Jok Motor Licin? Begini Cara Atasinya - Ate Breaker

Jok Motor Licin? Begini Cara Atasinya

 Apa sih jok itu? Tentunya sobat sudah tau semua, namun tidak ada salahnya jika saya tulis mengenai jok sepeda motor menurut pemahaman saya ya sobat.
 Jok adalah tempat duduk pengendara dan penumpang sepeda motor. Jok ini umumnya terdiri dari beberapa bagian, seperti alas jok yang umumnya terbuat dari plastik berpola, busa, serta pembungkusnya atau biasa disebut dengan kulit jok. Nah karena komponen ini digunakan oleh pengguna motor untuk duduk, maka dibuat senyaman mungkin, dengan desain semenarik mungkin.
 Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada jok adalah permukaannya yang licin.
Tentu tidak ada yang menginginkan jok motor licin bukan? Sebab jok sepeda motor yang licin akan membuat penumpang jadi tidak nyaman, bisa seloyoran ke depan. Bagi bikers mungkin tidak begitu bermasalah, tetapi bagi penumpang juga tidak masalah sih, cuman pasti ngeselin tuh sobat,hhe.
 Nah, penyebab jok motor licin bisa dipengaruhi beberapa faktor. Pertama bisa karena desain jok, kulit jok, serta mulai ausnya bagian dalam jok terutama bagian busa yang semakin lama bisa semakin keras. 
 Mengenai desain jok yang membuatnya licin, bisa disebabkan karena penyesuain terhadap penampilan motor anda. Misalnya lebar jok yang kecil dan rata, atau model jok motor sport yang cenderung menukik. Sementara dari kulit jok, bisa terjadi karena kuit jok tersebut memiliki bahan yang memang licin, dan biasanya akan semakin licin setelah penggunaan dengan waktu lama. Biasanya terjadi pada kulit jok bawaan pabrikan.
Baca juga: Rawat Rantai Motor? Ini Bebebrapa Hal Yang Harus Kamu Hindari
 Nah sobat, lantas bagaimana jika sepeda motor sobat mengalami jok yang licin? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips yang akan coba saya berikan.

Mengganti kulit jok
 Ini akan menjadi cara paling efektif mengatasi licinnya permukaan jok, yakni dengan mengganti kulit jok dengan yang baru. Namun, sebelum menggantinya, alangkah baiknya sobat memilih jenis kulit jok yang bisa membuat anda dan penumpang nyaman terutama lengket saat diduduki untuk mencegah licinnya jok tersebut.
 Satu jenis yang saya rekomendasikan, sobat bisa memilih kulit jok model kulit jeruk atau kulit jok yang berbahan elastis yang bisa cirikan dengan cara ditarik. Atau untuk yang kasar alias model kulit jeruk bisa dilihat dari permukaannya yang agak kasar (mirip kulit jeruk), dan cenderung memiliki harga sedikit lebih mahal.Tapi kulit jok seperti ini bisa sangat efektif untuk membuat posisi duduk tetap nyaman dan lengket.

kasar

elastis

Memodifikasi jok
 Cara yang kedua adalah mengubah desain jok, alias memodifikasinya sedikit terutama pada bagian busa yang berada di balik kulit jok.
 Nah sobat bisa menambah busa, atau membuang beberapa bagian busa agar posisi duduk boncenger jadi nyaman, misalnya memangkas sedikit di bagian tempat duduk belakang. Selain memangkas, memodifikasi dengan menambah busa juga bisa, misalnya menambah sedikit pembatas di bagian tengah antara pengemudi motor dan boncenger. Hal itu juga bisa sedikit banyak mencegah boncenger seloyoran.
pangkas

tambah


Mengganti busa yang sudah mengeras
 Umumnya terjadi pada motor tua nih sobat, karena busa di dalam jok akan semakin keras dan berkurang ketebalannya, terutama bagi jok dengan model tipis. Karena selain membuat duduk kurang nyaman, busa yang keras sedikit banyak membuat permukaan jok menjadi licin. Jika sudah seperti itu, sebaiknya mengganti busa jok saja.
busa, ilustrasi

 Untuk membuatnya lebih nyaman, ada baiknya sobat melakukan 2 poin pertama dan kedua diatas. Itu saja informasinya semoga bermanfaat.

Baca juga: Terlalu Keras, Ini Tips Bongkar Baut Cakram Depan Yamaha

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Jok Motor Licin? Begini Cara Atasinya"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel