Mengenal Pompa Oli Dan Cara Mengenali Kerusakannya Pada Mesin Motor 4 Tak - Ate Breaker

Mengenal Pompa Oli Dan Cara Mengenali Kerusakannya Pada Mesin Motor 4 Tak

 Malam sobat, pada kesempatan ini saya akan memposting mengenai pompa oli pada mesin sepeda motor. Apa sih pompa oli itu? Bagaimana fungsinya, seberapa penting bagi mesin? Serta cara mengenali kerusakan yang terjadi pada pompa oli.
 Supaya tidak terlalu panjang, langsung saja kita bahas mengenai pompa oli tersebut.
area pompa oli

Pompa oli pada mesin motor 4 tak
 Pompa oli (oil pump) merupakan komponen yang sangat penting bagi sepeda motor, karena berfungsi menghisap dan mendorong oli atau pelumas di dalam mesin. Seperti kita ketahui, oli adalah komponen penting yang akan meminimalisir gesekan antar komponen mesin. Nah yang paling bertanggung jawab agar pelumas bisa mengaliri berbagai komponen mesin adalah pompa oli ini. Dengan kata lain, pompa oli merupakan jantung mesin yang bertugas memompa oli ke seluruh bagian mesn. Dari situ, sudah jelas bahwa fungsinya sangat penting bukan?
 Nah pada motor 4 tak, bentuk pompa oli mungkin berbeda-beda, namun umumnya yang paling banyak digunakan dan saya temui, adalah pompa oli model roda gigi. Gerigi yang hampir menyerupai bentuk gear depan sepeda motor ini dibungkus oleh rumah pompa oli, sehingga komponen ini bisa menekan dan menghisap ketika digerakan.
 Adapun komponen penggerak pompa oli biasanya terikat ke bagian lain pada mesin sepeda motor, misalnya kruk as, atau rantai keteng, melalui media lainnya seperti gigi luar atau as yang menhubungkannya. Contohnya seperti pompa oli milik supra fit yang dihubungkan oleh sebuah as, dimana as tersebut terhubung dengan rantai keteng melalui sebuah gigi. Sementara letak pompa olinya berada di bagian crankase kanan meliputi kopling, dan rantai keteng di sebelah kiri dekat dengan magnet.
pompa oli dan rumah

gigi pompa oli bagian dalam

 Untuk cara kerjanya, yakni menghisap oli dari bak penampungan atau di bagian dasar crankase, lalu menyalurkannya ke berbagai bagian, seperti mesin depan yang meliputi head dan sebagainya. Mengenai lokasi bak penampungan, berbeda-beda namun biasanya tidak jauh dari posisi pompa oli tersebut. Namun yang perlu diketahui, oli yang masuk bak penampungan dan akan masuk menuju pompa oli biasanya disterilkan oleh saringan oli, atau oli yang akan masuk bak penampungan lebih dulu akan melewati saringan oli tersebut. Jadi antara pompa oli dan saringan oli sangat berkaitan, dan mungkin saya akan bahas mengenai filter atau saringan oli dalam postingan kemudian.

Berbagai masalah yang sering dialami pompa oli
 Karena merupakan satu dari beragam komponen mesin sepeda motor, tentunya pompa oli juga bisa mengalami kerusakan dan harus diganti. Masalah yang ditimbulkan karena kerusakan pada pompa oli tentunya cukup fatal, dan saya akan coba klasifikasikan menjadi 2 jenis kerusakan.
  1. Pompa oli lemah/terganggu
  2. Pompa oli rusak total, pecah dsb
 1.Pompa lemah atau terganggu
 Pompa oli yang lemah atau terganggu yang pernah saya temui, salah satu contohnya, ketika dicek kondisinya masih utuh dan baik. Pompa oli masih bisa memompa seperti biasanya, namun pada kondisi tertentu oli yang seharusnya menyebar ke semua bagian kadang terhenti, dan efeknya bermacam-macam. Mulai dari mesin mudah panas, sampai mesin macet atau ngejim setelah digunakan lama. Hal ini akan sangat mempengaruhi usia pakai komponen mesin karena gesekan antar komponennya meningkat.
 Penyebabnya, kadangkala bagian penggegrak pompa oli bermasalah, bsia gigi habis (gundul), atau masalah pada rumah pompa oli yang melebar karena tertekan as. Sehingga pompa oli kadang bergerak dan kadang berhenti.

 2.Pompa oli pecah
 Nah untuk yang kedua ini, efeknya bisa menyebabkan mesin macet seketika setelah motor digunakan cukup lama. Sebab, oli tidak berjalan sama sekali, terutama oli yang bergerak menuju head mesin. Kerusakan yang dialami mesin akibat pompa oli seperti ini biasanya sangat parah dan perlu perbaikan besar pada mesin, sekaligus mengganti pompa oli tersebut.
 Adapun bagian pompa oli yang rusak atau pecah, biasanya pada bagian roda gigi pompa olinya.

Cara mengenali gejala pompa oli rusak
 Tentunya pompa oli harus selalu bekerja dengan baik agar kondisi mesin tetap terjaga. Namun jika ditanya bagaimana mengenali pompa oli rusak? Tentunya cukup sulit, sebab komponen ini berada di dalam mesin dan harus membongkar mesin untuk dapat mengeceknya.
 Tetapi jika motor sudah mulai menimbulkan beberapa gejala pada mesin ada baiknya sobat memeriksa pompa oli tersebut, melalui pergerakan oli. Kembali pada pembahasan awal, bahwa oli akan menyebar karena dipompa oleh komponen pompa oli tersebut, terutama menuju head mesin. Maka untuk mengecek kondisi pompa oli dari luar, sobat bisa coba mengecek oli yang naik menuju head mesin. Adapun caranya, sobat bisa baca postingan berikut.
 
 Itulah ulasan saya mengenai pompa oli pada mesin motor 4 tak, semoga bermafaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Mengenal Pompa Oli Dan Cara Mengenali Kerusakannya Pada Mesin Motor 4 Tak"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel