Terlalu Keras, Ini Tips Bongkar Baut Cakram Depan Yamaha - Ate Breaker

Terlalu Keras, Ini Tips Bongkar Baut Cakram Depan Yamaha

 Komponen pada perangkat pengereman yang menggunakan model cakram alias disc brake, tentunya suatu saat akan mengalami penyusutan di bagian cakram sebagai akibat dari gesekan dengan kampas rem. Cakram yang aus dapat dilihat dari kondisinya menipis, hingga nampak elastis/ngeper saat ditekan. Cakram seperti ini rentan mengalami patah ketika diguakan.
 Sobat, beberapa sepeda motor garapan yamaha, seperti vega R, vega Zr, jupiter mx, yamaha mio, dan sebagainya, biasanya memiliki baut cakram yang sangat keras dan sulit dibuka. Sebenarya tidak cuma motor yamaha sih, tetapi juga motor lainnya, tetapi bat cakram yamaha ini terbilang paling keras menurut mimin. Baut yang terpasang pada velg depan tepat diatas cakram tersebut seringkali mengalami sleg bahkan patah ketika hendak dibuka untuk mengganti cakram. Apalagi, umumnya baut beberapa sepeda motor yamaha ini menggunakan kepala baut model kunci "L" dimana cukup rentan mengalami sleg ketika gagal atau terpeleset saat membukanya.
Baca juga: Ketahui, 5 Penyebab Rem Cakram Motor Macet
 Kerasnya baut tersebut disebabkan sejenis lem yang menempel pada ulir baut. Menurut mimin nih, sobat hanya memiliki kesempatan maksimal 2 kali untuk mencoba membuka baut cakram tersebut, jika tidak berhasil permukaan baut biasanya akan sleg. Untuk mencegah baut tersebut sleg, sebaiknya sobat perhatikan tips berikut.

  1. Gunakan kunci "L" dengan kualitas terbaik, jangan gunakan yang abal-abal karena mudah meleset, juga usahakan kunci tersebut memiliki ukuran panjang, jangan yang pendek agar bisa lebih leluasa membukanya.
  2. Sebelum membuka baut dengan kunci "L", sobat wajib memanaskan terlebih dahulu baut seperti menggunakan las, namun karena ribet, sobat bisa mengetok baut terlebih dahulu dengan besi/baja kecil yang ukurannya lebih kecil dari kunci L tersebut, dan besi dengan ujung sedikit meruncing lebih dianjurkan agar tidak bergerak saat diketok. Tujuannya, untuk menghancurkan lem yang menyelimuti drat/ulir baut dibagian dalam.
  3. Setelah diketok beberapa kali, barulah mencoba membuka baut dengan kunci L, usahakan kunci terpasang dengan sempurna, dan gunakan pipah besi untuk menggerakan kunci L jika diperlukan agar tidak membutuhkan banyak tenaga. 
  4. Jika percobaan pertama gagal membukanya, ulangi mengetok baut dan usahakan ketokan dilakukan dengan cukup keras, sebelum mencoba kembali membuka baut.
Bagaimana jika baut cakram terlanjur sleg?
 Karena mau tidak mau baut harus dibuka, maka ada 2 opsi.
  1. Gunakan las, yakni menyambung baut dengan besi panjang lalu memutar dan membukanya. Selanjutnya baut yang di las tersebut bisa diganti baru.
  2. Kedua memahat baut, yakni membuka baut dengan paksa dengan cara mengetok baut ke samping dengan tujuan baut bisa memutar kearah buka. Caranya bisa menggunakan obeng plat min berbahan baja, yakni obeng ketok untuk memahat. Namun yang perlu sobat perhatikan, mengetok/memahat baut, seringkali bisa membuat baut patah, terutama jika baut masih keras.
 Selajutnya, bagaimana jika baut cakram sudah terlanjur patah?
 Jangan pesimis dulu, walaupun sudah patah, masih bisa diusahakan untuk membukanya. Caranya?
  1. Coba dengan las. Namun disarankan membuka baut dengan las karbit, bukan las listrik. Sebab, menggunakan las karbit bisa sekalian memanaskan baut yang patah tersebut, tujuannya, agar lem di baut melepuh, sekaligus baut yang diberi panas akan lebih mudah dibuka. Untuk metodenya, sama seperti diatas.
  2. Bor baut, yakni menghancurkan potongan baut di dalam velg dengan cara di bor. Gunakan mata bor di bawah ukuran baut, misalnya baut yang patah berukuran 12mm, maka gunakan bor yang sedikit lebih kecil untuk mengurangi resiko kerusakan pada tap baut. Selanjutnya, barulah mengeluarkan baut bisa dengan cara mencongkel atau memutarnya keluar.
 Itulah cara membuka baut cakram yang keras, semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Terlalu Keras, Ini Tips Bongkar Baut Cakram Depan Yamaha"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel