Masalah Umum Supra X125 Mesin Ngelos Saat Starter, Ini Cara Atasinya - Ate Breaker

Masalah Umum Supra X125 Mesin Ngelos Saat Starter, Ini Cara Atasinya

 Supra X125 masih keluarga supra series namun kubikasinya lebih besar yakni 125cc serta masih dipertahankan hingga saat ini sementara supra lawas yang bermesin 100cc sudah lama disuntik mati. Namun sedikit keuinikan dari mesin motor ini yaitu memiliki komponen serupa dengan motor 125cc honda sebagai pendahulunya yakni honda karisma.
 Sobat, salah satu masalah yang kerap terjadi pada honda supra x 125 adalah mesin ngelos saat di starter. Biasanya terjadi saat hendak menhidupkan mesin, baik dalam keadaan dingin atau mesin setelah digunakan dan sempat berhenti sejenak. Nah ketika hendak dihidupkan, starter berfungsi tapi ngelos dan tidak ada kompresi atau tidak nyangkut. Bahkan sebagian pengguna mengalaminya ketika motor sedang digunakan atau sedang berjalan. Tentunya kesal bukan?
 Apa sih penyebabnya?
Baca juga: Engkol Motor Tak Kembali Ke Posisi Awal, Komponen Ini Yang Rusak
 Nah sobat, jika mesin terasa normal, tapi masalah seperti diatas kerap terjadi, sepertinya penyebabnya cuma 1. Yakni masalah pada dekompresi, atau disini biasa disebut balanser. Yup tapi bukan balanser pada stang (jalu stang), balanser yang dimaksud terletak pada noken as, yang berguna untuk mengurangi beban kompresi, makanya dinamai dekompresi.
 Cara kerja balanser alias dekompresi ini adalah sedikit menekan klep out, atau klep bawah, dengan tujuan kompresi akan sedikit bocor sehingga ketika mesin akan dihidupkan jadi tidak berat.
 Supra X125 termasuk salah satu motor yang noken as nya dibekali balanser mengingat piston atau sehernya cukup besar sehingga kompresi juga besar. Nah keberadaan balanser ini dimaksudkan agar menghidupkan motor jadi lebih mudah dan ringan terutama saat menggunakan kick starter.
 Nah yang sering menjadi masalah pada supra x 125 terkadang balanser atau dekompresi yang seharusnya kembali ke posisi awal setelah mesin hidup, malah sebaliknya dan membuat klep terus ditekan yang pada akhirnya kompresi hilang. Sehingga membuat mesin supra x125 susah hidup dan ngelos.
 Untuk mengatasinya, daripada mencoba menggantinya saya lebih menyarankan untuk membuka bagian balansernya atau melepasnya dari noken as. Efeknya mungkin hanya sedikit keras ketika motor di engkol atau di starter, tapi itu hanya terjadi pada beberapa kondisi tertentu saja.
 Itu saja informasinya semoga bermanfaat.
Baca juga: Penyebab Kompresi Motor Hilang Dan Cara Atasinya

(tidak temukan form komentar? Ubah browser ke mode dekstop)Belum ada Komentar untuk "Masalah Umum Supra X125 Mesin Ngelos Saat Starter, Ini Cara Atasinya"

Posting Komentar

Post Terbaru

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel