Alternatif Piston Buat Jupiter MX - Ate Breaker

Alternatif Piston Buat Jupiter MX

 Assalamualaikum mas bro semua. kali ini saya akan membagi cara mengatasi permasalahan pada piston yamaha jupiter mx lawas yakni MX 135.
 Sebagai salah satu sepeda motor pertama yang menggunakan tipe silinder diasil, maka boring atau silinder motor ini meamang sulit diperbaiki ketika sudah aus atau rusak. Sebab, silinder tipe diasil ini memang harus diganti, tidak bisa dikorter kecuali dengan tanam boring lebih dulu. Ini membuat pengguna harus siap kapan saja untuk mengganti silinder motor yang harganya dikisaran 350-500 ribuan.
 Tetapi masalah pada boring atau piston rusak yang dapat menyebabkan knalpot berasap alias ngebul, juga bisa diatasi sementara jika kerusakan hanya terjadi pada piston aus atau ring piston yang aus saja. Maksudnya, boring atau silinder masih bagus sehingga masih bisa digunakan, yang dapat dicirikan dengan bagian dalam boring masih mulus, atau tidak ada goresan yang cukup dalam.
Biasanya masalah negebul seperti tadi bisa diatasi dengan mengganti piston atau ring piston saja.
Baca juga: Untung Rugi Tanam Boring Pada Silinder Sepeda Motor
 Tentunya ada banyak tersedia piston standar jupiter mx 135, mulai dari original hingga KW dengan berbagai merk. Sialnya, bagi sebagian lokasi pasti ada saja piston atau seher jupiter mx 135 ini yang sulit dicari. Mulai dari alasan motornya yang sudah langka dan membuat sparepart susah, sampai kehabisan stok, seperti yang saya sering alami di daerah saya. Alasan lainnya, pengguna lebih memilih menggunakan piston KW karena yang original relatif lebih mahal. Pembelian seher KW juga bisa mengantisipasi banyak pengeluaran, karena jika dengan mengganti piston,mesin masih bermasalah, terutama ngebul, mau tidak mau boring harus diganti bukan? Jadi pengeuaran akan membengkak tuh mas bro!
 Nah lantas, adakah seher atau piston alternatif untuk jupiter MX yang relatif lebih mudah ditemukan alias banyak dijual? Tentu saja ada, dan saya sendiri sering mengalami keadaan seperti diatas.
 Yang paling penting dari piston lain selain jupiter MX, adalah ukuran pen piston yang harus sama. Sebab jika berbeda akan percuma juga, karena kita harus merombak bagian lainnya, seperti membuat pen piston baru, sampai mengganti stang piston.
 Adapun piston yang sama dengan jupiter mx 135, baik diameter pistonnya maupun pen pistonnya tersebut, adalah milik suzuki smash 110. Tetapi dengan oversize 0,50mm ya sobat. Sebab diameter suzuki smash 110 adalah 53,5mm, sedangkan jupiter mx 135 memiliki diameter 54mm. Artinya, ada perbedaan 0,5mm antara piston standar suzuki smash 110 dengan yamaha jupiter mx 135.
 Meskipun diameternya sama, tetapi sobat tidak bisa asal pasang nih. Karena piston milik smash 110 dan jupiter MX memiliki banyak perbedaan terutama dari ukuran panjangnya. Piston suzuki smash lebih panjang ukurannya dibanding jupiter mx 135 tersebut. Walaupun begitu, untuk menyesuaikan ukurannya juga tidak sulit. Sobat hanya perlu memapas sekitar 1mm bagian permukaan depan piston, dan memotong bagian ekor piston agar tidak menyentuh kruk as. Terutama, memapas bagian belakang area lubang pen piston, kurang lebih 2mm.
Untuk memotong ekor, disarankan tidak memangkas keseluran ekor secara melingkar, namun cukup membuatnya lancip saja, sehingga ekor piston dapat masuk ke sela-sela kruk as ketika dibelakang. Manfaatnya, selain menghindari benturan, adalah untuk menghindari suara getaran piston karena piston yang ebih panjang akan lebih padat di dalam silinder.
 Selain itu, karena papasan depan masih menyisakan panjang piston berlebih, maka sebaiknya sobat gunakan 2-3 lapis paking silinder dibelakang, untuk menghindari benturan piston dan klep/katup.

Semoga bermanfaat.
Baca juga: Cara irit mengganti boring jupiter mx hingga 50%

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Alternatif Piston Buat Jupiter MX"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel