3 Cara Setting Langsam Skutik Injeksi Honda - Ate Breaker

3 Cara Setting Langsam Skutik Injeksi Honda

 Malam sobat, kali ini kita akan bahas mengenai skutik injeksi honda, apalagi kalau bukan 3 produk diantaranya honda beat, scoopy, dan honda vario. Saat ini sistem injeksi merupakan yang digunakan oleh produsen honda pada berbagai skutiknya.

 Perbedaaan antara injeksi dan karburator mungkin yang paling terasa adalah soal servis mandirinya, dimana model karburator terbilang mudah serta bisa dilakukan siapa saja, sedangkan untuk injeksi perlu pengetahuan yang mendetail apalagi jika menyangkut soal sensor.
 Nah salah satu masalah yang sering dialami injeksi honda dengan usia cukup lama, adalah motor susah langsam, atau sebaliknya stationer terlalu tinggi. Jika pada karburator kita tinggal menyeting 2 baut antara langsam, dan baut angin di karburator, sedangkan pada injeksi seringkali tidak sesederhana itu.
 Sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda mengenai caranya, yakni tinggal memutar baut angin diatas throttle yang akan memperkecil dan memperbesar asupan udara ke dalam intake. Namun kadangkala, masalah tersebut disebabkan oleh komponen lain yang berkaitan dengan sensor, yang bsia dideteksi setelah anda memeriksa beberapa bagian berikut.
Pertama-tama, sebelum memastikan kerusakan terjadi pada sensor, sobat coba naikan atau turunkan langsam seperti biasanya yang bisa dilakukan melalui 2 cara berikut.

Melalui baut setingan angin, (sett MAP)
 Baut ini terletak diatas throttle body dan pada skutik honda berupa baut obeng (+), maka untuk menyetingnya putar baut tersebut dengan obeng, ke arah kanan jarum jam untuk memperkecil langsam, dan berlawanan untuk memperbesarnya.
 Jika setelah diputar tidak bereaksi, artinya ada masalah pada bagian sensor Throtle position (TP), tapi sebelumnya, ada baiknya mencoba dulu langkah ke dua berikut.
baut langsam

Setting melalui kabel gas (opsional)
 Kabel gas untuk menarik Throttle pada motor injeksi honda, bisa diatur kekencangannya, termasuk untuk menambah tarikan langsam. Letaknya tepat pada ujung pembungkus kawat gas, dan biasanya menggunakan 2 mur berukuran 12mm. Selain dari tali gas, sobat bisa setting melalui penahan bukaan throttle yang terletak pada throttle, namun untuk menyetingnya harus membongkar throttle body lebih dulu.
 Jika tidak ada perubahan pada langsam, artinya kerusakan terjadi pada bagian di poin ketiga berikut.
gas

Throttle Position (TP/TPS)
 Biasanya kerusakan pada langsam seringkali disebabkan sensor TP ini. Sensor ini terletak pada throttle body, untuk honda beat berada di bawah soket kedua (di throttle body) dan hanya memiliki satu baut. Untuk menguji kerusakan throttle, sobat bisa buka baut sensornya pada throttle, kemudian geser sensor ke kiri atau kanan tanpa terlepas termasuk soketnya. Selanjutnya, hidupkan motor sobat, dan psosisikan kembali posisi throttle untuk mendapatkan langsam yang normal. Jika setelah digeser langsam menjadi normal, lalu langsam bisa di seting melalui baut setingan (diperbesar/diperkecil), maka positif bagian TPS ini telah rusak.
 Selanjutnya, sobat bisa mengganti sensor TP, atau mengakalinya dengan cara memposisikan TPS sehingga pas dengan stationer dan membuat langsam kembali normal. Selanjutnya tinggal membuat dudukan agar TP bisa di baut kembali, bisa dengan memotong sedikit lubang baut pada TP.
TPS

Itu saja informasinya, semoga bermanfaat. 

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "3 Cara Setting Langsam Skutik Injeksi Honda"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel