Penyebab Kompresi Motor Hilang Dan Cara Atasinya - Ate Breaker

Penyebab Kompresi Motor Hilang Dan Cara Atasinya

Sobat pada postingan sebelumnya saya sempat membahas mengenai penyebab sepeda motor mati. Dan salah satunya adalah masalah pada kompresi, yang akan dibahas pada postingan kali ini terutama dalam mesin motor 4 langkah.
Apa sih Kompresi itu?
 Wah pertanyaan yang teramat berat untuk dijawab secara definitif, karena gelar saya amatiran,,wkk
 Berhubung yang akan dibahas adalah penyebab kompresi hilang, maka saya akan coba jelaskan menurut pengamatan dan pemahaman abal-abal saya mengenai kompresi.
 Sobat di dalam ruang bakar yang meliputi silinder dan head tepatnya di bagian dalam pada silinder terdapat ruang tempat piston bergerak menuju titik mati atas(TMA), dan kembali pada titik mati bawah (TMB). Nah pada ruang pergerakan piston ini adalah ruang pembakaran, dimana di ujung silinder yang tersambung dengan mesin bagian head memiliki katup yang berguna untuk memasukan bahan bakar dan udara disebut katup in, dan membuang udara hasil pembakaran disebut katup out, sementara udara dan bahan bakar yang telah masuk dan sebelum keluar, ditekan atau dikompres oleh piston, ketika piston maju menuju (TMA) bahan bakar dan udara akan berubah menjadi padat. Inilah yang disebut pemadatan, alias yang saya pahami sebagai kompresi.
 Sebenarnya cara mengenali motor kehilangan kompresi itu mudah, yaitu ketika engkol ditekan maka mesin terasa berat dan terganjal sesuatu. Nah ganjalan itu terjadi karena pemadatan udara atau (proses kompresi) diruang bakar oleh piston. Maka saat menginjak engkol atau kick starter tiba-tiba terasa lemah atau tanpa ada ganjalan seperti biasanya artinya kompresi hilang. Namun agar lebih tepat, bisa mengukurnya menggunakan alat pengukur degan satuan PSI.

 Sobat ketika kompresi hilang menyebabkan mesin tidak bisa hidup dan motor mogok. Sebab, tidak ada pemadatan bahan bakar dan udara di ruang bakar mengakibatkan tidak adanya proses pembakaran, yang selanjutnya piston tidak akan bergerak berkelanjutan dan membuat mesin tidak nyala atau mati. Jadi kehilangan kompresi di ruang bakar menjadi salah satu penyebab motor mogok.
 Nah kembali kepada pokok bahasannya, apa sih penyebab kompesi hilang itu?
 Penyebabnya beragam, yakni gangguan seperti kerusakan pada komponen-komponen mesin yang berhubungan dengan pemadatan atau kompresi tadi juga pembakarannya. Berkikt komponen-komponennya.

Katup/Klep (valve)
 Katup atau lebih sering disebut klep adalah komponen yang berhubungan dengan kompresi pada ruang bakar yang terletak pada mesin bagian head. Klep terdiri dari 2 bagian, yakni klep in dan klep out. Klep atau katup ini berguna untuk memasukan udara dan bahan bakar ke ruang bakar dan katup out membuang gas sisa.
 Ketika piston menuju TMB katup in terbuka, lalu bahan bakar dan udara masuk, kemudian akan tertutup kembali. Sementara saat piston menuju TMA katup out yang terbuka. Namun buka dan tutup katup tersebut memiliki jeda dimana kedua bagian katup tersebut tertutup rapat dan disanalah terjadi pemadatan udara oleh piston yang disebut kompresi.
 Yang perlu diperhatikan, klep atau katup ini harus benar-benar rapat saat pemadatan oleh piston, tanpa ada celah sedikitpun. Dan ketika pada posisi yang harusnya rapat tersebut terdapat celah, maka kehilangan kompresi mungkin terjadi, dan menyebabkan pemadatan gagal. Itulah yang membuat kompresi hilang yang disebabkan klep.
 Nah adapun bentuk kegagalan pada klep ini biasanya karena permukaan klep atau setinganya pada head sudah aus, atau klep mengalami bengkok sehingga tidak bisa menutup dengan rapat. Adapun penyebab klep bengkok, umumnya terjadi karena benturan piston, yang bisa disebabkan karena posisi top tidak sesuai, atau masuknya benda asing seperti kerikil dan sebagainya ke dalam klep hingga mengganjal klep dan menyebabkan benturan.
 Untuk mengatasi permukaan klep aus, biasanya cukup diatasi dengan skir klep, sedangkan jika klep bengkok, maka klep harus diganti, meski tetap harus skir klep lebih dulu.

Piston silinder dan ring piston
 Komponen penting dalam ruang bakar lainnya adalah piston dan komponen yang berhubungan dengan piston tersebut, yakni ring piston serta silinder. Piston atau biasa disebut seher ini cukup rentan mengalami kerusakan hingga membuat kompresi hilang. Terutama terjadi pada ring piston, yang berfungsi menutup celah pada dinding silinder atau boring. Keberadaan piston dan ring serta dinding silinder haruslah rapat, untuk mencegah udara bocor saat pemadatan. Tidak cuma itu, peran ring piston juga menutup masuknya oli mesin dari belakang piston. Maka sekecil apapun celah, yang terjadi pada kerusakan salah satu komponen, misalnya ring seher patah, seher retak, atau silinder tergores dapat menyebabkan kebocoran kompresi.
 Untuk mengatasinya, jika kerusakan hanya terjadi pada ring seher seperti patah, cukup ganti ring saja, begitupun pada seher yang retak harus mengganti piston, namun jika kerusakan pada silinder, maka cara mengatasinya boring harus dikorter atau diganti.

Busi
 Satu komponen lagi yang berhubungan pada ruang bakar adalah busi. komponen ini terletak pada head mesin dan terpasang rapat dengan ulir dan drat pada head. Fungsi dari busi ini adalah pemantik api saat proses pembakaran, maka lubang busi tembus hingga ruang bakar.
 Sobat, busi terkadang menjadi penyebab kebocoran kompresi. Meski jarang, namun ketika lubang busi memiliki celah misalnya karena drat busi sleg, tentu akan membuat kebocoran kompresi. Kompres yang bocor melalui lubang busi dapat dengan mudah dikenali, karena akan mengeluarkan suara gas dari dalam lubang busi tersebut. Selain itu, busi juga bisa longgar saat digerakan. Maka, untuk mengatasinya cukup dengan tap ulang lubang busi tersebut dan sebagainya.
 Selain kerusakan pada 3 komponen diatas, penyebab lain hilangnya kompresi bisa juga terjadi karena kesalahan pemasangan komponen atau kerusakan pada komponen diluar ketiga komponen tadi. Misalnya terlepasnya rantai keteng penggerak noken as, yang membuat klep terhenti pada posisi tertentu, dan sebagainya.
Nah sobat itulah beberapa komponen yang dapat membuat hilangnya kompresi pada mesin sepeda motor 4 tak. Tentunya, hilangnya kompresi memerlukan pemeriksaan lebih dulu dari ahlinya, jadi tidak perlu terburu-buru memastikan bahwa motor anda kehilangan kompresi, sebelum memeriksakannya ke bengkel. Sebab, memperbaiki kompresi perlu membongkar mesin motor.
 Itu saja informasinya semoga bermanfaat.

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Penyebab Kompresi Motor Hilang Dan Cara Atasinya"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel