Langka, Dek Pijakan Honda Beat Lawas? Ini Alternatifnya - Ate Breaker

Langka, Dek Pijakan Honda Beat Lawas? Ini Alternatifnya

 Sobat pengguna honda beat semua, saya akan memposting mengenai salah satu komponen motor yang paling banyak mengaspal di Indonesia ini (honda beat).
ilustrasi honda beat karburator

 Sebelumnya, untuk menambah pengetahuan nih, honda beat adalah skuter matic (skutik) yang pertama kali mengaspal tahun 2008 silam, dan berhasil menjadi skutik serta sepeda motor terlaris di Indonesia sampai sekarang.
 Motor ini terus mengalami ubahan, dan paling signifikan adalah ubahan pada tahun 2012 akhir, yakni berubahnya pengabutan karburator menjadi injeksi yang disertai dengan beberapa penyesuaian pada mesin dan tampilannya. Setelah itu varian honda beat pun bertambah dengan hadirnya beat pop dan beat street yang dikombinasikan dengan mesin berteknologi eSP, serta ACG dan ISS.
Baca juga: Honda Beat Punya Warna Baru, Lebih Sangar Dan Mewah
 Perubahan pada honda beat, dari karburator menjadi injeksi, membuat beberapa komponen honda beat karburator terbilang langka nih, terutama untuk tahun produksi awal yakni 2008-2009. Kabarnya, bahkan pihak honda sudah menghentikan produksi komponen honda beat keluaran tahun 2008-2009 tersebut. Selain itu tahun keluaran tersebut memiliki perbedaan sedikit dengan yang lebih mudanya seperti 2010-2012 meskipun keduanya masih memiliki pengabutan yang sama, yakni karburator.

 Perbedaan yang paling jelas diantara 2 generasi karburator ini, adalah penggunaan spakbor depan, dimana untuk model pertama (2008-2009) menggunakan spakbor kolong, dengan dudukan tabung suspensi depan, sementara untuk generasi berikutnya letak spakbor dipindah ke segitiga atas. Nah selain itu, bagian dek pijakan atas serta cover bawahnya pun berbeda dimana honda beat generasi kedua lebih panjang ukurannya dibanding varian awal.
 Nah sobat, yang akan dibahas sekarang adalah dek pijakan honda beat awal keluaran tahun 2008/2009 dimana komponen ini seringkali pecah, atau setidaknya mulai baret dan tergerus sehingga banyak yang ingin melakukan penggantian komponen tersebut. Tetapi masalahnya komponen ini sekarang sudah sangat langka sekalipun komponen kualitas KW atau lokal, apalagi original karena memang sudah tidak diproduksi lagi.
Baca juga: Lampu Indikator Honda Beat Berkedip? Begini Cara Membaca Dan Mengatasinya
 Tetapi kabar baiknya, dudukan dek pijakan baik bagian atas maupun bagian bawah ternyata sama, dan posisinya pas antara honda beat generasi pertama (2008/2009) dengan generasi kedua (2010-2012). Jadi untuk honda beat lawas yang mengalami kerusakan pada bagian tersebut bisa diganti menggunakan honda beat generasi kedua, yang juga didukung dengan banyaknya komponen pengganti baik lokal maupun original.
 Namun untuk menggantinya tidak bisa hanya mengambil salah satu dari komponen, misalnya dek pijakan atau cover bawah, melainkan harus dua-duanya agar klop. Tapi itu lebih baik daripada tidak ada sama sekali bukan?


 Selain itu perbedaan keduanya, hanya terlihat dari tampilan permukaan, terutama panjang dek pijakan dan cover bawah pada honda beat generasi kedua lebih panjang beberapa cm.

Itu saja informasinya semoga bermanfaat.
Baca juga: Cara Deteksi Dan Atasi Starter Honda Beat Berat

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Langka, Dek Pijakan Honda Beat Lawas? Ini Alternatifnya"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel