Cara Pasang CDI Mio Lama Ke Mio Baru, Ubah Kabel Soket - Ate Breaker

Cara Pasang CDI Mio Lama Ke Mio Baru, Ubah Kabel Soket

 Malam sobat, postingan kali ini saya akan berbagi cara merombak kabel CDI motor yamaha mio lawas ke mio baru, atau sebaliknya, ataupun juga CDI yamaha jupiter z ke yamaha vega ZR atau jupiter z1 yang masih menggunakan sistem CDI (bukan injeksi).
 Alasan artikel ini dibuat, karena banyak sekali pengguna yang mengalami CDI mati terutama pada jenis-jenis motor seperti diatas. Dan masalah yang sering ditemui, adalah sulitnya mendapatkan CDI terutama model lawas, seperti vega R atau mio keluaran dibawah tahun 2009. Sementara itu, antara motor lawas dan motor baru tersebut memiliki CDI yang berbeda, baik bentuknya maupun posisi kabel. Nah berangkat dari langkanya komponen CDI untuk motor lama, maka CDI dari motor baru bisa menjadi alternatif.
Jadi sobat bisa gunakan model CDI terbaru di motor lawas sobat, atau sebaliknya sebagai alternatif.
 Perlu diperhatikan, sebaiknya sobat tidak asal pasang CDI sebelum sobat mengetahui CDI jenis apa yang digunakan motor sobat terutama mengenai tahun produksinya. Sebab, jika memasang CDI mio lawas ke motor baru atau sebaliknya, tanpa merubah kabel, bsia dipastikan CDI tersebut akan konslet dan mati. Nah maka kabel CDI perlu dirombak lebih dulu, juga sebaiknya berhati-hati saat merombak, dan ikuti skema atau posisi dan urutan kabelnya dengan benar.
 Agar tidak keliru, CDI apa saja yang masuk pada kategori mio lawas, dan mio baru, juga motor apa saja yang sesuai? Berikut daftarnya.
Baca juga: Mengenal CDI Dan Fungsinya Pada Sepeda Motor
  1. Mio produksi tahun 2008 ke bawah, (yamaha mio 2007, 2006,2005,2004 sampai nuvo), New Vega R produksi tahun 2005,2006 dan seterusnya, Jupiter z lawas., vega zr 2008
  2. Mio baru keluaran 2009, motor yang sama diantaranya, vega zr 2009 ke atas, New jupiter z
 Selanjutnya, bagaimana cara merubah soket/kabel soket? Misalnya mio 2007 ke mio 2010.
 Caranya, ubah posisi kabel pada soket CDI, sesuai letak yang ditunjukan pada gambar di bawah.

Skema soket CDI mio lama

gambar 1 mio lawas, vega r, jupiter z, vega zr 2008

Skema soket CDI Mio Baru (2009)


gambar 2 mio baru (2009), vega zr 2009 keatas, new jupiter z


Baca juga: Sistem Pengapian AC&DC pada sepeda motor 
 Misalnya, CDI mio 2007 akan menggunakan CDI mio 2009, maka ubah posisi kabel pada soket sesuai gambar 1. Caranya bisa melepas kabel dari soket, maupun memotong kabel dan menyambung silang sesuai urutan. Namun melepas kabel dari soket lebih baik, sedangkan untuk melepas kabel dari soket sobat bisa menekan pengunci pin pada soket lalu menarik kabelnya.
 Tapi sebelum membuka kabel dari soket, alangkah lebih baik sobat sesuaikan dulu posisi soket sesuai kabel urutan seperti di gambar untuk menghindari kesalahan pemasangan nantinya. Misalnya beri tanda sisi soket yang sesuai dengan gambar/skema CDI diatas.
 Setelah posisinya sesuai barulah melepas dan memasang ulang kabel sesuai urutan.

 Perlu diperhatikan, apabila sobat salah memasang kabel orange dan cokelat bisa menyebabkan CDI mati total, maka sebaiknya berhati-hati.

 Semoga bermanfaat.
Baca juga: Mengenal Busi Pada Sepeda Motor


(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Cara Pasang CDI Mio Lama Ke Mio Baru, Ubah Kabel Soket"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel