Trik Ampuh Atasi Engkol Ngelos, Yamaha Vega ZR - Ate Breaker

Trik Ampuh Atasi Engkol Ngelos, Yamaha Vega ZR

 Vega ZR, merupakan motor bebek yamaha sebagai generasi penerus dari new vega R dan pertamakali meluncur sejak 2008 silam. Sepeda motor ini cukup populer karena keiritan dan performanya yang mumpuni untuk sepeda motor bermesin 115cc.

 Nah sobat, diartkel-artikel sebelumnya saya sering membahas mengenai vega ZR terutama beberapa permasalahan yang kerap ditemui, termasuk merombak mesin vega zr harian. Bukan tanpa alasan sih, sebenarnya vega zr ini banyak ditulis karena disini cukup banyak pengguna vega ZR, maka bisa dibilang tidak asing dengan motor ini.
Baca jug: Rombak mesin vega zr buat harian
 Sobat, di postingan kali ini saya akan membahas salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada motor bebek yamaha ini, terkait engkol yang sering ngelos. Seringkali permasalahan ini dialami vega zr baik keluaran paling baru sekalipun. Gejalanya, engkol tidak nyangkut sama sekali ketika diinjak, dan kalau sudah parah, tidak nyangkutnya engkol lebih banyak dari nyangkutnya. Maka tidak heran kalau penggunanya kesal setengah mati saat hendak mencoba menghidupkan mesin melalui engkol, alias kick starter ini.
 Apa penyebabnya?
 Nah sobat, permasalahan pada engkol vega zr sebenarnya tidak ada bedanya dengan permasalahan seperti pada motor yamaha lain seperti jupiter z atau vega R. Namun bagi yamaha vega zr lawas, kadangkal mengganti perangkat rumah kopling saja tidak membuat engkol normal kembali, dan terkadang gejala masih muncul walau hanya sesekali, apalagi jika sudah bor up piston.
Baca juga: Vega zr susah hidup? Cek penyebab dan cara mengatasinya
rumah kopling vega zr

 Untuk mengatasinya, sobat bisa rombak sedikit di bagian rumah kopling, tepatnya di dudukan baut kaki 4 nya.Karena di vega ZR dudukan ada 6 berarti yang lebih tepat namanya kaki 6 kali ya!! hhe
Tetapi karena sudah familiar dengan nama kaki 4, yo wis kita panggil kaki 4 saja, walau nama di KTPnya kaki 6,OKe? wkk.
Baca juga: Engkol Motor Tak Kembali Ke Posisi Awal, Komponen Ini Yang Rusak
 Nah bagaimana caranya?
 Tentunya sobat harus membongkar mesin bagian kanan/kopling, lalu membongkar rumah kopling. Setelah itu, ambil kaki4 dari rumah kopling.
 Dengan gerinda, sobat bisa perpendek sedikit tinggi dudukan baut tersebut, saran tidak lebih dari 1mm saja memangkasnya. Setelah itu, coba pasang kembali, dan selamat!! Engkol vega ZR anda normal kembali.
dudukan baut kaki 6 vega zr. papas sedikit

Itu saja informasinya, semoga bermafaat.

Baca juga: Alternatif Piston Buat Vega ZR, Pake Kaze Tak Perlu Overbos

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Trik Ampuh Atasi Engkol Ngelos, Yamaha Vega ZR"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel