Oli Masuk ke Filter Udara Motor? Jangan Panik Begini Cara Atasinya - Ate Breaker

Oli Masuk ke Filter Udara Motor? Jangan Panik Begini Cara Atasinya

Terutama di beberapa skutik injeksi honda, seperti honda beat, sampai vario, atau bahkan skutik tipe karburator sekalipun sering saya temui bagian filter udara dibanjiri oli mesin. Oli tersebut meluber hingga keluar dari celah box filter, dan membanjiri box filter udara tersebut sampai bagian disekitarnya.
ilustrasi

 Apa penyebabnya, dan bagaimana cara atasinya? Mari Kita ulas.
 Sebelumnya, oli merupakan bagian penting dari mesin sepeda motor karena berfungsi untuk melumasi komponen mesin untuk meminimalkan gesekan antar komponen. Tetapi jika oli memasuki bagian filter udara tentunya bisa menyebabkan masalah, karena selain mengganggu sirkulasi udara, sebagian oli bisa terhisap menuju ruang bakar, atau setidaknya mengotori beberapa komponen seperti throttle atau karburator. Lebih dari itu, efek seperti brebet mungkin saja terjadi.
Baca juga: Cara Cek Oli Motor
 Apa sih penyebabnya?
 Karena seringnya terjadi pada skutik seperti yang saya sebutkan diatas, biasanya disebabkan oleh 2 hal berikut.

1. Oli terlalu banyak
 Biasanya terjadi karena pengguna menambahkan oli ke dalam mesin, atau salah menggunakan oli dengan takaran atau jumlah yang melebihi kapasitas yang dianjurkan. Misalnya, dianurkan menggunakan oli dengan takaran 0,8 liter, sementara oli yang dimasukan takarannya 1 liter.
 Hal itu bisa menyebabkan kelebihan oli di dalam mesin, lalu oli yang banyak ikut terpompa menuju jalur oli hingga meluber menuju selang pernafasan alias ablas. Sebab, selang ablas di skutik umunya terdapat pada jalur oli di bagian head, dan selang tersebut menuju ke bagian filter udara.

2. Motor miring (jatuh)
 Posisi jatuh juga bisa membuat oli meluber dan masuk menuju selang ablas sehingga oli bisa membanjiri filter udara, dan hal ini sering terjadi pada motor jenis skutik. Sedikit perbedaan dengan poin 1 diatas, untuk penyebab kedua ini, akan mengakibatkan takaran oli berkurang karena akan banyak oli yang terbuang melalui filter tersebut.

 Nah lantas, seberapa bahaya ketika oli masuk ke filter udara, dan bagaimana cara mengatasinya?
 Sobat tidak perlu panik dulu, selama motor masih bisa nyala dan di bawa kebengkel untuk servis maka tetap bawa motor dan hidupkan motor tersebut, atau jika memungkinkan untuk diperbaiki sendiri, ya perbaiki,, hhe.
Baca juga: Jangan Anggap Remeh Selang Ablas Di Motormu, Ini Fungsinya
 Adapun tipsnya mengenai komponen apa saja yang perlu diperiksa, sobat bisa perhatikan tips berikut.

Bongkar dan bersihkan filter udara
 Tentu saja ini menjadi hal pertama yang perlu dilakukan. Seperti yang saya sebutkan, fungsi filter udara cukup penting bagi sepeda motor, apalagi dengan pengabutan fuel injection. Yang harus sobat lakukan, adalah membuka box filter udara, lalu memeriksa saringan, jika tidak terlalu kotor, bisa bersihkan filter dengan angin bertekanan, atau dengan mencucinya. Namun alangkah lebih baik jika mengganti filter udara tersebut, karena biasanya filter udara pada motor injeksi menggunakan jenis filter basah yang sulit dibersihkan, dan sulit normal kembali setelah dibersihkan.
 Jangan lupa untuk membersihkan bagian box serta sela-sela filter dan pastikan terbebas dari oli mesin yang meluber tersebut.
Baca juga: Motor Mogok Kena Hujan Atau Banjir? Cek Bagian Ini

Periksa dan bongkar throttle/Karburator
 Jika setelah oli masuk ke filter dan tidak langsung sobat bersihkan, melainkan sepeda motor digunakan terlebih dahulu, maka wajib memeriksa bagian throttle pada motor injeksi, atau karburator pada motor dengan pengabutan karburator. Sebab, kemungkinan oli terhisap banyak, apalagi jika digunakan cukup lama. Setelah dobongkar dan diperiksa, barulah membersihkannya bisa menggunakan karbu cleaner atau bensin, serta jangan lupa mengeringkannya dengan angin bertekanan.

Oli
 Ini penanganan yang tidak boleh ditinggalkan, yakni memeriksa dan mengganti oli. Sebelumnya, pastikan penyebab oli memasuki filter udara terlebih dahulu seperti yang sudah saya tulis diatas, apakah karena kelebihan oli, atau karena motor miring alias terjatuh?
 Jika karena terjatuh, otomatis oli di dalam mesin akan berkurang, dan akan mengurangi pelumasan komponen, maka sebaiknya ganti oli baru.
 Sementara jika disebabkan oleh nomor 1, yakni karena menambah atau kelebihan oli, maka takaran oli perlu diperiksa ulang, dengan cara membuang oli terlebih dahulu dari mesin lalu menakarnya ulang sebelum dimasukan kembali ke mesin. Namun, alangkah lebih baik sobat tetap mengganti oli baru.
Baca juga: Penyebab Oli Motor Berkurang, Segera Atasi Dengan Cara Tepat
 Jika tidak menakar kembali oli, dikhawatirkan jumlahnya masih terlalu banyak yang akan mengakibatkan hal yang sama terjadi, yakni oli kembali meluber dan membanjiri filter udara.

 Nah itu saja sobat informasinya, semoga bermanfaat.
Baca juga: Kapan Harus Ganti Oli Motor Matic? Perhatikan Dulu Hal Ini

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Oli Masuk ke Filter Udara Motor? Jangan Panik Begini Cara Atasinya"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel