Penyebab Dan Cara Atasi Kick Starter (Engkol) Ngelos Pada Motor Bebek Dan Sport - Ate Breaker

Penyebab Dan Cara Atasi Kick Starter (Engkol) Ngelos Pada Motor Bebek Dan Sport

 Malam sobat, hari ini saya akan melanjutkan postingan lanjutan dari artikel sebelumnya, tentang penyebab kick starter motor tidak kembali ke posisi awal, alias jatuh. Nah pada postingan ini, masih mengenai kick starter dimana komponen penghidup mesin motor manual tersebut mengalami ngelos alias tidak nyangkut ketika diengkol. Baik hanya terjadi pada beberapa kondisi atau kadang-kadang maupun permanen (tidak nyangkut sama sekali). Namun, kick starter atau engkol yang dimaksud adalah pada motor bebek dan sport, dan bukan untuk motor matic. Untuk motor matic atau skutik, sobat bisa baca pada artikel berikut.
Baca: Ini Penyebab Dan Cara Atasi Engkol (Kick Starter) Motor Matic Macet
 Sobat, kick starter sangat berguna perannya pada sepeda motor, meskipun keberadaan elektrik starter tentunya lebih praktis dan modern. Keberadaan kick starter pada motor sangat penting jika stater elektrik mengalami masalah, misalnya karena battery atau aki tekor, dan masalah lainnya seperti gangguan pada beberapa komponen starter elektrik tersebut. Selain itu, kick starter sebenarnya perlu sesekali digunakan, misalnya saat mesin dingin, karena menggunakan engkol akan menghindari aki tekor akibat lama disimpan tersebut.
 Nah salah satu masalah umum yang banyak menimpa kick starter adalah komponen ini tiba-tiba ngelos saat di injak atau digunakan. Akibatnya tidak ada kompresi terdengar yang ada hanya suara sebagian mesin yang tergerak di bagian gearbox saja. Tentunya ini membuat mesin motor tidak bisa hidup, juga menjengkelkan bukan? Apa penyebabnya?
 Biasanya hal tersebut terjadi pada motor sport atau motor bebek yang menggunakan kopling otomatis dan manual. Sebelum membahas mesin, sebaiknya anda pastikan bahwa anda tidak pernah melakukan setting kopling baik pada kopling manual atau otomatis. Sebab, jika kopling terlalu menekan, sudah pasti engkol akan ngelos. Kalaupun engkol tidak ngelos, kopling terlalu kencang akan membuat mesin selip. Jadi pastikan kopling anda dalam setingan yang seharusnya. Jika sebelumnya kopling pernah diseting, sebaiknya coba kembalikan ke posisi awal bila perlu melepasnya dahulu lalu mencoba mengengkol.
 Namun jika anda belum menyentuh kopling sebelumnya kemungkinan maslahnya terjadi pada mesin.
 Untuk mengatasinya, sebaiknya bongkar mesin bagian kopling, yang dimaksud adalah membuka blok mesin sebelah kanan. Selanjutnya cek kondisi kampas kopling beserta rumah koplingnya, semua dengan cara melepasnya dari mesin.
 Adapun komponen yang sering menjadi penyebabnya adalah kampas kopling, dan rumah kopling tepatnya pada komponen kaki 4 beserta penutupnya yang aus.

 Biasanya, baik kaki 4 tempat diletakannya kampas kopling maupun penutupnya yang aus akan terlihat menyusut beberapa mm. Jika demikian, sebaiknya lakukan penggantian pada komponen tersebut. Tetapi jika kondisinya baik, kemungkinan masalahnya hanya terjadi pada kampas kopling aus saja. Periksa dan lakukan penggantian kampas kopling tersebut.
 Itu saja informasinya semoga bermanfaat.
Baca juga: Engkol Motor Tak Kembali Ke Posisi Awal, Komponen Ini Yang Rusak

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Atasi Kick Starter (Engkol) Ngelos Pada Motor Bebek Dan Sport"

Posting Komentar

Postingan Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel