Mengenali Gejala Fuel Pump Rusak Di Motor Injeksi - Ate Breaker

Mengenali Gejala Fuel Pump Rusak Di Motor Injeksi

 Apa sih fuel pump itu?


 Sederhananya, komponen ini tersemat pada motor berpengabutan injeksi yang terletak di dalam tangki sepeda motor. Fungsi dari komponen ini, memompa bensin dari tangki menuju ruang bakar, yang melewati selang injektor, lalu disemprotkan oleh injektor ke dalam intake. Sementara jika dibedakan dengan pengabutan karburator, selang bensin mengalir tanpa pompa, ataupun jika dengan pompa bensin alias valve, namun sejatinya bensin tetap mengalir meski valve dibuka sekalipun, sementara pada motor injeksi tanpa fuel pump bensin tidak akan mengalir.
 Fuel pump menjadi komponen yang kerap bermasalah pada motor injeksi. Banyak gejala yang bisa ditimbulkan karena kerusakan pada fuel pump ini. Diantaranya, motor brebet dan mati ketika bensin di dalam tangki berkurang, walau jumlahnya masih banyak. Atau motor alami brebet, walaupun gejala brebet tidak saja ditimbulkan akibat fuel pump.
Baca juga: Bensin Motor Injeksi Seret Sedikit Langsung Brebet, Disini Penyakitnya

 Nah di bawah ini saya coba bagi pengalaman tentang kerusakan yang ditimbulkan oleh fuel pump pada skutik injeksi honda vario techno berikut.
 Ceritanya, honda vario techno keluaran tahun 2012 milik pelanggan mengalami gejala ngelos saat tuas gas ditarik pada kondisi motor dingin, begitu keluhannya. lantas, tanpa fikir panjang saya coba buka jok dan bermaksud mengecek fuel pump. Alasan mencurugai fuel pump, karena gas baru bisa terangkat setelah motor panas, atau gas dan mesin baru merespon jika tuas gas ditarik perlahan, jika ditarik mendadak langsung ngelos bahkan mati.

 Kemudian saya coba cek dengan cara menghidupkan motor, dan menuang bensin dari depan throttle, dengan membuka lebih dulu karet penghubung throttle dan filter udara. Sembari mesin hidup dan setelah dituangi bensin, lanjut dengan menarik tuas gas seketika, dan hasilnya gas motor normal tanpa kendala. Lalu setelah bensin yang dituang habis, barulah gejala tadi muncul lagi.
Baca juga: 6 Penyebab Bensin Motor Boros, Apa saja?
 Nah sobat kemungkinan yang pertama muncul dibenak tentunya mengarah pada fuel pump, dimana komponen ini sudah tidak bisa memompa bahan bakar ke injektor sebagaimana mestinya, atau tekanannya lemah ketika putaran tinggi. Dan benar saja, setelah fuel pump diganti, motorpun normal kembali.

 Sekali lagi nih sobat, gejala brebet atau ngelos pada motor injeksi, tidak saja terjadi karena fuel pump, maka sebaiknya periksakan motor anda  ketika mengalami gejala serupa.
 Semoga bermanfaat.
Baca juga: Sering Kehabisan Bensin Motor Injeksi Mogok, Lakukan Cara Ini

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Mengenali Gejala Fuel Pump Rusak Di Motor Injeksi"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel