Kapan Harus Ganti Oli Motor Matic? Perhatikan Dulu Hal Ini - Ate Breaker

Kapan Harus Ganti Oli Motor Matic? Perhatikan Dulu Hal Ini

 Motor matic yang kini di dominasi oleh skuter matic, yakni motor dengan model skuter berbekal transmisi otomatis. Beberapa skuter matic (skutik) populer diantaranya, honda beat, yamaha mio series, honda vario, bahkan skutik retro seperti honda scoopy maupun yamaha Fino.

 Sobat, mengenai perawatan pada motor matic diantaranya yang paling penting adalah mengganti oli. Berbeda dengan jenis motor bebek atau motor sport, menurut mimin pribadi nih, motor dengan model skutik seperti ini harus ekstra memperhatikan oli mesinnya.
 Apa sebabnya?
 Tidak sedikit pengguna skutik yang mengalami oli cepat habis atau menyusut, dan jika dibiarkan dalam waktu lama tentunya oli akan benar-benar habis. Setelah itu, mesin tidak mendapatkan pelumasan yang baik, lalu berujung pada mesin motor macet/ngejim. Hal itu umunya terjadi pada skutik dengan usia lama. Bahkan tidak perlu hitungan bulan, dalam rentang beberapa minggu saja sering ditemui mesin yang kekuragan oli tersebut.
 Hal seperti diatas sering dialami skutik yang bisa disebabkan beberapa masalah, diantaranya:

  • Mesin mengalami masalah terutama pada piston dan silinder, yang bisa membuat oli masuk ke ruang bakar
  • Mesin skutik lebih cepat panas, dan oli cepat menuap dan berkurang
  • Kekentalan oli mesin skutik lebih rendah dibanding motor jenis lain
  • Oli terbuang keluar, rembes
 Anjuran pabrikan mengenai waktu untuk mengganti oli, sobat bisa cari di buku panduan pemilik yang biasanya dikasih gratis saat membeli motor baru. Tetapi umumnya produsen sepeda motor menganjurkan agar mengganti oli setiap motor telah menempuh jarak 1500-2500km, yang bisa dilihat dari odometer pada dasbor speedometer. Ada juga yang menganjurkan untuk mengganti oli berdasarkan hitungan bulan, umumnya dianjurkan minimal 1 bulan sekali. Karena motor jenis matic, memiliki oli yang harus diganti lainnya selain dari oli mesin, yakni gear oil, alias oli gardan di dekat roda belakang. Nah untuk oli ini bisa diganti di rentang jarak 6000-8000km, atau 2-3 kali mengganti oli mesin, maka oli gardan pun harus diganti.
 Kembali pada pokok bahasan, meski anjuran ganti oli seperti dijabarkan diatas, namun faktanya tidak sedikit yang mengalami oli menyusut lebih cepat dan berujung pada mesin motor macet khususnya skutik. Jika mesin motor sudah macet, maka motor wajib untuk turun mesin karena akan mengalami kerusakan beberapa komponen penting yang sangat parah.
 Nah sobat, beranjak dari hal itu, sebaiknya untuk merawat mesin senantiasa sobat lakukan cek oli rutin yang bsia dengan mudah dilakukan sendiri dirumah, terutama bagi skutik anda dengan usia cukup lama seperti diatas 3 tahun. Adapun cara cek oli motor bisa dilihat di artikel ini.
 Jika oli menyusut dengan cepat, sebaiknya segera ganti oli motor anda, atau lakukan pengecekan dan servis untuk mengatasi gejala penyusutan oli yang cepat tersebut.

Itu saja informasinya semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Kapan Harus Ganti Oli Motor Matic? Perhatikan Dulu Hal Ini"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel