekas (usahakan). Mengenai caranya, jika menggunakan oli, masukan melalui lubang busi, dengan jumlah sekitar 1 sendok makan, atau satu tutup botol air mineral 250-500ml. Setelah itu, jangan dulu memasang busi, tetapi engkol motor sekali saja agar oli yang masuk ruang bakar diseusuaikan jumlahnya, karena bisa merusak bagian klep jika terlalu padat/banyak nantinya. Setelah diengkol dan nampak semburan dari ruang bakar, selanjutnya pasang kembali busi, dan nyalakan motor anda. Setelah nyala, mungkin knalpot akan sedikit berasap, namun tidak perlu khawatir karena itu hanya sementara dan akan hilang setelah oli di ruang bakar habis terbakar semua. Selanjutnya, jika sobat memilih menggunakan bensin, sobat bisa masukan bensin dengan ukuran yang sama seperti diatas, melalui lubang intake dimana noksel atau injektor diletakan. Caranya tentu saja harus melepas injektor lebih dulu. Sedangkan langkah selanjutnya hampir sama dengan menggunakan oli, yakni mengengkol dulu sepeda motor sekali, sebelum injektor kembali dipasang.

 Itu saja informasinya, semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Atasi Motor Matic Injeksi Tiba-Tiba Mogok Atau Susah Hidup"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel