Motor Harus Diengkol Beberapa Kali Saat Dingin, Mitos Atau Fakta? - Ate Breaker

Motor Harus Diengkol Beberapa Kali Saat Dingin, Mitos Atau Fakta?

 Sepeda motor tentunya bukan lagi sebuah barang mewah jika dibandingkan dengan zaman dulu. Sepeda motor saat ini bisa dimiliki siapa saja, karena beragamnya pilihan, terjangkaunya harga, hingga adanya fasilitas kredit yang mempermudah siapa saja yang ingin memilikinya.

 Nah sobat, bicara mengenai semakin maraknya pengguna sepeda motor, tentu masih ada saja anggapan-anggapan tertentu mengenai sepeda motor tersebut, misalnya mengenai perawatan, penggunaan komponen dsb. Ya, mungkin sebagian anggapan memang benar adanya, tetapi sebagian lain justru tidak ada faedahnya atau hanya sekedar mitos belaka. Contohnya, benarkah oli sepeda motor akan lebih baik saat dicampur dengan minyak goreng? Padahal sudah jelas produsen dan banyak perusahaan menyediakan oli yang seharusnya digunakan tanpa ada campuran lain. Kalau memang minyak goreng bagus buat mesin, mengapa tidak ada produsen oli yang membuat oli mesin plus minyak goreng dengan tag iklan "10% mengandung minyak goreng" contohnya. hehe.
 Nah, tetapi yang akan dibahas adalah sebuah anggapan lama mengenai mesin wajib diengkol terlebih dahulu saat mesin dingin, tanpa memutar kontak ke mode on, alias mengengkol kosong. Konon tujuannya supaya oli motor naik ke berbagai komponen mesin.
 Mitos atau fakta?
 Sebenarnya, kalau menurut pendapat mimin pribadi, mengengkol motor pada saat kondisi dingin bisa menaikan oli mesin memang benar adanya, namun tidak benar jika hal itu wajib dilakukan atau. Masalahnya, mengengkol kosong seperti itu, bisa berefek gangguan cukup fatal pada bagian lainnya.
 Gangguan seperti apa?
 Gangguan yang bisa terjadi adalah banjirnya ruang bakar, karena setiap kali mengengkol dan mesin tidak hidup, bahan bakar akan tetap masuk ke ruang pembakaran, itu hanya dalam sekali engkol. Jika dilakukan berulang maka bahan bakar semakin memenuhi ruang bakar. Efeknya, ketika kondisi busi atau kompresi sudah mulai melemah, terutama di motor tua, bisa membuat banjir dan motor mogok alias tidak hidup atau mogok. 
 Lagipula, untuk motor-motor dan oli modern seperti sekarang, oli di dalam mesin akan mudah sekali naik dan melumasi seluruh komponen mesin dengan waktu singkat bahkan hanya dalam kondisi motor stationer atau langsam beberapa menit saja. Jadi tidak perlu khawatir kondisi mesin aus.
 Intinya, mengengkol motor beberapa kali saat mesin dingin menurut saya hanyalah mitos dan unfaedah jika dibandingkan efek lain yang ditimbulkan. Jika tidak setuju monggo boleh berduskusi.
 Itu saja semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Motor Harus Diengkol Beberapa Kali Saat Dingin, Mitos Atau Fakta?"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel