Untung Rugi Tanam Boring Pada Silinder Sepeda Motor - Ate Breaker

Untung Rugi Tanam Boring Pada Silinder Sepeda Motor

 Malam sobat semua, pada kesempatan ini saya akan coba membahas mengenai tanam boring dan untung ruginya, tetapi khusus pembahasan sepeda motor ya sob.
diasil silinder

 Sebelumnya, apa sih tanam boring itu?
 Sederhananya, tanam boring berarti menambahkan liner selongsong besi ke dalam boring atau silinder sepeda motor. Apa bedanya dengan overboss?
 Jelas beda kalau dari segi kata, sebab tanam boring hanya berlaku bagi silinder yang berbahan diasil dimana silinder jenis ini tidak menggunakan material baja, nah maka penambahan liner berbahan besi baja ini disebut dengan tanam boring. Sedangkan overboss artinya mengganti liner atau longsongan besi tersebut, sebab silinder tersebut sebelumnya menggunakan liner besi baja sedari awal.
Baca:Mengenal Diasil Silinder, Benarkah Tidak Bisa Di Korter?
liner

 Nah sobat beberapa motor yang menggunakan diasil silinder, kebanyakan garapan produsen yamaha, seperti jupiter mx, yamaha mio series, baik mio m3, mio s, mio Z dan motor sport seperti yamaha vixion, dan lainnya. Sedangkan produsen honda, masih mempertahankan silinder yang dilengkapi liner baja.
 Sebenarnya, silinder dengan tipe diasil maupun konvensional sama-sama harus diganti jika sudah mencapai batas pemakaian, artinya setelah ada masalah pada silinder tersebut. Kecuali dengan liner besi baja bisa dikorter sampai batas anjuran mencapai 1-2mm. Sedangkan pada tipe diasil, jika boring sudah mengalami masalah, maka wajib diganti, sebab silinder tipe ini tidak bisa dikorter, kecuali dengan alternatif tanam boring lebih dulu.
ilustrasi tanam boring

Untung rugi menambah liner pada boring diasil (tanam boring)
 Pertama, adalah kelebihan dari tanam boring itu sendiri. Bagi diasil silinder, kerusakan pada boring mebuatnya harus diganti baru, dan boring baru tersebut harganya bisa mencapai 300-600 ribuan, untuk kualitas original tergantung jenis motor. Belum lagi komponen lain seperti piston set, paking sampai biaya ongkos bongkar dan pasang. Nah disinilah tanam boring hadir sebagai alternatif untuk menekan biaya tersebut, sebab tanam boring hanya menghabiskan sekitar 200-300 ribuan saja, belum termasuk piston. Tetapi, dengan tanam boring, membuat usia boring jadi lebih lama dibanding silinder, karena jika silinder kembali bermasalah, boring tinggal di korter ulang atau oversize laiknya silinder konvensional. Jadi hematnya akan berkelanjutan.
Baca juga: Mengenal Korter/Oversize Boring (Buring) Alias Blok Silinder
 Kedua, mengenai kerugian tanam boring. Disamping kelebihannya, tentu ada juga kekurangannya. Beberapa diantaranya, dari suara mesin biasanya sedikit berbeda, dan cenderung kasar, sebagai akibat dari penanaman liner besi yang sebelumnya berbahan alumunium. Selain itu efek panas berlebih juga sering terjadi, meskipun sebagian besar tidak memberi efek fatal terhadap mesin, seperti membuatnya overheat dan sebagainya. Dan terakhir, tingkat originalitas tentu berkurang, karena produsen memang menganjurkan mengganti boring ketimbang tanam boring. Selain itu, garansipun kemungkinan besar akan dicabut, dan sebagainya.

 Itulah kelebihan dan kekurangan tanam boring menurut saya, semoga bermanfaat.
Baca juga: Alternatif Ganti Boring Atau Korter Diasil Silinder, Cari Yang Termurah

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Untung Rugi Tanam Boring Pada Silinder Sepeda Motor"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel