Mengenal Filter Oli Pada Mesin Sepeda Motor - Ate Breaker

Mengenal Filter Oli Pada Mesin Sepeda Motor

 Sobat, postingan ini bisa dibilang kelanjutan dari postingan sebelumnya, mengenai pompa oli. Yupz seperti yang telah disebutkan pada postingan tersebut, antara filter oli dan pompa oli memiliki peran yang vital dan sangat berkaitan. Untuk lebih jelasnya bisa baca melalui link berikut.
 Apa sih filter oli itu?
 Sebelumnya, perlu saya bagi informasi mengenai filter oli yang ditemukan pada mesin sepeda motor. Sejauh ini hanya ada dua jenis filter oli yang sering ditemukan pada mesin motor bebek atau motor jenis skutik, juga beberapa motor sport naked 150cc. Jnis filter oli pertama berupa anyaman kawat, dan jenis lainnya berupa kertas atau terbuat dari kertas.
 Untuk model kawat, lebih banyak saya temui, seperti di skutik honda beat, yamaha mio series, sampai yamaha vixion dan sebagainya. Sedangkan untuk model kertas banyak ditemui di motor yamaha, seperti vega ZR, sampai jupiter MX, nah untuk MX terdiri dari dua filter atau saringan, yakni model kawat yang terletak di baut pembuangan oli, dan filter kertas yang terletak di blok mesin bagian kopling.
 Kedua jenis filter tersebut berguna untuk menyaring kotoran yang terdapat pada oli sebelum oli di distribusikan ke seluruh komponen mesin sepeda motor. Maka, kebersihan pada oli sangat dipengaruhi oleh filter, sebelum oli di salurkan ke berbagai komponen mesin, yang banyak melintasi jalur-jalur oli sempit, seperti oli yang disalurkan menuju head mesin. Maka jika oli tersebut dipenuhi kotoran bukan tidak mungkin jalur oli akan tersumbat. Efeknya, mulai dari pelumasan yang kurang, sampai bisa menyebabkan oli tidak bisa masuk sama sekali alias tersumbat, dan pada akhirnya bisa membuat komponen mesin mudah aus sampai mesin macet dan sebagainya.
model kertas

model kawat

Cara merawat filter oli
 Sebagai salah satu komponen mesin sepeda motor yang cukup penting terutama bagi keberlangsungan pelumasan, filter oli sangat dianjurkan untuk mendapat perawatan sampai penggantian. Biasanya ketika filter oli dibiarkan dalam waktu lama akan dipenuhi kotoran ketika dibuka, maka sebaiknya memeriksa dan membersihkan filter oli secara berkala, minimal bisa dilakukan setiap kali mengganti oli mesin.
 Sementara itu, selain dibersihkan dan dibuka, produsen sepeda motor juga menganjurkan untuk mengganti filter oli dalam interval waktu tertentu. Melansir dari laman gridoto, filter oli sebaiknya diganti setiap motor menempuh jarak 20.000km, atau dalam waktu 2 tahun pemakaian. Tetapi itu berlaku untuk filter oli jenis kawat, sedangkan untuk jenis kertas ternyata intervalnya lebih pendek, yakni dianjurkan diganti setiap motor menempuh jarak 10.000km, atau dalam waktu 1 tahun pemakaian.
 Selain itu, interval waktu penggantian filter udara juga dikecualikan kepada motor baru, dimana ternyata untuk motor baru diwajibkan mengganti filter udara setelah motor telah menempuh jarak 1000km. Sebab, pada periode tersebut, mesin motor masih dalam penyesuaian, sehingga gram-gram dan karbon sisa penyesuain komponen mesin yang belum pas, jumlahnya sangat banyak. Dan hal tersebut juga berlaku ketika motor telah turun mesin dengan banyak mengganti komponen mesin.

Letak filter udara
 Ada banyak sekali jenis sepeda motor di Indonesia, dengan letak filter oli yang berbeda-beda. Namun, filter udara umumnya terletak di bagian dasar crankcase, bisa menyatu dengan baut oli seperti pada yamaha vixion dan jupiter mx, dan terpisah seperti dikebanyakan motor bebek dan matic. Untuk motor bebek seperti yamaha mio, filter biasanya terletak di bagian bawah mesin, sementara seperti skutik honda misalnya beat, terletak di bagian samping di dekat blok CVT. Sementara itu, untuk model kertas seperti vega ZR atau MX, terletak pada blok kopling. Selain itu, untuk motor bebek lawas seperti supra series, ternyata filter oli tidak bisa dilepas dari luar, tetapi bisa dibuka dengan cara membuka blok kopling motor. Nah, alternatif mengenai letak filter oli yang beragam, sobat bisa sharing di komentar disini.

 Sekian informasinya, semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Mengenal Filter Oli Pada Mesin Sepeda Motor"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel