Penyebab Dan Cara Atasi CKP Honda Beat Bermasalah - Ate Breaker

Penyebab Dan Cara Atasi CKP Honda Beat Bermasalah

 Malam mas dan kang bro semua, barangkali anda pengguna honda beat yang tengah mengalami masalah dengan adanya gangguan pada bagian sensor CKP. Pada postingan ini dengan segala keterbatasan saya akan mencoba membahasnya serta cara penanganannya.
kabel ckp
 Crankcase Posistion (CKP) adalah komponen sensor yang terdapat pada skutik honda beat dengan fungsi sebagai pemberi sinyal ke ECM (elektronic control module) dalam rangkaian pengapian. Dengan kata lain, komponen ini sebagai pengatur waktu kapan ECM harus mengatur keluarnya api menuju koil dan busi yang disuplai melalui spul serta perangkat pengapian lainnya berdasarkan posisi dari magnet. Maka cara kerja komponen ini mirip dengan pulser pada pengapian sepeda motor non injeksi. Selain itu, letak sensornya berada didekat magnet.
 Gangguan pada CKP bisa membuat motor honda beat anda mogok, karena sinyal tidak akan sampai ke ECM. Ketika CKP terganggu biasanya ECM akan memberi tanda melalui lampu mil atau lampu indikator yang terdapat pada dasbor speedometer. lampu ini berwarna kuning dan akan menyala beberapa kali dengan kode kedipan 52 ketika kunci kontak diputar ke mode on. Angka 52 didapat dari 5 kedipan panjang dan 2 kedipan pendek, dimana angka 52 ini merupakan kode kerusakan dari sensor CKP tersebut. Jika anda belum paham cara membaca kode kedipan lampu mil honda beat, bisa baca artikel berikut.
Baca: Lampu indokator honda beat berkedip? Begini cara membaca dan mengatasinya

Cara mengatasi sensor CKP beat
 Sensor CKP terletak di dekat magnet namun komponen ini jarang mengalami kerusakan. Umumnya penyebab kerusakan pada CKP honda beat terjadi pada kabelnya saja seperti putus, atau konslet.
 Pada honda beat, sensor CKP hanya memiliki 1 kabel menuju ECM. Namun kabelnya dibungkus bersamaan dengan 2 kabel dari spul. Kabel CKP memiliki warna kuning plat putih, atau anda bisa pastikan dengan mengecek warna kabel langsung dari sensor tersebut dengan cara membongkar magnet.

 Nah biasanya, CKP pada honda beat sering terganggu pada 2 lokasi, yakni kabel di dekat crankcase tepat diatas magnet, serta pada bagian socket kabel sensor di bawah throtlle body.
1. Bagian atas crankcase
 Ada 3 kabel dari perangkat magnet honda beat, yakni kabel spul pengapian dan pengisi aki, kabel spul lampu/listrik, serta kabel sensor CKP. Warna kabel putih adalah kabel listrik/lampu depan motor, kabel kuning pengapian dan sisanya CKP memiliki warna kabel kuning plat putih.
 Nah ketiga kabel ini mengarah ke bagian atas melewati crankcase dan seringkali bersentuhan dengan crankcase lalu, kabel sering mengalami putus atau konslet. Maka sebaiknya mengecek bagian tersebut, dan jika putus atau tergores, sambungkan kembali kabel serta beri lakban agar tidak konslet.
2. Bagian bawah throtle
 Tidak cuma putus, kabelCKP juga sering alami putus nyambung karena soket longgar. Letak soket berada tepat di bawah throtle. Maka lepas throtle dan cek soketnya serta pastikan tidak ada kabel putus.
throtle

 Selain itu, pastikan juga kabel tidak terganggu hingga ke ECM. Untuk mempermudah memastikan kondisi kabel, anda bisa menggunakan avometer, dengan cara menghubungkan avometer dari kabel dibagian CKP hingga ECM.

 Selanjutnya, jika telah menemukan dan memperbaiki masalah CKP tersebut maka kedipan di lampu mil juga akan berhenti. Tentunya pengapian akan normal kembali. Selamat mencoba.
Baca juga: Honda Beat Punya Warna Baru, Lebih Sangar Dan Mewah

1 Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Atasi CKP Honda Beat Bermasalah"

  1. Mas mau tanya, scoopy fi esp yg stater udah acg. Awalnya lagi dikendarai mogok lalu lampu MIL indikator nyalah kode 52. Sudah saya perbaiki kabel2 yang terkelupas semua sensor dan sudah bersihkan magnet, sensor ckp dan sudah saya reset tapi masih nyalah lampu Mil indikator. Dan tidak bisa stater lalu tidak ada pengapian di busi. Mohon pencerahannya mas?

    BalasHapus

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel