2 Penyebab Kampas Rem Cakram Bising (Cetak-Cetok) - Ate Breaker

2 Penyebab Kampas Rem Cakram Bising (Cetak-Cetok)

 Malam sobat, salah satu masalah yang sering ditemui pada rem cakram sepeda motor suara yang timbul ketika tuas rem ditarik atau rem sedang digunakan. Salah satu jenis suara yang sering dialami adalah suara detakan/hentakan, atau dengan bahasa mudahnya cetak-cetok. Suara dimaksud hanya terjadi pada jenis rem cakram saja, terutama di bagian depan.


 Apa penyebabnya?
 Ada dua kemungkinan yang bisa menjadi biang keroknya nih sobat, sebagai berikut.

Karet Kaliper/Breket
 Kaliper adalah bagian perangkat rem yang berfungsi untuk mencengkeram cakram. Umumnya diletakan pada tabung shock depan. Cara kerjanya, kaliper menerima minyak rem dan minyak tersebut akan menekan piston rem untuk menggerakan kampas rem.
 Nah sobat, kaliper memang harus kokoh menmpel agar tidak terlepas, namun komponen ini harus bisa bergerak bebas mengikuti alur cakram. Maka komponen ini diletakan pada breket alias dudukan kaliper yang berguna sebagai komponen penghubung antara kaliper serta tabung shock, yang direkatkan baut. Agar kaliper bisa bergerak bebas namun tetap kokoh pada breket, maka pada breket terdapat karet atau sil untuk meredam getaran kaliper terutama ketika rem digunakan.
Baca juga: Ketahui, 5 Penyebab Rem Cakram Motor Macet
 Nah seringkali karet ini mengalami penyusutan atau rusak, sehingga menimbulkan kaliper longgar, sampai menimbulkan suara bising, yang diakibatkan benturan antara kaliper dan dudukannya.
 Untuk memeriksa dan mengatasinya, sobat bisa menggerakan kaliper dengan tangan, jika longgar bisa dipastikan karet tersebut habis dan harus diganti.

Per/plat kampas
 Siapa bilang kampas cakram tidak memiliki per?
 Sebenarnya lebih tepat disebut plat cakram, dimana komponen ini bertugas meredam getaran dan mencegah kampas rem melonggar, disamping mengembalikan kampas pada posisi yang seharusnya setelah bergerak. Komponen ini berbentuk besi plat tipis, dan terletak pada bagian dalam kaliper. Umumnya berada dibelakang kampas rem.
 Ketika komponen ini tidak terpasang biasanya akan emnimbulkan suara hentakan sesekali saat rem ditekan, tapi tidak sesering efek kelonggaran kaliper.
 Selain tidak terpasang, kondisi plat yang mulai mengendur juga bisa menjadi penyebabnya, walaupun untuk mengembalikan poisinya cukup dengan menarik dan menyesuaikannya saja.

Itu saja infrmasinya semoga bermanfaat.
Baca juga: Mending Mana, Kampas Rem Cakram Original Atau KW? Ini Perbandingannya

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "2 Penyebab Kampas Rem Cakram Bising (Cetak-Cetok)"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel