Tips Mengatasi Motor Susah Hidup Karena Lama Disimpan - Ate Breaker

Tips Mengatasi Motor Susah Hidup Karena Lama Disimpan

 Tidak semua pemilik sepeda motor menggunakan motornya sehari-hari. Tentunya ada pengguna yang lama menyimpan motornya karena berbagai alasan, misalnya ditinggal merantau, mudik, atau bahkan memang lebih memilih kendaraan lain. Maka tidak sedikit sepeda motor yang ditinggal lama, justru mengalami susah hidup saat hendak digunakan.
motor lama disimpan, ilustrasi

 Jika anda salah satu yang mengalaminya dan berniat mencari solusi bagaimana cara menghidupkan motor yang ditinggal lama dan mogok tersebut, maka lanjutkan membacanya. Langsung saja mengenai cara menghidupkan motor yang ditinggal lama, yang sebenarnya lebih ke tips atau saran yang mesti dilakukan, sebab cara ini biasa digunakan penulis sendiri.
 Apa saja caranya kira-kira?
Baca juga: 10 Bagian Motor Ini Bisa Kamu Servis Sendiri, Apa Saja?

  Sebelumnya sebaiknya sobat pastikan beberapa hal berikut berfungsi dengan baik.

  • Pengapian berfungsi, yang bisa dilihat dari percikan api melalui kabel koil, untuk cek pengapian, sobat bisa putar kontak ke mode on, dan letakan ujung kabel koil pada ground, bisa ke blok mesin, dan coba starter motor. Jika percikan api keluar, artinya berfungsi.
  • Pastikan bahan bakar tersedia di dalam tangki.
  • Jika motor dengan pengabutan injeksi, sebaiknya aki masih memiliki daya minimal dapat menyalakan klakson walau suaraya lemah, sebab pada sebagian injeksi tanpa aki bisa menambah motor susah hidup, bahkan mati total dan pengapian hilang.
 Jika komponen diatas bekerja dengan baik, lakunjutkan ke cara berikut.

1.Membuka dan membersihkan busi
 Cara pertama, yaitu membuka dan membersihkan busi, sebab ketika anda menstarter motor terus menerus tanpa bisa hidup, ketika itu ruang bakar akan dipenuhi bensin (banjir) dan mengakibatkan motor semakin susah untuk hidup.
 Setelah membuka busi, bersihkan bensin dan kerak pada busi menggunakan lap bersih, bisa menambahkan bensin untuk mempermudah membuang kotoran, namun pastikan mengeringkannya lagi. Selanjutnya, buang bensin di dalam ruang bakar, dengan cara menutup lubang busi dengan lap dan jari, lalu engkol motor hingga kompresi menyembur keluar bersama bensin melalui lubang busi tersebut. Setelah itu, pasang kembali busi motor dan mencoba menghidupkan motor anda. Namun sebelum memasang busi, ada baiknya sobat lakukan cara nomor 2 dan 3 dahulu.
busi

2. Mengganti bensin
 Sobat, siapa yang tau jika bensin yang sudah ditinggal sangat lama masih bisa digunakan dengan normal? Bisa saja kandungan bensin tercemar atau mungkin berubah. Maka tidak ada salahnya menguras dan mengganti terlebih dahulu bensin di dalam tangki motor.
 Namun yang paling perlu dilakukan, sebaiknya memeriksa bensin yang sudah sampai ke karburator, dengan cara membuangnya melalui selang pembuangan, serta memeriksanya apakah bersih atau tidak kotor? Jika kotor alangkah lebih baik membongkar dan membersihkan karburator juga.

 Namun untuk motor injeksi, memeriksa dan membuang bensin bisa dilakukan dengan mengambil bensin dari dalam tangki menggunakan selang.
 
warna kuning, selang bensin
3. Menambahkan sedikit oli bekas ke ruang bakar (opsional)
 Oli yang dimasukan ke ruang bakar, bisa membuat kompesi menjadi lebih baik, sekaligus mempermudah percikan api membakar bensin di ruang bakar. Namun cara ini hanya sebagai saran tambahan, jika dengan 2 cara diatas tidak membuat motor anda bisa hidup, karena kemungkinan penyebabnya adalah kompresi motor yang mulai melemah. Tetapi kalaupun dilakukan tidak akan berdampak apa-apa kepada motor sobat, selain knalpot mengeluarkan asap putih sementara waktu saja.
 Adapun caranya, setelah membuka busi, masukan oli melalui lubang busi, bisa dengan bantuan selang. Jumlahnya sebaiknya sedikit saja sekitar 2-3ml. Untuk memastikan oli tidak terlalu banyak, engkol motor anda sembari menutup lubang busi agar kompresi membuang kelebihan oli keluar melalui lubang busi tersebut. Setelah itu pasang kembali busi motor anda, dan coba menyalakan motor.

 Sementara itu, bagi motor dengan pengabutan injeksi terutama skutik honda, jika cara diatas tidak berhasil menghidupkan motor, sebaiknya coba me-reset ECU, TP sampai altitude secara manual. Untuk caranya saya akan posting di lain waktu.

 Nah sobat ketiga cara diatas, seharusnya sudah bisa menghidupkan motor anda, namun jika masih mengalami kendala, silahkan tulis dikomentar untuk sharing. Semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Motor Susah Hidup Karena Lama Disimpan"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel