4 Penyebab Dan Cara Atasi Oli Mesin Jupiter MX Bercampur Air - Ate Breaker

4 Penyebab Dan Cara Atasi Oli Mesin Jupiter MX Bercampur Air

 Jupiter MX adalah motor bebek yamaha yang sudah eksis sejak tahun 2005. Hingga kini motor bebek tersebut masih dipertahankan dengan varian bermesin 150cc, dari sebelumnya 135cc.
 Sobat salah satu permasalahannya jupiter mx adalah seringnya oli mesin bercampur dengan air yang bisa dikenali ketika mengganti oli mesin tersebut. Nah kira-kira apa penyebabnya?

 Sebagai sepeda motor bebek, jupiter mx baik yang lawas maupun baru, menggunakan tipe pendinginan liquid cooled atau cair, yakni dengan adanya radiato. Maka ketika oli motor terkontaminasi air, sudah bisa ditebak bahwa air tersebut berasal dari radiator yang bocor, sehingga dan masuk ke bagian mesin yang pada akhirnya bercampur dengan oli.
 Dua bahaya ketika hal tersebut terjadi, yaitu pelumasan akan terganggu karena kualitas oli yang buruk karena campuran air tersebut, sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah pada mesin seperti komponen aus, hingga macet. Bahaya kedua, akibat keluarnya air dari tempat seharusnya, membuat pendinginan mesin jadi tidak berfungsi atau tidak ada, lagi-lagi ujungnya berefek pada hal buruk di mesin seperti diatas yakni mesin bisa ngejim.
 Perlu diketahui, cairan radiator beregerak menuju bagian cylinder pada mesin, dan air berputar secara otomatis, yakni ketika mesin panas membuat cairan panas pula, dan secara otomatis akan kembali ke bagian atas untuk didinginkan kembali, sebaliknya bagian atas yang masuk menuju silinder. Hal tersebut juga dipengaruhi dengan adanya komponen water pump pada mesin. Selain itu, jalur air terpisah dari oli, dan memang tidak harusnya tidak bercampur dengan oli mesin.

 Lantas apa penyebab oli bisa memasuki area mesin?
 Tentunya karena adanya kerusakan komponen, nah disini mimin akan bagi beberapa penyebab air radiator keluar dari jalurnya dan bercampur dengan oli. Ada 4 penyebab yang mimin pernah temui, sebagai berikut.

1. Sil waterpump
 Sil merupakan komponen yang mencegah cairan keluar dengan kata lain, untuk menutup celah yang biasanya dipasang pada komponen yang bergerak, dalam hal ini komponen yang bergeraknya adalah waterpump. Sil ini terletak pada bagian waterpump tersebut dan waterpump terletak di bagian blok penutup gigi sentrik, di area head mesin jupiter mx sebelah kiri.

 Jika sil aus, maka air akan bocor, dan masuk ke area mesin melalui head dan silinder, sehingga akhirnya masuk dan bercampur dengan oli di area mesin bawah seperti gearbox. Biasanya, kebocoran pada sil ini membuat air radiator habis dengan cepat, dan air yang beracmpur cukup banyak jumlahnya ketika anda membuka oli mesin.
 Untuk mengenalinya, sil yang bocor biasanya menyisakan semacam ceceran air berwarna keruh seperti karat di area sil dan waterpump. Untuk mengatasinya, ganti sil tersebut.

2. Paking head
 Paking merupakan komponen pemisah atau pengganjal antara 2 komponen mesin yang direkatkan oleh baut, dengan tujuan agar tidak ada celah dan membuat 2 komponen yang direkatkan tersebut rapat. Nah, dalam hal ini adalah komponen mesin head, dan silinder, memiliki sebuah paking yang terbuat dari kaleng. Paking ini juga memiliki lubang untuk jalur air radiator sebelum masuk menuju silinder.
 Paking yang aus, biasanya membuat air keluar dari jalurnya sehingga bercampur dengan oli di area tersebut. Untuk mengatasinya, cukup dengan mengganti paking head tersebut.

3. Laher atau bearings waterpump
 Meski jarang, tapi mimin baru nemuin baru-baru ini. Yaitu laher pada waterpump yang rusak atau aus, membuat as pada waterpump menjadi longgar sehingga membuat oli bocor. Laher yang rusak bisa dikenali dengan menggerakan as waterpump tersebut.

4. Retakan di area head mesin
 Nah ini yang juga pernah ditemui pada silinder atau boring jupiter mx yang retak. Dinding boring yang retak, menyebabkan air keluar meski awalnya hanya rembesan, namun dengan waktu yang lama biasanya membuat oli bercampur dengan air. Yang pernah ditemui, adalah pada boring jupiter MX yang telah dioverbosh untuk dikorter ulang.
 Walaupun demikian, meski boring tidak pernah overbosh tidak ada salahnya sobat juga memeriksa retakan di area boring tersebut.
Itulah berbagai penyebab oli mesin bercampur dengan air pada jupiter mx, semoga bermanfaat.


(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "4 Penyebab Dan Cara Atasi Oli Mesin Jupiter MX Bercampur Air"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel